Declip

logo final declip

10 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari, Agar Kulit Lembap Kembali

Gambar 10 Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari Agar Kulit Lembap Kembali

Kulit terbakar matahari atau dikenal dengan istilah sunburn adalah kondisi yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari secara berlebihan. Biasanya ditandai dengan kulit kemerahan, panas, dan terasa perih. Biasanya kulit juga mungkin akan mengelupas setelah beberapa hari.

Jika kamu mengalami kulit terbakar, Minpow sarankan kamu untuk tidak perlu panik. Keluhan tersebut pada umumnya bisa membaik dalam kurang lebih 7 hari. Nah berikut ini beberapa cara mengatasi kulit terbakar matahari yang bisa kamu lakukan di rumah:

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

1. Gunakan soda kue dan oatmeal

Bahan alami pertama yang bisa kamu coba saat kulitmu terbakar matahari adalah menaruh beberapa sendok makan soda kue ke dalam bak mandi yang berisi air dingin dan berendam selama sekitar 15 – 10 menit.

Menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi juga diyakini bisa meredakan iritasi dan membantu kulit untuk mempertahankan kelembapan alaminya.

Minpow ingatkan juga jangan menggosok kulit yang terbakar matahari, baik saat di bak mandi atau setelah keluar, karena bisa menyebabkan luka.

2. Gunakan lidah buaya

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa bahan alami satu ini bisa mengatasi berbagai macam penyakit khususnya untuk kulit. Salah satunya meredakan sunburn. Cara menggunakannya kamu hanya cukup mematahkan sebagian batang lidah buaya dan mengoleskan gel ke kulit dapat memberikan bantuan langsung yang menenangkan rasa menyengat dari matahari.

BACA JUGA:  6 Dampak Negatif Sinar Matahari Pada Kecantikan Kulit yang Harus Kamu Ketahui!

Jika kamu tidak memiliki tanaman lidah buaya, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual di apotek atau e-commerce.

3. Gunakan krim pelembap

Setelah perawatan awal, kulit kamu masih membutuhkan perawatan tambahan. Salah satu hal terpenting yang dapat kamu gunakan adalah krim pelembap. Minpow sarankan kamu untuk mengoleskan krim pelembap secara teratur ke area yang terbakar matahari.

4. Minum obat anti gatal

Kulit yang terbakar matahari sering sekali terasa ruam gatal, jadi Minpow sarankan kamu untuk minum obat antihistamin untuk meredakan gatal saat kulit mulai mengelupas jika memang dibutuhkan.

5. Lindungi sengatan matahari lanjutan

Jika kamu mengalami kulit terbakar, sangat baik untuk dapat menghindari paparan matahari lanjutan atau jika kamu harus berkegiatan diluar, pastikan kamu menggunakan SPF. Pastikan kamu konsultasi dengan dokter jika kondisi kulit terbakar matahari yang kamu alami tidak juga membaik.

6. Minum banyak air

Saat kulit kamu berjuang melawan kerusakan akibat sinar matahari, pasti membutuhkan kelembapan yang hilang selama kamu berada di bawah sinar matahari. Jadi pastikan kamu minum banyak air sebanyak delapan gelas air sehari.

7. Kenakan pakaian longgar

Pastikan kamu menghindari pakaian yang ketat yang tidak menempel pada kulit. Seperti yang kita tahu, kulit adalah organ terbesar dalam tubuh, jadi yang terbaik adalah memberinya ruang untuk bernapas saat menyembuhkan kulit yang terbakar. Minpow sangat menyarankan kamu untuk menggunakan serat alami, seperti katun.

8. Mengompres Dengan Air Dingin

Pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk meredakan sunburn adalah mengompres kulit dengan air dingin. Gunakan handuk yang sudah direndam air dingin untuk mengompres bagian kulit sunburn selama kurang lebih 10-15 menit.

BACA JUGA:  Ampuh! 7 Cara Tepat Merawat Jenis Kulit Kombinasi

Kamu bisa melakukan cara ini 2 kali sehari selama kulit yang terbakar sinar matahari masih terasa perih. Jika rasa perihnya mereda atau ruamnya kemerahan hilang, hentikan pengompresan kulit dengan air dingin.

9. Mandi atau Berendam Air Dingin

Hal yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami kulit terbakar adalah mandilah dengan air dingin. Efek air dingin akan meredakan rasa perih akibat sunburn. Selama kulit terbakar masih belum pulih sepenuhnya jangan mandi dengan air hangat.

10. Hindari Perawatan dengan Alkohol

Minpow ingatkan kamu untuk cek kembali produk skin care atau body care yang kamu gunakan, apakah mengandung alkohol atau tidaknya. Sebaiknya kamu hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol dibagian kulit yang terbakar. Karena akan menimbulkan reaksi iritasi yang lebih parah.

Demikian 10 cara mengatasi kulit terbakar matahari. Semoga cara ini bisa membantu permasalahan kulitmu ya! Jangan lupa juga untuk konsultasi ke dokter jika kamu merasa kulitmu tidak membaik setelah melakukan cara diatas. Untuk melihat artikel inspiratif dan menarik lainnya, kamu bisa klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!