Declip

Gambar 5 Cara Mengatasi Ketiak Iritasi secara Alami

5 Cara Mengatasi Ketiak Iritasi secara Alami

Cara Mengatasi Ketiak Iritasi secara Alami – Meski enggak terpampang nyata kaya wajah atau bagian tubuh lain, ketiak tuh termasuk bagian yang tersembunyi tapi penting buat diperhatiin loh. Karena, dia tuh sensitif banget.

Kalau gak bisa ngerawatnya bisa jadi bau dan kehitaman. Situasi paling parahnya sih ketiak kita bisa sampai iritasi. Hah? Gimana tuh, Minpow? 

Sebelum nanti kita bahas cara mengatasi ketiak iritasi secara alami, kamu harus paham dulu apa yang dimaksud dengan ketiak yang berada dalam keadaan iritasi, tanda-tandanya, penyebab ketiak iritasi dan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi ketiak iritasi.

Ketiak iritasi adalah sensasi seperti terbakar, panas, kemerahan, gatal dan mengelupas. Jelas situasi ini bisa sangat mengganggu karena selain perih, gatal dan panas, dia juga bisa memengaruhi penampilan kamu.

Seandainya kamu pakai baju yang nge-ekspos bagian ketiak, otomatis kan bakal kelihatan tuh kalau ketiak kamu lagi iritasi.

Sayangnya, banyak banget orang nyepelein ketiak yang iritasi. Dianggapnya kaya cuma masalah ringan yang bisa dibiarin sampai sembuh sendiri.

Padahal, kalau enggak diobati, pengaruhnya bisa kemana-mana, bahkan bisa sampai harus dibawa ke dokter dan dilakukan penanganan medis.

Tanda-tanda Ketiak Iritasi

  1. Gatal

Tanda yang paling umum ditemui saat ketiak kamu mengalami iritasi adalah gatal-gatal. Hayoo, sering, kan, ketiak terasa gatal? Kalau setelah digaruk rasa gatalnya hilang, mungkin itu cuma gatal biasa.

Tapi kalau sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu rasa gatal kamu belum juga hilang, bisa jadi ketiak kamu mengalami iritasi.

  1. Kemerahan / Kehitaman

Selain gatal-gatal, coba cek deh ketiak kamu warnanya kemerahan apa enggak? Karena ketiak yang kemerahan atau kehitaman juga merupakan salah satu indikasi ketiak kamu mengalami iritasi.

Kemerahannya disertai rasa perih tuh biasanya. 

  1. Panas seperti Terbakar

Tanda-tanda ketiak iritasi selanjutnya adalah terasa panas seperti terbakar. Ini yang menurut Minpow paling menyiksa dan mending jangan kamu tunda untuk segera kamu obati.

Kalau perlu, kamu berobat ke dokter biar tahu penyebabnya apa.

  1. Kulit Mengelupas

Kadang, ketiak yang iritasi juga bisa bikin kulit di area ketiak mengelupas. Tentu disertai rasa perih dan kemerahan. Jangan sembarangan kasih obat karena Minpow khawatir malah makin parah jadinya.

  1. Terdapat Benjolan

Ini juga termasuk salah satu tanda ketiak mengalami iritasi, lho. Kalau agak besar benjolannya, kamu bahkan harus waspada karena bisa aja itu tuh tumor.

Sebelum semakin parah, segera atasi iritasi di ketiak kamu, ya. 

Cara Mengatasi Ketiak Iritasi Secara Alami

Cara Mengatasi Ketiak Iritasi secara Alami

  1. Kompres dengan Es Batu 

Terkenal bisa meredakan gatal karena sensasi dinginnya, es batu tuh udah lama dijadiin metode buat nyembuhin macam-macam luka.

Bukan cuma sensasi gatal, tapi es batu juga bisa ngeredain bengkak, memar, sampai luka lain. Termasuk ketiak yang lagi iritasi.

Tapi, cara pengaplikasiannya jangan langsung bersentuhan dengan kulit karena Minpow khawatir iritasinya malah tambah parah.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Coba, ya, kamu lapisin dulu es batunya pakai kain yang enggak usah terlalu tebel, asal cukup aja buat ngamanin dari kemungkinan sentuhan langsung antar kulit kamu dengan permukaan es batu.

Dijamin deh, itu tuh bisa jadi salah satu cara mengatasi ketiak iritasi secara alami.

  1. Konsumsi Vitamin C

Yup, vitamin C yang dioles langsung ke bagian kulit iritasi mungkin justru enggak akan efektif buat dipakai sebagai cara mengatasi ketiak iritasi secara alami. Tapi, vitamin C yang dikonsumsi, bisa.

Kok bisa? Emang sihir! Bukan. Itu tuh maksudnya pakai metode penyembuhan dari dalam, alias dengan mengonsumsi obat-obatannya.

Tapi, ya, kalau minum obat, berarti penyembuhannya enggak alami dong, Minpow. Eittsss, siapa bilang vitamin C cuma ada dalam obat-obatan?

Kamu juga bisa dapetin vitamin C dari jeruk, brokoli, tomat dan kiwi. Hayo, sayur dan buah itu termasuk bahan alami yang bebas kimia, kan?

  1. Minyak Kelapa

Kalau kamu nyari pengobatan alami yang langsung dioles, bukan pakai vitamin C, tapi pakai minyak kelapa. Banyak kok dijual minyak kelapa alami yang enggak dicampur dengan kandungan kimia.

Nah, abis itu, kamu beli dan kamu oles deh minyak kelapa di bagian kulit ketiak yang lagi iritasi.

Minyak kelapa dianggap efektif sebagai cara mengatasi ketiak iritasi secara alami karena kandungan di dalamnya yang penuh dengan nutrisi dan vitamin yang bisa memperbaiki sel kulit rusak sekaligus kelembaban kulit, jadi kamu enggak perlu khawatir kulit ketiak kamu bakal mengalami iritasi lagi. 

  1. Cuka Apel

Dijual dalam kemasan berbentuk botol kaca, cuka apel atau apple vinegar tuh ampuh juga, lho, menyembuhkan beragam macam luka.

Salah satunya adalah ruam, makanya Minpow masukin dia ke dalam daftar cara mengatasi ketiak iritasi secara alami.

Caranya gimana? Tuangkan cuka apel ke dalam gelas, kemudian hisap perlahan dengan kapas. Abis itu kamu usap lembut bagian yang luka atau yang iritasi di ketiak kamu dengan kapas tadi.

Pelan-pelan aja mengusapnya dan pastiin usapannya menyebar dengan rata, ya. Dijamin deh abis itu rasa gatal atau perih kamu bakal jauh berkurang. 

  1. Tea Tree Oil

Meski aromanya yang wangi bikin minyak daun teh digunakan sebagai aroma therapy, ternyata kita juga bisa lho pake dia sebagai cara mengatasi ketiak iritasi secara alami loh.

Cukup tetesin satu atau dua tetes minyak daun teh ke bagian kulit ketiak yang iritasi, abis itu kamu usap perlahan sampai minyak daun teh-nya bisa tersebar merata. 

Abis itu, kamu diamkan selama 30 menit lalu kamu bilas, deh. Ulangi perawatan ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu sampai iritasi di kulit kamu pulih dan bener-bener hilang.

Tapi, jangan terlalu sering juga karena Minpow khawatir nanti kulit kamu malah jadi terlalu lembab. Jadi, 3-4 kali dalam seminggu itu udah maksimal banget menurut Minpow. 

Itulah cara mengatasi ketiak iritasi secara alami, semoga bermanfaat dan get well soon yaa gengs.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!