Declip

Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Rambut

6 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Rambut

Udah jadi rahasia umum kalau lidah buaya tuh punya beragam manfaat. Mulai dari memutihkan kulit wajah, sampai bisa menumbuhkan rambut. Nah, Minpow sekarang bakal kasiih tahu cara membuat masker lidah buaya untuk rambut. Mau rambut kamu panjang, sehat dan bersinar kaya Rapunzel? Simak, yuk!

Sebelum kita bahas cara membuat masker lidah buaya untuk rambut, pertama-tama, kita baha dulu soal kegunaan masker rambut. Kenapa, sih, masker rambut tuh penting? Emang shampoo doang gak cukup? Sama sekali gak cukup. Jadi, selain shampoo ditambah conditioner yang wajib kamu pake tiap abis keramas, rambut kamu juga butuh masker.

Tujuan masker adalah ngasih nutrisi yang dibutuhin sama rambut kamu. Seiring bertambahnya usia, kulit kepala kita berhenti memproduksi nutrisi yang dibutuhin sama rambut. Atau, ketika kita beraktivitas di luar, rambut dan kulit kepala kita juga berpeluang kena polusi dan menyita nutrisi rambut.

Masker rambut tuh perannya buat ngembaliin nutrisi rambut yang kamu butuhin, bisa dipake seminggu sekali harus rutin gak pake mager. Jadi, susunannya kaya gini: shampoo dan conditioner abis keramas seminggu 2-3 kali, masker rambut seminggu sekali, sama hair spa sebulan sekali. 

Di pasaran, beredar banyak banget jenis-jenis masker rambut dengan manfaat yang beragam. Masker rambut yang dibuat menggunakan bahan kimia juga banyak. Tapi, siapa yang bisa ngejamin kalau masker-masker rambut itu aman, murni, ampuh, dan bebas bahan kimia?

Enggak ada yang bisa jamin. Selalu ada kemungkinan kalau produk masker itu mengandung bahan kimia yang merusak. Kalau kamu mau bener-bener aman, kamu harus tahu cara membuat masker lidah buaya untuk rambut sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mastiin kemurnian dan kealamian maskernya.

Gimana cara membuat masker lidah buaya untuk rambut versi sendiri di rumah? Sebenernya, tekniknya selalu sama. Kamu tinggal memeras lidah buaya ke dalam mangkuk, terus tinggal kamu aplikasikan ke rambut. Tapi, buat dapetin hasil maksimal, kamu perlu mengkombinasikan lidah buayanya dengan bahan lain. Ini dia, simak ya:

6 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Rambut

Pepaya & Cokelat Kakao

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut yang pertama cocok buat kamu yang pengen ngilangin ketombe dan bikin rambut cerah. Kuncinya di papaya, dia bisa bikin kulit lebih bersinar dan ngilangin ketombe. Sementara cokelat kakao ampuh buat bikin kulit kepala kering kamu lebih lembab dan sehat, tapi juga gak berlebihan.

Pertama-tama, kamu peras lidah buaya yang udah kamu petik, kemudian buang kulit luarnya. Setelah kamu masukin ke dalam mangkuk, kamu bisa siapin bahan berikutnya. Pertama potong papaya dalam bentuk dadu kemudian blender.

Hasil blenderan bisa kamu masukin ke dalam mangkuk dan tambahin cokelat kokoa. Aduk sampai merata. Selanjutnya, kamu bisa gunakan kuas buat melumuri rambut kamu pake perpaduan masker, pepaya dan cokelat kokoa supaya rambut kamu lebih kuat, sehat dan bercahaya. 

Kunyit dan Madu

Udah pada tahu dong kalau kunyit, selain sering dipake buat masak, juga ternyata bisa ngasih manfaat yang baik buat kesehatan rambut. Salah satunya adalah ngatasin kulit kepala yang meradang, nimbulin luka karena iritasi kosmetik atau gatal karena kotoran.

Sementara madu bisa ngangkat sel-sel kulit mati di kepala kamu, dengan begitu rambut kamu juga jadi lebih sehat, pertumbuhan rambut kamu bisa lebih cepat. Ada loh rambut yang gak tumbuh-tumbuh, itu istilahnya rambut mati. Hah kok bisa?K Kenapa rambut bisa mati?

Ada dua alasan yang memungkinkan kita punya rambut mati; pertama, kandungan kimia yang tinggi di kepala kita saat melakukan treatment; misal smoothing, rebonding, atau keratin. Semua treatment itu, meski kece badai, tetep bisa bikin rambut kamu rusak karena kandungan kimia yang gak tanggung-tanggung.

BACA JUGA : Rekomendasi Masker yang Bagus untuk Rambut Smoothing

Penyebab lainnya adalah karena kamu keseringan pakai styling rambut elektronik; kaya semisal hairdryer, catokan, atau pengeriting. Usahain sebelum menggunakan hair styling, kamu lindungin rambut pakai heat protector dulu. Biar gak rusak dan bau setelah kamu styling. 

Lemon

Pernah denger gak ada temen kamu yang ngeluh kalau rambutnya berminyak terus? Kemungkinan, itu karena kulit kepalanya memproduksi minyak berlebih. Produksi minyak berlebih di kepala bakal bikin rambut lepek dan merangsang pertumbuhan ketombe. 

Nah, perpaduan lidah buaya dan lemon bisa mengatasi masalahnya. Kamu tinggal perlu peras lemon dan lidah buaya bergantian ke dalam sebuah mangkuk. Aduk rata, kemudian tinggal diaplikasikan ke rambut kamu. Sekarang, kamu jadi tahu kalau cara membuat masker lidah buaya untuk rambut sendiri itu gampang banget. 

Efeknya bakal bikin kulit kepala gatal, terutama pada sepuluh menit pertama. Setelah itu, rasa gatalnya perlahan-lahan akan mereda dan kalau kamu rutin mengulangi perawatan ini, produksi minyak di kepala kamu bakal berkurang dan kamu juga bakal terbebas dari permasalahan kulit kepala. 

Yogurt dan Rendaman Timun

Kabar baik buat kamu yang punya masalah kulit sensitif. Selama ini, ngerasa susah pake kosmetik rambut macam-macam kosmetik rambut? Karena setelah pake sekali, kulit kepala kamu langsung meradang dan muncul macam-macam masalah kulit kepala yang bikin kapok? Yuk, atasi dengan cari tahu cara membuat masker lidah buaya untuk rambut sendiri di rumah.

Solusi dari masalah itu adalah yoghurt dengan lidah buaya. Karena yoghurt yang dicampur dengan lidah buaya terbukti aman bagi kulit sensitif. Kandungan dalam yogurt itu selain aman, tapi juga udah dibuktiin ampuh digunakan sebagai cleanser atau pembersih, tanpa nimbulin kerusakan baik yang berbahaya maupun yang ringan.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Minpow saranin, perpaduan lidah buaya dan yogurt kamu tambahin pake satu sendok teh rendaman air timun. Rendaman air timun itu bisa mendetoksifikasi kulit kepala kamu dari macam-macam bahan atau kandungan berbahaya. Kalau kulit kepala kamu udah iritasi, bisa pakai rendaman air mawar ya buat redain iritasinya. 

Kopi

Siapa bilang kalau kopi cuma ampuh bikin melek pas begadang? Noooo. Kopi juga bisa ngangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala kamu yang biasanya lama-lama berubah jadi ketombe. Boleh dibilang, perpaduan kopi dan lidah buaya ini bisa kita gunakan sebagai pencegahan ketombe.

Setelah kamu peras lidah buaya ke dalam mangkuk, kamu bisa langsung tambahin kopi yang udah ditumbuk, ya. Jadi, bentuknya harus serbuk, bukan biji. Nah, kalau udah jadi serbuk, kamu tinggal aduk rata dan aplikasiin ke rambut kamu. Ini adalah salah satu cara membuat masker lidah buaya untuk rambut paling mudah dibanding yang lain.

Kalau terlalu kental, kamu boleh tambahin sedikit air supaya teksturnya lebih mudah dioleskan ke rambut, jadi enggak terlalu lengket juga. Oh iya, buat semua perawatan masker yang Minpow sebutin di atas, kamu wajib mendiamkannya selama 45-60 menit untuk setiap sesi, ya. Tujuannya biar masker kamu menyerap dulu.

BACA JUGA :

Zaitun

Kalau kamu maduin lidah buaya dengan minyak zaitun, aliran darah di kepala bakal jadi lebih lancar dan bikin rambut kamu lebih kuat. Lidah buayanya juga bisa bikin rambut lebih subur. Kalau maduin lidah buaya dengan minyak zaitun bikin aliran darah di kepala lebih lancar, pertumbuhan rambut juga bakal semakin lebat dan sehat.

Itu tadi 6 cara membuat masker lidah buaya untuk rambut yang bisa kamu terapkan di rumah. Buat nemenin rambut cantik kamu, buruan belanja hair ornament dan Jedai Haircules by DeClip yang bisa kamu cek di catalog Minpow. Selain tahan banting, juga tersedia dalam 35 warna. Happy shopping! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!