Declip

Gambar 7 Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif Efektif Untuk Masalah Kehidupan

7 Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif, Efektif Untuk Masalah Kehidupan

Dalam kehidupan pasti kita sering menemukan masalah yang besar ataupun masalah yang kecil. Masalah umum yang sering terjadi dalam kehidupan seperti karena karir, percintaan, dan kesehatan, mau tidak mau harus selalu dihadapi satu per satu. Memang akan terasa berat, tapi jika bukan kita yang menghadapi dan bertanggung jawab siapa lagi?

Maka diperlukannya cara mengelola stress dan emosi negatif disaat kita sedang diterjang masalah. Jika kamu sekarang sedang mengalami masalah di fase kehidupanmu, Minpow mau kasih cara untuk mengelola stress dan emosi negatif yang pastinya akan membantu kamu menghadapi kesulitan tersebut. Simak bersama yuk!

Cara Mengelola Stress dan Emosi Negatif

1. Luangkan Waktu untuk Merefleksikan Diri

Pastikan kamu meluangkan waktu sekitar 10 atau 15 menit untuk berfokus pada ketenangan. Dalam situasi yang tenang dan pikiran yang dingin, kamu bisa memilah-milah masalah dan menemukan solusi dengan sendirinya.

Kamu juga bisa melakukan konsep slow living untuk merefleksikan diri atau dengan melatih diri secara sensorik dengan menggunakan aromatherapy yang juga membantu menenangkan pikiranmu.

2. Bercerita atau Menemui Terapis

Apabila masalah yang kamu hadapi tidak kunjung membaik, kamu bisa berinisiatif untuk menemui terapis untuk mencari solusi. Kamu bisa mendatangi psikolog untuk hal ini.

Pergi ke psikolog atau psikiater bukan berarti kamu gila atau mengalami gangguan jiwa, kamu bisa mendapatkan perspektif yang membantu dalam menghadapi masalah kamu sehingga kamu bisa merasa sangat lega setelah itu.

3. Dukungan Emosional Dari Hewan Peliharaan

Jika kamu punya hewan peliharaan, menjadi hal yang bagus jika kamu sedang menghadapi stress atau masalah dengan emosi negatif. Kehadiran hewan peliharaan sangat membantu memberikan dukungan emosional yang dapat menenangkan diri kamu.

Berbagi ikatan dengan makhluk hidup cukup membuat kita mengurangi rasa cemas dan merasa jauh lebih baik.

4. Mencoba Terima Emosi Kamu

“Be true to yourself” Pernyataan yang tepat untuk mendeskripsikan cara mengelola stress dan emosi negatif. Mencoba jujur terhadap diri sendiri dan menerima emosi yang sedang kamu rasakan.

Minpow paham memang tidak mudah, tapi lambat laun jika kamu bertanggung untuk menghadapinya pasti akan terlewati begitu saja dan terlepas dari emosi yang dirasakan saat masalah itu baru muncul.

5. Melakukan Produktivitas Untuk Mengalihkan Pikiran

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas yang bisa membuat harimu lebih produktif. Terutama untuk hal yang kamu benar-benar nikmati dan sukai. Dengan melakukan aktivitas tersebut membantu mengalihkan pikiran kita agar tidak selalu memikirkan masalah dan emosi negatif yang sedang kita hadapi.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga, pergi ke café-café yang estetik, dan masih banyak lagi.

6. Terapkan Pola Pikir yang Positif

Memang sulit untuk menerapkan pola pikir yang positif jika sedang menghadapi masalah dan emosi yang negatif. Kamu bisa menerapkan pola pikir yang positif dengan journaling, dan mengafirmasikan quotes yang positif pada diri sendiri.

Hal tersebut sangat membantu mengorganisir semua pikiran yang tadinya berantakan dan membuat diri kewalahan. Melalui afirmasi positif pada diri sendiri juga membantu kamu untuk menjalani hari dengan awal yang positif.

Kamu bisa mendapatkan afirmasi positif ini dari banyak hal seperti menonton film, membaca buku, dan lainnya.

7. Jangan Selalu Mengisolasi Diri

Tidak masalah jika kamu ingin waktu sendiri, tapi jangan terus-terusan mengisolasi diri dari lingkungan. Walaupun kamu merasa tidak bisa bersosialisasi dengan banyak orang, setidaknya kamu harus tetap dekat dengan orang terdekatmu seperti orang tua dan teman-temanmu. Kamu juga bisa ikut kegiatan sosialisasi seperti menjadi volunteer.

Itu dia 7 tips cara mengelola stress dan emosi negatif ala Minpow. Semoga membantu kamu yang sedang menghadapi lika liku kehidupan yang tidak tentu ini ya!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *