Declip

Gambar 10 Cara Menghibur Diri Sendiri yang Wajib Kamu Coba

10 Cara Menghibur Diri Sendiri yang Wajib Kamu Coba

Kamu baru putus? Stress mau ujian? Pengeluaran membengkak sampai harus menguras tabungan? Berantem sama adik? Ortu gak setuju jurusan kuliah pilihan? Dalam hidup, ada banyak banget hal yang bikin kira stress sekaligus panik. Makannya, kita harus cari tahu cara menghibur diri sendiri sebagai upaya buat healing.

Minpow kutip dari https://toronto.cmha.ca/documents/benefits-of-good-mental-health/ 3 hal mendasar yang harus kita utamain biar bisa sehat secara mental adalah rajin berolahraga, mengatur pola makan sehat sekaligus memahami pengelolaan tingkat stress.

Ternyata, kesehatan mental juga gak bisa kita pisahin dari kesehatan fisik, ya. 

3 tahapan di atas memang teori yang luar biasa hebat buat dipraktekin. Tapi, sayangnya, hidup enggak sesederhana itu.

Proses kita menuju pulih juga enggak semudah itu. Jadi, buat ngadepin permasalahan serba kompleks di atas, kita juga sebaiknya punya cara menghibur diri sendiri sederhana yang bisa kita lakukan dengan instan. Apa aja? Ini dia:

Cara Menghibur Diri Sendiri

1. Nyepi

Ini adalah solusi paling gampang sekaligus paling sederhana yang bisa kita lakuin kalau lagi mau cari cara menghibur diri sendiri. Yaitu… nyepi.

Siapa pun orang-orang yang lagi berinteraksi sama kamu, kalau tiba-tiba ngerasa sedih atau panik, kamu bisa langsung buru-buru nyepi. 

Gak usah jauh-jauh, cukup menyendiri aja dulu sementara. Tinggalin keramaian dan orang-orang yang lagi ngobrol atau beraktivitas sama kamu.

Jangan tiba-tiba ngilang, kasih tahu mereka alasanmu untuk pamit sebentar dari mereka. 

2. Dengerin Lagu

Punya headset? Cusss langsung dipake! Dengerin lagu pakai headset itu terbukti ampuh buat ngasih kamu momen intim yang terjalin antara kamu dengan diri sendiri.

Dengerin lagu pakai headset bisa kita jadiin cara buat nenangin diri dari keramaian dan termasuk salah satu cara menghibur diri sendiri yang ampuh juga. 

Lagunya apa? Gak ada aturan yang kaku kok. Kamu bisa dengerin genre lagu favorit kamu, mulai dari rock atau jazz, selama itu bisa bikin kamu tenang, berarti lagunya ampuh buat kamu jadiin alternatif healing. 

3. Cari Angin

Cari angin tuh sering dianggap sebagai alasan orang buat ngehindar pertemuan tertentu atau ngehindarin perbincangan sensitif.

Padahal, ini bisa kita artiin sebagai upaya buat nenangin diri dengan cara menghirup udara segar. Literally cari angin.

Apa manfaatnya? Dengan menghirup udara segar, kita juga jadi nge-refresh paru-paru sehingga pikiran dan perasaan kita bisa segeran lagi.

Kegiatan sederhana itu Minpow kategoriin sebagai cara menghibur diri sendiri yang paling ampuh loh. 

4. Minum / Makan

Minum atau makan sesuatu buat redain stress juga bisa ngebantu banget loh buat sebagian orang.

Ada yang makan kacang-kacangan, minum yang manis-manis, atau bahkan makan makanan pedes sampai keringetan. 

Faktanya, hal itu bisa ngalihin fokus di pikiran kita ke hal lain, sehingga kita jadi enggak panik dan stress berlebih.

Meski sifatnya pengalihan itu sementara, tapi bisa lah dipake buat nge-distraksiin pikiran. Makannya, Minpow masukin kegiatan ini ke dalam deretan cara menghibur diri sendiri.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

5. Baca Buku

Selain makan dan minum, kita juga bisa ngalihin pikiran dengan baca buku. Kenapa?

Karena waktu lagi baca buku, kita bakal maksa pikiran kita buat memproses kata-kata yang tertera di buku dan pada saat yang sama, coba buat sekaligus memahami artinya, enggak sekedar baca.

Karena dengan begitu, otak kita bakal dipaksa untuk memproses tulisan yang lagi kita baca, memahaminya, terus selanjutnya kita juga bisa nenggelemin diri kita ke dalam tulisan yang lagi dibaca.

Lupa deh sama masalah yang lagi kita hadapi sebelumnya. Kalau pikiran udah seger, kita bisa balik ke masalah yang perlu kita cari solusinya.

6. Nonton

Gak suka baca? Nonton juga bisa jadi cara menghibur diri sendiri. Lagi sedih atau galau, daripada nangis sambil dengerin lagu Hati-hati di jalannya Tulus, yang malah bikin tambah deres, mending coba kamu nonton.

Alihin pikiran kamu ke tontonan yang kamu pilih. 

Mau film, series, horror, comedy, atau romance, selama kamu nikmatin jalan cerita dan sinematografinya, berarti judul film atau series itu harus kamu pilih.

Gak ada salahnya juga loh kamu pilih film yang udah kamu tonton berulang kali. 

7. Nyalon

Ciwi-ciwi yang suka nyalon mana nih suaranya? Merapat coba. Tahu gak sih kamu kalau nyalon juga bisa jadi salah satu cara menghibur diri sendiri? Kok bisa?

Iya, karena waktu lagi nyalon, kita bakal ngerasa happy dan itu tuh namanya me-time, waktu di mana kita manjain diri sendiri. 

Kalau nyalon bisa bikin kamu happy, maka jangan ragu buat nyalon lebih sering, ya. Asal kerja kudu lebih rajin juga, karena kalau enggak, nanti kamu gak bakal bisa bayar bill buat nyalon dong. Repot juga kan ya?

8. Jalan-jalan

Pernah gak sih kamu jalan-jalan random tanpa tujuan? Niatnya kaya cuma pengen window shopping aja, atau jernihin pikiran? Kegiatan itu juga merupakan salah satu cara menghibur diri sendiri loh.

Karena sebelum dan setelah jalan-jalan, pikiran kamu kan berubah. Dalam artian yang lebih baik. 

Pastiin keamanan juga ya, pas lagi jalan-jalan. Sebab kalau jalan-jalannya malam-malam dan sendirian kan juga bahaya.

Risikonya tinggi banget, jadi mending jalan-jalan di tempat dan waktu yang aman buat kamu.  

9. Curhat

Ini gak boleh sampai skip nih! Curhatin semua uneg-uneg kamu ke bestie Minpow anggap sebagai cara menghibur diri sendiri yang paling ampuh.

Meski kalau udah ngelibatin sahabat artinya kamu enggak sendirian lagi, tapi kan tetep aja masalah yang lagi kamu hadapi merupakan masalah sendiri.

Jadi, buat milih cara menghibur diri sendiri, jangan lupa buat nambahin geng atau bestie kamu sebagai alternatif yang bisa dipilih, ya.

Tanya dulu tapi kira-kira mereka oke enggak buat kamu curhatin. Khawatir mereka juga lagi punya beban pikiran lain, biar enggak bentrok ujungnya. 

10. Belanja

Siapa sih yang gak suka belanja? Ya enggak? Apalagi pas tahu kalau belanja tuh termask cara menghibur diri sendiri. Duh, langsung deh otw mall buat kalap.

Meski seru, tapi kebiasaan ini perlu kamu jaga karena memengaruhi pengeluaran finansial kamu, ya. 

Gimana caranya biar bisa belanja tapi tetap hemat? Selain memanfaatkan promosi yang lagi digelar, kamu juga bisa tulis apa aja yang kamu butuhin, jadi nanti pas udah sampai mall kamu enggak bakal kalap duluan.

Itu dia deretan cara menghibur diri sendiri yang Minpow saranin kamu buat lakuin. Kalau cara bikin rambut rapi dan enggak kusut 24/7 ya jawabannya Cuma satu: Jedai Haircules. Jedai yang merupakan warisan dewa Hercules ini pernah digilas Alphard sama Tasya Farasya dan masih gak kenapa-kenapa loh.

Buruan pilih warna favorit kamu di catalog yang ada di website ini. Total ada 35 warna plus 4 warna glitter, cocok buat kamu yang kepingin tampil lebih mevvah. Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Yuk, ajakin geng kamu dan bestie-bestie lainnya buat check out barengan. Share link ke website ini juga boleh banget, ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *