Declip

Gambar Pahami 5 Cara Menghilangkan Gelisah Berikut Ini

Pahami 5 Cara Menghilangkan Gelisah Berikut Ini

Gelisah, atau anxious, yang belakangan sering disebut-sebut sebagai gangguan kesehatan mental yang menimpa banyak orang, terutama milenial itu sempat jadi trending topic karena banyak banget dari kita yang ngerasa relate. Jadi, kayanya penting ya buat kita buat pahami cara-cara menghilangkan gelisah, alias anxious.  

Kalau enggak kita atasi, kecenderungan buat ngerasa gelisah itu bisa ngaruh ke mana-mana loh. Bahkan, sebagian ada yang bisa sampai nyerang fisik juga.

Mau tahu kemungkinan apa aja yang bisa terjadi sama kita kalau kita enggak menangani anxiety dengan baik? Minpow jelasin satu-satu nih ya:

Akibat Anxiety yang Diabaikan

1. Panic Attack 

Panic attack itu kondisi tubuh di mana kita suhunya menurun drastis, bahkan kulit kita juga sampai dingin.

Muncul keringat berlebih, detak jantung berpacu dengan kencang dan parahnya hal itu bisa berlangsung selama beberapa menit non stop. 

Kebayang, kan, serem nya kaya gimana? Makannya, sebelum dia jadi merembet kemana-mana, kita mesti tanggap waktu mengatasi anxiety.

Biasanya, kalau di tahap awal, dia lebih mudah buat ditanggulangi ketimbang kalau kamu biarin.

2. Serangan Jantung

Kamu gak salah baca. Kalau dibiarin, kecenderungan anxiety tuh bisa mengarah ke serangan jantung dan menyebabkan kematian.

Minpow jamin, enggak ada satu pun dari kita yang pengen hal ini sampai terjadi. Selama kamu enggak lalai, harusnya ini enggak bakal sampai menimpa kamu sih.

Nah, meski gejalanya tuh kaya ringan, gelisah biasa, mulai sekarang kita belajar supaya enggak nyepelein gangguan satu ini yuk.

Karena sebenernya anxiety tuh sama sekali enggak ringan. Jangan dikira gangguan yang berkaitan dengan psikis dan enggak keliatan nyerang fisik tuh enggak bahaya, justru sebaliknya.

3. Kekacauan Hormon

Paham, ya, kalau tubuh kita itu kerjanya dikendalikan oleh hormon? Testosteron buat cowok dan estrogen buat kita nih cewek-cewek.

Pengabaian tindakan terhadap kecenderungan anxiety jelas bisa bikin hormone kita jadi berantakan. Emang, apa yang bakal terjadi kalau hormon kita enggak lancar, Minpow?

Jadwal haid kita jadi enggak teratur, mood berantakan, bisa muncul jerawat dan bisa ngaruh ke reproduksi juga untuk level ekstremnya.

Minpow dari tadi berusaha ngasih kamu kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa diakibatin sama kecenderungan anxiety ini dengan harapan kamu jadi sadar bahwa ini tuh persoalan yang serius banget loh.

4. Insomnia

Pernah denger soal insomnia? Alias gangguan tidur? Biasanya, insomnia tuh dipicu oleh gangguan pikiran.

Kalau lagi banyak masalah, banyak tugas, diputusin pacar, wajar banget tuh ujungnya kita jadi insomnia. Niat mau tidur, scrolling hape-hape, tahu-tahu udah jam 5 pagi. 

Sekali dua kali enggak bakal berasa tuh. Tapi kalau udah jadi rutinitas, selain bakal ganggu jam tidur, dia juga bisa ngaruh ke kesehatan fisik kamu.

Hubungannya sama anxiety? Dia bisa jadi salah satu pemicu kamu jadi insomnia. Gak mau ngalamin insomnia, ya berarti kita harus atasi anxiety dulu.

Duh, Minpow bahas gitu aja udah serem banget ngebayangin semua yang mungkin terjadi gara-gara kita mengabaikan kecenderungan merasa gelisah, atau anxious.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Selanjutnya, kita bahas yuk cara menghilangkan gelisah tuh gimana sih? Harus ngapain aja?

Karena Minpow enggak berkapasitas buat jelasin sama kamu soal cara menghilangkan gelisah, Minpow comot informasi dari WHO aja, ya. Ini dia:

Cara Menghilangkan Gelisah

1. Grounding

Waktu kamu berasa mulai diserang anxiety, hal pertama yang bisa kita lakukan sebagai cara menghilangkan gelisah ada dengan melakukan grounding.

Itu tuh metode buat nenangin pikiran yang semula kemana-mana, jadi fokus ke diri sendiri, ke momen saat ini. Caranya gimana, Minpow?

Kamu bisa mulai perhatiin napas kamu, bisa dengan rasain udara dan angin di sekeliling kamu. Terus, kamu juga bisa cek degup jantung kamu.

Amati ritmenya. Dengan ngelakuin itu semua, pikiran kamu yang awalnya riuh banget bisa jadi sepi, fokus ke satu hal aja: yaitu diri kamu dan sekeliling kamu. 

2. Meeting On Your Values

Ini adalah soal konsep diri, gimana kamu memandang diri kamu, gimana kamu memelihara nilai-nilai, prinsip-prinsip.

Saat kamu berinteraksi sama orang, pacaran, misalnya, kamu tentu bakal komunikasiin kamu punya value ke orang itu, dong?

Nah, salah satu cara menghilangkan gelisah adalah dengan nyari orang-orang yang punya nilai dan prinsip yang sama dengan kamu.

Kalau mereka enggak memandang hal-hal dari sudut pandang yang sama dengan kamu, kamu bakal jadi stress dan itu bisa memicu kegelisahan.

Sebelum cari orang-orangnya, pastiin dulu kamu udah tahu konsep diri, nilai dan prinsip kamu, ya.

3. Engaging

Tahu kan kalau manusia itu adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi? Nah, kalau kita enggak berinteraksi, kita enggak bakal memenuhi kebutuhan kita untuk engage sama orang.

Untuk terhubung. Untuk yakin bahwa kita tuh merupakan bagian dari sesuatu.

Perasaan semacam itu, meski kayanya sederhana, sebetulnya bisa ngebantu banget buat kita jadiin sebagai cara menghilangkan gelisah.

Karena, kita jadi punya nilai yang lebih berharga waktu menilai diri sendiri.

4. Detach

Detach adalah upaya yang bisa kita lakuin supaya enggak terlalu bergantung sama seseorang secara emosi.

Dia tuh lawan kata dari attach, alias kondisi di mana kita gak bisa bersikap mandiri dalam ngontrol perasaan.

Inget, ya, waktu kita berhubungan sama manusia, kita tuh berhubungan sama makhluk hidup.

Artinya apa, Min? Yang namanya makhluk hidup, mereka tuh mungkin banget berubah-ubah, termasuk soal perasaan mereka ke kamu.

Jadi, kalau hari ini pasanganmu cinta mati sama kamu, bukan berarti besok perasaannya masih sama. Bukan nakut-nakutin, nih, tapi realistis. 

5. Being Kind

Berbuat baik! Kebaikan, apapun bentuknya, bisa Minpow jamin bakal bikin kamu bahagia dan bisa kita jadiin sebagai salah satu cara menghilangkan gelisah.

Sebenernya, semua jurus, tips, sampai cara menghilangkan gelisah tuh gak bakal ampuh kalau di dalam hati kamu masih memelihara keburukan.

Keburukan kaya apa? Iri dengki, misalnya. Atau prasangka buruk. Makannya, Minpow masukin saran buat berbaik ke dalam cara- cara menghilangkan gelisah.

Jangan cuma mentok di teori, tapi praktekkin ya. Alias jadi orang baik beneran. 

Itu dia cara-cara menghilangkan gelisah yang bisa Minpow bagiin buat kamu.

Kalau urusan rambut biar selalu rapi dan tertata dengan halus, anti kusut, Minpow cuma bakal bagiin satu jurus, yaitu Jedai Haircules by DeClip, yang merupakan titisan dewa Hercules. Anti patah, paling laris, dan paling viral! Udah approved juga by Shopee.

Yang tergila-gila sama Jedai Haircules tuh sampai sekelas Tasya Farasya dan Raisa, mereka punya warna jedai sendiri-sendiri. Dua-duanya juga udah pernah nguji kekuatannya, mulai dari ngegilas pakai Alphard sampai bekuin jedainya di es batu raksasa? Berhasil? No! Yuk, waktunya kamu buktiin sendiri kekuatan Jedai Haircules by DeClip!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *