Declip

logo final declip

Bahaya Sinar UV Bagi Kecantikan Kulit Yang Harus Kamu Waspadai!

Gambar Bahaya Sinar UV Bagi Kecantikan Kulit Yang Harus Kamu Waspadai

Pasti kamu sudah sering mendengar sinar UV yang bisa bahaya dan merusak skin barrier juga resikonya yang meningkatkan kerusakan nutrisi dalam kulit kan? Sinar UV sering menimbulkan banyak permasalahan kulit mulai dari jerawat, kulit kering, sampai sensitivitas kulit yang meningkat.

Banyak jenis radiasi UV yang dipancarkan oleh sinar matahari, serta bahaya radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak skincare yang kamu pakai. Tapi hal itu bukan berarti sinar matahari tidak bermanfaat untuk kulit. Sinar matahari juga bermanfaat untuk mendorong produksi vitamin D yang baik bagi tubuh dan kesehatan.

Walaupun terpapar sinar matahari bisa membuat kulit lebih ternutrisi, kamu masih tetap membutuhkan sunscreen, meskipun cuaca mendung atau kamu sedang beraktivitas di dalam ruangan saja. Sinar UV bisa menembus awan mendung, sela-sela pintu, dan kaca. Jadi Minpow sarankan kamu untuk selalu menggunakan SPF dalam rangkaian skincare. Pastikan kamu memilih SPF PA+++ memberi perlindungan tinggi terhadap UVA. Jika sunscreen memiliki kandungan PA+++ berarti sunscreen bisa mencegah dari kerusakan kulit seperti;

Bahaya Sinar UV Kecantikan Kulit

1. Warna Kulit Wajah Tidak Merata

Sering terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi gelap dan tidak merata. Sinar UV bisa membuat kulit melepaskan pigmennya, hal tersebut adalah kondisi alami kulit untuk membuat pertahanan baru dan perlindungan bagi kulit.

BACA JUGA:  Ketahui 7 Manfaat Vitamin E Bagi Kulit Ini Agar Terhindar dari Masalah Kulit!

Jika kamu terpapar sinar matahari secara terus menerus kulit yang sering terpapar sinar matahari akan jauh lebih gelap. Sedangkan yang tidak terpapar akan tetap sama.

2. Memicu Penuaan Dini

Sinar UV juga bisa menghancurkan serat kolagen dan elastin pada kulit. Elastisitas pada kulit yang berkurang akan menimbulkan tanda-tanda seperti keriput, kulit mengendur, dan pori-pori yang membesar.

3. Kulit Menjadi Kusam

Jika kulit terus menerus terpapar sinar UV, pastinya akan terjadi penebalan pada lapisan epidermis yang mengakibatkan kulit tampak lebih kusam. Hal ini juga termasuk efek penuaan dini.

4. Kulit Terbakar

Pernah gak sih kamu merasakan kulit yang lebih sensitif jika terlalu lama terkena sinar matahari? Mulai dari kulit yang memerah, perih, sampai nyeri. Artinya kamu mengalami kulit terbakar. Kondisi ini sering terjadi bila kamu terlalu lama terpapar sinar matahari. Biasanya gejala sunburn muncul beberapa jam setelah kulit terekspos sinar matahari terlalu lama.

5. Resiko Kanker Kulit

Hati-hati bestie jika kamu sering terpapar sinar matahari. Hal tersebut bisa memicu resiko kanker kulit. Sinar UV akan masuk ke dalam kulit kita dan merusak materi genetic pada sel kulit yang menghambat regenerasi pertumbuhan sel kulit.

Tips Untuk Mencegah Bahaya Sinar UV Bagi Kecantikan Kulit

Untuk mencegah beberapa bahaya sinar UV bagi kecantikan kulit, Minpow ada beberapa tips yang bisa kamu coba kalau kulit kamu rusak karena sinar matahari. Simak bersama yuk!

1. Selalu memakai sunscreen

Hal yang wajib dan tidak boleh terlewatkan, pastikan kamu menggunakan sunscreen saat kamu beraktivitas setiap hari di dalam ruangan maupun luar ruangan.

2. Rutin double cleansing

Membersihkan wajah dengan metode double cleansing setelah beraktivitas, agar kulit tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari polusi atau kotoran yang menempel.

BACA JUGA:  6 Dampak Negatif Sinar Matahari Pada Kecantikan Kulit yang Harus Kamu Ketahui!

3. Menggunakan pelembap

Sebelum menggunakan sunscreen pastikan kamu menggunakan pelembap terlebih dahulu. Karena terpapar sinar matahari pastinya bisa juga membuat kulitmu kering. Jadi pastikan kamu melembapkannya terlebih dahulu ya!

4. Pakai sunscreen dengan kuantitas tepat

Pengaplikasian sunscreen juga memerlukan takaran yang tepat agar perlindungannya optimal pada kulit. Minpow sarankan kamu untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Untuk SPF yang bisa kamu gunakan, kamu bisa memilih mulai dari SPF 30,40, atau 50.

Semakin tinggi kandungan SPF, semakin bagus untuk perlindungan kulitmu.

5. Membatasi durasi terpapar sinar matahari

Tanpa perlindungan apapun, kulit akan mengalami kerusakan. Bila kamu terpapar sinar matahari hanya dalam waktu 15 menit. Efeknya akan terasa dan terlihat setelah 12 jam.

Pastikan kamu membatasi durasi paparan sinar matahari selama kamu berada di luar rumah. Pastikan kamu membatasi durasi kamu diluar rumah apalagi di jam 10.00-14.00 saat matahari sedang sangat terik.

6. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit

Selain kamu harus menjaga kesehatan kulitmu dengan perawatan kulit seperti memakai SPF, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang bisa membantu menyehatkan kulit. Makanan yang bisa membantu melindungi kulitmu dari sinar UV adalah semangka, wortel, teh hijau, semangka, blueberry, dan sayuran hijau.

Demikian beberapa bahaya sinar UV bagi kecantikan kulit dan tips mencegahnya! Nah untuk kamu yang kulitnya dalam kondisi sering terpapar sinar matahari, pastikan kamu tahu ya! Selain fun fact Minpow juga masih banyak tips dan hacks menarik mengenai skincare disini!

Jedai Haircules

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Bahan Alami yang Baik Untuk Eksfoliasi Kulit, Bye Sel Kulit Mati!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!