Declip

logo final declip

8 Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Gambar 8 Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Nyeri otot biasanya muncul setelah kamu melakukan olahraga. Rasa nyeri otot ini bisa bermacam-macam dari nyeri yang sedang hingga berat. Kalau kamu merasakan nyeri dalam waktu 24-48 jam setelah berolahrga dan nyeri otot semakin memburuk, kemungkinan kamu mengalami delayed onset muscle soreness (DOMS) dan sebenarnya keadaan ini sangat normal.

Penyebab Munculnya Nyeri Otot Setelah Olahraga

Kamu sudah tahu belum penyebab munculnya nyeri otot setelah olahraga? Biasanya setelah aktivitas fisik atau olahraga berat, DOMS bisa terjadi ketika jaringan otot tubuh berusaha beradaptasi dengan memperbaiki dan menambah massa pada jaringan otot.

Memang mekanismenya belum diketahui dengan pasti, beberapa penelitian memang menyimpulkan DOMS ini terjadi akibat:

  1. Cedera ringan pada otot
  2. Peradangan pada otot
  3. Perubahan kadar elektrolit dan enzim pada otot
  4. Penumpukan asam laktat sebagai hasil metabolism otot
  5. Kerusakan jaringan ikat dan otot

Kalau kamu jarang melakukan pemanasan juga memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami DOMS. Masih suka terjadi sama kamu kalau sudah berolahraga? Minpow akan kasih cara meringankan nyeri otot setelah olahraga. Yuk simak bersama!

Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Saat DOMS terjadi, ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan keluhan ini, yaitu:

1. Kompres dingin atau hangat

Kalau rasa nyeri baru muncul dan terdapat sedikit pembengkakan pada otot. Kamu bisa mengompresnya dengan kompresan dingin selama 10-15 menit. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu bungkus es batu dengan kain atau handuk lalu tempelkan pada otot yang nyeri atau bengkak.

BACA JUGA:  Terapkan 10 Tips Ini Untuk Kamu Yang Kurang Fokus

2. Memperbanyak istirahat

Untuk membantu pemulihan otot. Minpow menganjurkan kamu tidur untuk 8-9 jam sehari dan mengonsumsi makanan tinggi protein. Jangan lupa minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

3. Menggunakan obat-obatan

Selain cara diatas, mengonsumsi obat atau mengoleskan krim obat anti nyeri yang membantu meringakan nyeri setelah olahraga. Apalagi kalau DOMS sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Tetap aktif bergerak

Karena rasa nyeri, kamu mungkin malas dan tidak ingin bergerak dari kasur. Padahal salah satu cara menghilangkan rasa nyeri adalah dengan aktif bergerak.  Lakukan aktivitas selama 30-60 menit seperti berjalan atau bersepeda.

Kamu juga bisa menlakukan aktivitas ringan untuk meredakan nyeri otot setelah mungkin terlalu lama tidak bergerak.

5. Pijat

Setelah olahraga, pastikan kamu memijat ringan bagian tubuh yang terasa nyeri. Memijat juga dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan pergerakan sendi tubuh. Saat dipijat suasana hati kamu juga bisa saja semakin meningkat.

6. Melakukan peregangan

Banyak orang yang sering melupakan sesi pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Padahal pemasan dan pendinginan bisa meredakan nyeri hingga kontraksi otot. Jadi ingat ya bestie selalu peregangan sebelum melakukan olahraga dari intensitas rendah sampai tinggi!

7. Konsumsi makanan berprotein

Kamu bisa mengonsumsi makanan mengandung protein sebagai cara meredakan nyeri otot setelah olahraga. Minpow sarankan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan lemak, susu, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut mengandung protein yang membantu memulihkan otot setelah mengalami robekkan.

8. Minum obat anti peradangan

Jika kamu merasa nyerinya mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, kamu bisa mengonsumsi obat antinyeri yang dijual di apotek. Obat yang bisa kamu konsumsi seperti paracetamol, aspirin, dan ibuprofen.

BACA JUGA:  Memahami dan Mengatasi Depresi : Panduan Untuk Orang yang Mengalami Depresi

Jika kamu ingin mengonsumsi obat-obatan seperti ini, pastikan kamu mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter!

Itu dia bestie 8 cara meringankan nyeri otot setelah olahraga. Apapun olahraganya memang itu sehat untuk tubuh, tapi pastikan juga kamu mementingkan kesehatan otot dan tubuh kamu ya setelah melakukan olahraga! Minpow masih banyak tips mengenai body care dan lifestyle lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!