Declip

logo final declip

8 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Kepala yang Ampuh

Gambar 8 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Kepala yang Ampuh

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Kepala – Memiliki kulit kepala yang gatal sering membuat tidak nyaman. Selain membuat kepercayaan diri semakin menurun karena harus menggaruk, hal tersebut juga bisa membuat kulit kepala luka. Jika rasa gatal tiba-tiba muncul jangan langsung menggaruknya.

Banyak faktor atau penyebab yang membuat kulit kepala terasa lebih gatal. Mulai dari kondisi ketombe yang disebabkan oleh jamur, perubahan musim, stress dan juga kulit kepala sensitif.

Jika gatal yang kamu alami tidak begitu parah, kamu bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala dengan mencoba cara menghilangkan gatal pada kulit kepala sendiri ala Minpow!

Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Kepala

1. Menggunakan produk yang sesuai

Tidak semua kandungan produk perawatan rambut itu cocok untuk kulit kepalamu bestie! Jadi pastikan kamu memilihnya sesuai dengan kondisi kulit kamu ya! Banyak efek samping yang diakibatkan karena salah menggunakan produk perawatan rambut.

Hindari juga pemakaian perawatan rambut yang langsung mengenai kulit kepala seperti minyak rambut yang tidak alami atau gel rambut.

2. Mengatur waktu untuk keramas

Melakukan keramas terlalu sering akan membuat rambut terasa lebih kering. Karena secara langsung akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh rambut. Jarang mencuci rambut juga akan menyebabkan penumpukan sebum, kotoran, dan minyak yang mampu menyebabkan ketombe.

BACA JUGA:  8 Cara Menghilangkan Gatal di Kepala Saat Menggunakan Hijab, Hijabers Wajib Tau Ini!

Tips dari Minpow untuk kamu yang memiliki rambut normal bisa keramas 2-3 hari sekali, sedangkan pemilik rambut berminyak dapat mencuci rambut 1-2 hari sekali untuk mencegah penumpukan minyak dan kotoran berlebih.

3. Keramas dengan air hangat

Jika kamu mulai merasakan gatal pada kulit kepala, sesekali kamu bisa menggunakan air hangat untuk keramas. Minpow tidak menyarankan kmau untuk menggunakan air yang terlalu panas untuk keramas. Hal ini bisa membuat rambut kamu jauh lebih kering dari biasanya.

Jangan menggunakan air hangat untuk keramas setiap hari ya bestie! Sesekali saja karena terlalu sering juga kurang bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

4. Menghindari produk perawatan rambut yang memicu alergi

Jika kamu sudah mulai merasakan gatal kulit kepala karena disebabkan oleh produk perawatan rambut, seperti serum rambut, sampo, atau kondisioner. Sebaiknya kamu menghentikan penggunaan produk tersebut.

Agar lebih aman pastikan saat kamu memilih produk, pilihlah produk yang memiliki tulisan sensitive skin friendly atau hypoallergenic.

5. Menggunakan cuka apel

Kandungan antibakteri, antiradang, dan antijamur yang terdapat di dalam cuka sari apel sangat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, apalagi yang disebabkan oleh kulit kering dan ketombe.

Cara memakainya kamu hanya perlu mengencerkan beberapa sendok cuka sari apel dengan air, lalu tuangkan ke kulit kepala dan rambut setelah menggunakan shampo dan kondisioner, setelah itu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

6. Hindari pemicu stress

Pastikan kamu menghindari pemicu stress. Karena rasa cemas dan stress mampu mengakibatkan kulit kepalamu terasa gatal. Jadi pastikan kamu menjaga kesehatan kulit kepala dengan shampo untuk kulit kepala gatal, atau bahan alami lainnya.

BACA JUGA:  Terapkan 10 Tips Ini Untuk Kamu Yang Kurang Fokus

7. Tidak menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki pewarna atau pewangi buatan

Agak tricky jika kamu memiliki kondisi kulit kepala yang lebih sensitif. Saran Minpow, hindari shampo yang memiliki pewarna atau pewangi buatan.Jika kamu ingin menggunakan shampo dengan wangi, kamu bisa memilih shampo yang memiliki wangi yang lembut atau berasal dari bahan alami.

8. Tidak menggunakan sisir, topi, atau handuk bersama-sama

Pastikan kamu tidak sharing alat perawatan rambut mulai dari sisir, topi, atau handuk yang bersamaan dengan orang lain. Pastikan kamu membedakan setiap peralatan dan aksesoris rambut milik kamu dan orang lain ya!

Itu dia 8 cara menghilangkan gatal pada kulit yang harus kamu ketahui. Jika kamu sudah melakukan cara diatas tapi masih terasa gatal di kulit kepalamu, Minpow sarankan kamu untuk mengkonsultasikannya pada ahli  atau dokter kulit ya! Selain minpow punya cara unik mengenai hair care, ada juga inspirasi hairstyle unik yang bisa kamu lakukan sendiri yang kamu bisa lihat selengkapnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!