Declip

Gambar 3 Cara Mengatasi Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

3 Cara Mengatasi Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

Banyaknya teknik untuk  modikasi ataupun styling rambut yang sekarang hits di salon tuh bisa ningkatin peluang buat bikin rambut rusak loh. Makannya Minpow saranin kamu buat super hati-hati waktu pilih perawatan di salon. Kamu kudu cek kandungan tiap bahan yang dipakein ke rambut kamu, daripada nanti kamu kerepotan cari tahu cara mengatasi rambut rusak. Mending mencegah, kan?

Kira-kira, perawatan apa aja sih yang berpeluang buat merusak rambut? Mulai dari coloring, hair smoothing, rebonding, bahkan kalau kamu keratin juga tetep ada peluang rambut kamu bakal rusak. Mau di salon, mau di rumah, risiko kerusakan tuh bakal tetep menghantui kamu, gak bakal mempan kamu pakein jimat anti rambut rusak.

Kenapa sih kok macam-macam perawatan itu bisa merusak rambut? Karena, gengs, krim yang digunakan tuh mengandung bahan kimia yang tinggi. Apa aja sih bahan kimia yang biasanya ada kosmetik rambut dan merusak rambut kita? Sebelum cari tahu cara mengatasi rambut rusak, cari tahu alasannya dulu, yuk! Ini dia:

5 Bahan Kimia dalam Kosmetik Rambut yang Merusak

  1. Isopropyl Alcohol

Bahan kimia pertama yang menurut Minpow berbahaya adalah Isopropyl Alcohol. Dia tuh pelarut yang ada di cat rambut. Ini yang bikin warna cat jadi nyerap di rambut kita, apalagi yang udah dibleaching sebelumnya. Saking kerasnya Isopropyl Alcohol, dia kalau kehirup aja aromanya tajam banget dan bikin pusing.

BACA JUGA :

Wajar gak sih kalau bahan kimia sekeras ini akhirnya bisa ngasih efek samping yang parah banget buat rambut kita? Emang setelah dicat rambut kita auto badai sih karena warnanya yang super catchy. Tapiiiii, setelah itu rambut kita bakal rusak dan warnanya gak bakal bisa tahan lama. Makannya, kita perlu rajin perawatan, ya.

  1. Propylene Glycol

Nah, kalau Propylene Glycol sebenernya enggak cuma terkandung di treatment rambut tertentu, melainkan di shampoo dan conditioner juga ada. Dia tuh setelah nyerap di kulit kepala bisa bikin kulit mengendur. Selain itu emang gak ada pengaruh berbahaya lagi sih. 

Tapi, di sisi lain, kandungan ini tuh bisa bikin kulit kepala ngangkut semua kotoran yang mampir. Jadi, sebenernya, kita juga butuh kandungan bahan kimia ini buat ngejaga rambut tetap bersih. Jadi kaya love-hate relationship gak sih? Hiks!

BACA JUGA : Ikuti 6 Cara Mencatok Rambut Sendiri Biar Gak Bikin Rambut Rusak!

  1. Polyethylene Glycol

Selanjutnya, bahan kimia merusak yang perlu kamu tahu adalah Polyethylene Glycol. Dia adalah bahan pembersih lain yang kita butuhin, tapi sekaligus bikin kulit kita mengalami penuaan dini. Itulah kenaoa kita butuh serum dan vitamin rambut lain supaya laju penuaan dininya bisa agak kita rem. 

Karena, sebetulnya gak mungkin juga kita ngebersihin tubuh tanpa kandungan ini. Enggak cuma di shampoo, Polyethylene Glycol juga ada di sabun yang kita pake sehari-hari. 

  1. Sodium Lauryl Sulphate (SLS), Sodium Laureth Sulphate (SLES)

Minpow bisa bilang kalo ini merupakan bahan kimia yang paling berbahya kalau kita bandingin dengan bahan kimia lain. Kenapa? Karena dia itu bisa bikin katarak kalau terus-terusan kena mata kita. Serem, kan! 

Enggak cuma itu, bahan kimia ini juga cepet banget bikin rambut rontok. Paling tinggi kandungannya ditemuin di conditioner. Tapi, kalau gak ada bahan kimia satu ini, rambut kita gak bakal bisa halus dan lembut. Ngeh gak sih kamu kalau rambut kita tuh jadi lebih lembut setelah pakai conditioner?

  1. DEA (Diethanolamine), MEA (Momoethanolamine), TEA (Treithanolamine) 

Ini bahan-bahan yang biasanya kamu temuin di treatment rambut kaya smoothing, rebonding dan kawan-kawannya yang bikin rambut jadi super kering. Karena masalah ini enggak bisa dipisahin  dari treatment yang kita jalanin, makannya satu-satunya solusi adalah perawatan setelah kamu rebonding/smoothing.

Udah gitu, hasilnya juga gak bakal instan. Gak mungkin banget kamu sekali treatment abis smoothing atau rebonding terus rambut kamu auto sehat. Paling enggak 8-12 minggu rambut kamu bakal balik ke normal lagi. Makannya kamu harus sabar dan yang rajin perawatannya, ya. 

Itu tadi bahan-bahan kimia yang kita tahu bakal merusak rambut. Meski kita gak bisa ngindarin bahan-bahan itu, tapi seenggaknya kita jadi paham kenapa rambut kita bisa rusak. Selain itu, kita juga bisa ngantisipasi kerusakan dengan cari tahu cara mengatasi rambut rusak terus rajin ngelakuin perawatan. Apa aja sih cara mengatasi rambut rusak itu? Ini dia:

BACA JUGA : Cegah Sebelum Rusak! Ini Ciri-ciri Rambut Mati

3 Cara Mengatasi Rambut Rusak

Shampoo + Conditioner 

cara mengatasi rambut rusak  pertama adalah dua hal mendasar: yaitu shampoo dan conditioner. Ibarat anak kembar, shampoo sama conditioner tuh paling gak boleh dipisahin. Pokonya haram deh! Kenapa? Karena masing-masingnya tuh punya kandungan yang dibutuhin rambut dalam rangka memenuhi nutrisinya. 

Jadi, kalau kamu cuma pakai shampoo doang atau conditioner doang, kelengkapan nutrisi di rambut kamu gak bakal terpenuhi.

Hair Mask

Kalau shampoo dan conditioner kamu pake setiap keramas, yang artinya seminggu itu dua sampai tiga kali, hair mask bisa kamu pake sebanyak seminggu sekali. Berarti sebulan 4 x. Tapi gakboleh kamu skip, ya. Karena hair mask juga punya peranan penting dalam cara mengatasi rambut rusak.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Hair mask itu dipake setelah kamu keramas, kemudian peras sisa bilasan air di kepala kamu. Udah agak mengering, baru kamu terapin deh masker ke setiap helai rambut sampai ke akar. Abis itu kamu tinggal ngaplikasiin maskernya ke rambut yang setengah basah.

Biar lebih nyerep, coba deh kamu lapisi rambut kamu pakai shower cap atau pakai handuk. Terus, kamu diemin selama 45 menit sampai 60 menit ya. Abi situ baru bilas sampai bersih. Terakhir, boleh kamu tutup treatment hair mask kamu pakai conditioner. 

Hair Spa

Setelah shampoo, conditioner, hair mask, kamu masih harus ngelakuin satu treatment terakhir yaitu hair spa. Ini agak riskan kalau kamu lakuin di rumah, karena kamu butuh mesin steam buat bikin krim hair spa-nya menyerap di rambut kamu. Hair spa adalah cara mengatasi rambut rusak ketiga.

Minpow sih saranin mending kamu kalau mau hair spa pergi ke salon deh. Sekalian pilih krim yang aromanya kamu suka dan kandungan bahannya bagus buat rambut kamu. Untuk perawatan yang satu ini, kamu cukup lakukan sebulan sekali aja ya di salon. Karena udah lumayan mahal, Sis!

Setelah kamu tahu cara mengatasi rambut rusak, harusnya rambut kamu udah tebel dan berkilau kaya rambut Rapunzel dong ya? Udah bakal butuh Jedai Haircules nih kayanya. Sekarang, Jedai Haircules ada yang 6 CM buat kamu yang rambutnya super tebel dan panjang, tetep tersedia dalam versi gigi 3 dan gigi 5. Yang 5 CM juga masih ada, ya, kalau-kalau rambut kamu tipis atau pendek.

Warnanya ada 35, bisa kamu mix and match dengan penampilan kamu sehari-hari. Udah gitu materialnya tuh bikin jedai kamu nyaris gak bisa patah. Udah diuji sama Raisa, Tasya Farasya dan Patricia Gouw tiga-tiganya gak ada yang berhasil ngerusakin Jedai Haircules

Waktunya beli jedai buat selamanya, nih! Yuk, borong sekarang. Jangan lupa check out, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!