Declip

logo final declip

12 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Kusut

Gambar 12 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Kusut

Untuk kamu yang memiliki rambut keriting, pasti masalah yang sering dialami adalah rambut yang mengembang dan susah diatur. Namun terlepas dari masalah tersebut, memiliki rambut keriting merupakan sebuah keunikan. Tekstur keriting alami yang kamu miliki membuat kamu berbeda dari yang lain.

Mungkin kebanyakan orang berpendapat, merawat rambut keriting adalah sebuah hal yang sulit, karena terkenal dengan tekstur yang mengembang. Kamu tidak usah khawatir jika punya rambut bertekstur keriting, karena ada perawatan rambut keriting yang bisa membuat rambutmu lebih sehat dan teratur. Simak selengkapnya ya!

Cara Merawat Rambut Keriting

1. Selalu Memakai Sisir Bergigi Jarang

Memiliki rambut keriting memiliki masalah yang tidak jauh-jauh dari rambut yang kusut. Memakai sisir bergigi jarang menjadi salah satu solusi dari masalah rambut keriting yang susah diatur.

2. Keramas Khusus Rambut Keriting

Masih banyak dari orang yang memiliki rambut keriting melakukan keramas yang kurang benar. Nah kamu bisa memulai keramas dengan menggunakan cara ini seperti;

  • Bagi rambut menjadi 4 bagian besar
  • Pakai shampoo
  • Bersihkan kulit kepala dengan cara menyiramnya perlahan
  • Setelah rata, aplikasikan busa shampoo ke seluruh rambut dengan cara memijat lembut
  • Ulangi pada setiap bagian dan jangan menggosok rambut terlalu keras
BACA JUGA:  Simak 6 Fakta Menarik Mengenai Menyisir Rambut Saat Masih Basah Ini!

3. Menggunakan Hair Oil

Untuk mencegah rambut kamu akan menjadi kering dan mengembang, kamu bisa menggunakan hair oil atau minyak rambut. Berikut teknik pemakaian hair oil yang bisa kamu lakukan:

  • Selalu mulai dengan rambut yang bersih
  • Gunakan hair oil ke seluruh rambut hanya pada ujungnya saja, hindari kulit kepala.
  • Kamu bisa menggunakan jari untuk meratakan seluruh oil
  • Gunakan kaus kaki, masukan seluruh rambut kedalamnya
  • Ikat dengan ikat rambut dan jangan ikat terlalu kencang
  • Diamkan semalaman, dan keramaslah hingga bersih

4. Gunakan Perawatan Rambut yang Melembapkan

Karena rambut yang keriting cenderung lebih kering, kamu bisa menggunakan perawatan rambut yang fungsinya melembapkan. Kamu bisa menggunakan perawatan rambut yang mengandung argan oil atau Vitamin E yang berfungsi bukan hanya untuk melembapkan tapi juga untuk menutrisi rambutmu.

5. Gunakan Curl Cream atau Mousse

Untuk selalu mempertahankan bentuk unik keriting berbentuk adalah dengan menggunakan bantuan curl cream atau mousse. Keduanya bagus untuk mempertahankan gelombang pada rambut keriting agar masih terlihat mengembang sempurna.

6. Keringkan Rambut dengan Diffuser

Agar rambut tidak kusut dan semakin kering, kamu bisa menggunakan diffuser dibanding hairdryer. Dengan diffuser juga akan membantu mempertahankan bentuk keriting dan membuatnya terlihat lebih bervolume.

7. Rutin Memakai Hair Mask

Salah satu produk andalan yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambut keritingmu adalah rutin memakai hair mask  Berbeda dengan conditioner, gunakan masker rambut untuk rambut kering dan mengembang seminggu sekali. Jika kamu ingin menggunakannya setiap hari, kamu bisa mengaplikasikannya hanya di bagian ujung rambut.

8. Menggunakan Vitamin Rambut

Menghindari masalah umum yang terjadi pada rambut keriting yaitu kering dan frizzy. Kamu butuh vitamin rambut dalam rangkaian hair care kalian.

BACA JUGA:  Cegah Sebelum Rusak! Ini Ciri-ciri Rambut Mati

9. Coba Teknik Double Shampooing

Jika kamu merasa rambutmu cepat berminyak, kamu bisa mencoba double shampooing adalah cara keramas dengan memakai shampo dua kali. Keramas pertama bertujuan untuk membersihkan minyak dan sisa kotoran, sedangkan yang kedua kalinya bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran yang tertinggal.

10. Hindari Menyisir Saat Rambut Basah

Rambut keriting sering sekali kusut setelah keramas. Dalam keadaan basah, batang rambut cenderung rapuh, mudah kering, dan sering patah. Baiknya kamu bisa menyisir rambut sebelum keramas.

11. Jangan Menggunakan Air Hangat Saat Keramas

Kurangi keramas dengan air panas atau hangat. Tidak menggunakan air hangat juga menjadi salah satu cara merawat rambut keriting. Suhu panas mampu merusak rambut karena membuka kutikula, sehingga rambut menjadi rapuh. Minpow sarankan untuk kamu keramas menggunakan air dingin.

12. Lakukan Teknik Scrunch

Cara merawat rambut keriting lainnya adalah agar tekstur rambut keritingmu tetap bertahan, kamu bisa menggunakan teknik scrunch. Kamu bisa menggunakan teknik ini setelah keramas. Caranya kamu hanya meremas sambil mengeringkan rambut. Dengan cara ini kamu akan mengembalikan keriting rambutmu secara alami.

Nah demikian 12 cara merawat rambut keriting dengan mudah agar terhindar dari rambut kering, kusut, rontok, atau kering. Kamu juga bisa membaca artikel lainnya mengenai perawatan rambut dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!