Declip

Gambar 5 Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi dan Efek Sampingnya

5 Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi dan Efek Sampingnya

Meski sekarang udah banyak banget bermunculan metode ngelurusin rambut versi salon yang menggunakan macam-macam bahan kimia, ada juga sebagian dari kita yang lebih milih alternatif lain dalam meluruskan rambut, tentunya yang lebih aman.

Salah satunya adalah menggunakan bedak bayi dan Minpow bakal kasih tahu cara meluruskan rambut dengan bedak bayi.

Kandungan dalam bedak bayi yang bisa bikin rambut anti lepek sampai mengurangi kadar minyak ternyata juga bisa meluruskan rambut. Kalau selama ini kita pakai bedak bayi buat menghaluskan kulit bayi dan mengharumkannya, berita kalau dia juga bisa meluruskan rambut mungkin bakal kedengeran kaya kabar baik.

Mungkin kamu bingung, oke, bedak bayi bisa meluruskan rambut. Tapi gimana cara memakainya? Apa langsung aja ditabur di rambut? Diusap-usap? Atau gimana? Gak usah bingung say! Nih, Minpow kasih tahu cara meluruskan rambut dengan bedak bayi, ya!

5 Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi

1. Siapin Alat dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang wajib kamu siapin di antaranya; bedak bayi sebanyak 5 sdm (sendok makan), air bersih ¾ gelas, mangkuk, kuas, sisir dan kipas angin. Semua itu peralatan dasar yang wajib kamu siapin, gak boleh sampe ada yang kelewat. Ini adalah cara meluruskan rambut dengan bedak bayi pertama yang penting banget.

Terus, gimana cara milih bedak bayinya? Apa yang bagus? Minpow sih saranin bedak Johnson,Cussons, Mitu, Piegon, Bambi atau Kodomo. Selain itu, bisa juga My Baby, paling enggak Zwitsal, deh. Karena, kalau pakai bedak bayi yang enggak kita kenal, khawatir hasilnya gak memuaskan dan bisa ngasih efek/pengaruh yang lebih parah.

2. Buat Adonan

Langkah cara meluruskan rambut dengan bedak bayi selanjutnya adalah buat adonan pelurus rambut. Tuangkan air ke dalam mangkuk yang udah kita isi dengan  5 sendok makan bedak bayi. Tuangin airnya jangan banyak-banyak, ya. Cukup ¾ aja kok. Pokonya kudu sampai mengental.

Nah, adonan itu boleh kamu tambahin perasan lidah buaya, minyak wijen, atau minyak kepala. Pakai santen juga boleh. Abis itu, kamu aduk rata pakai kuas. Sekali lagi Minpow ingetin kalau adonannya jangan terlalu encer, harus mengental.

3. Oles!

Setelah adonan kamu aduk rata, baru deh kamu olesin pakai kuas ke rambut dan pastiin juga olesannya itu menjangkau bagian akar rambut. Supaya merata, setelah kamu oles, lanjut kamu sisir ya. Biar setiap helai rambut kebagian olesannya.

Ulangi olesan dan sisiran sampai adonannya meresap dengan merata di rambut dan kulit kepala. Kalau di cara meluruskan rambut dengan bedak bayi yang ketiga ini muncul rasa gatar, gak usah panik. Itu wajar, karena terjadinya perubahan tekstur di rambut dan kepala kamu jadi mustahil kalai gak ada reaksi apapun yang kamu rasain.

4. Diamkan

Setelah adonannya kamu oles sampai merata, kamu boleh diamkan selama 60 – 90 menit. Kalau mau sekalian dibungkus pakai shower cap atau alumunium foil juga boleh, lebih bagus malah. Tujuannya adalah supaya adonan tadi bisa menyerap ke rambut kamu dengan merata.

Selama didiamkan, kamu juga bisa sambil ngipas-ngipasin rambut kamu biar adonannya menyerap lebih cepat. Meski ada yang nyaranin buat ngipas-ngipasinnya pake hairdryer, Minpow sih saranin mending pakai kipas angin untuk ngurangin peluang rambut rusak.

5. Bilas, Ulangi

Tahap terakhir dari cara meluruskan rambut dengan bedak bayi adalah bilas, terus kamu keramas pakai sahampo dan conditioner seperti biasa. Sekali dua kali perawatan mungkin gak bakal langsung berasa, ya, hasilnya.

Makannya, kamu harus mengulang perawatan ini seenggaknya seminggu sekali. Dalam sebulan, bakal langsung kerasa deh tekstur rambut kamu berubah jadi lebih lurus dan halus.

Setelah kamu khatam banget cara meluruskan rambut dengan bedak bayi, kayanya bijak ya kalau kamu juga cari tahu risiko apa aja sih yang bisa muncul kalau kita meluruskan rambut menggunakan bedak bayi? Apa aja efek samping meluruskan rambut dengan bedak bayi? Apakah bahaya? Bahas, yuk!

Efek Samping Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi

1. Aroma

Biasanya, bedak bayi itu wangi. Dan, parfum dalam bedak bayi itu yang berbahaya dan ngasih efek samping. Selain bisa menyerap minyak berlebih yang dibutuhin sama kulit kepala, dia juga berpeluang bikin rambut kamu kering.

2. Pembersih

Setiap bedak bayi juga mengandung bahan-bahan yang bisa menjaga kulit tetap bersih. Lagi-lagi bahan kimia yang kesannya kita butuhin malah bisa nimbulin masalah. Kenapa? Karena bahan kimia yang bikin kulit tetep bersih itu juga bisa bikin iritasi kalau kita pakai di kulit kepala.

3. Gatal-gatal

Bedak yang seharusnya bisa memulihkan kulit dari gatal-gatal malah bisa jadi penyebab gatal-gatal. Agak serem, ya? Tapi emang gitu faktanya. Mungkin karena memang pada dasarnya bedak bayi itu enggak dibuat untuk meluruskan rambut, melainkan murni buat digunakan buat kulit bayi yang sensitif.

Merk Bedak Bayi yang Aman Digunakan Meluruskan Rambut

1. Johnson

Terlepas dari risiko dan efek samping penggunaan bedak bayi di atas, Minpow bakal kasih tahu merk bedak bayi apa aja yang aman dipake buat ngelurusin rambut. Yang pertama itu Johnson, yang Minpow jamin kalian semua pasti udah pada tahu.

2. My Baby

Rekomendasi bedak bayi kedua yang bisa kamu pake adalah My Baby, karena bahan dan kandungan kimianya cenderung lebih rendah dibanding dengan merk bedak bayi lain.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

3. Mitu

Yes! Produk lokal yang berasal dari Bogor ini adalah salah satu kebanggan Minpow! Karena kualitasnya layak bersaing dengan merk-merk lain yang skalanya udah merambah kelas internasional. Biar pun produk lokal, tapi layak banget dicoba nih, Gengs!

Karena Minpow yang ngasih tahu kamu  cara meluruskan rambut dengan bedak bayi, tag Minpow kalau nanti kamu posting selfie dengan rambut baru kamu yang udah lurus di instagram @declip.id yaa.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *