Declip

Gambar Cara Mudah Untuk Dapat Cuan Dengan Affiliate Marketing Intip Cara Kerjanya Yuk

Cara Mudah Untuk Dapat Cuan Dengan Affiliate Marketing, Intip Cara Kerjanya Yuk!

Sudah sering mendengar istilah affiliate marketing kan? Strategi pemasaran ini sedang naik daun karena dengan mudah seorang pebisnis bisa meraup keuntungan yang besar. Hanya dengan mempromosikan sebuah produk kamu bisa mendapatkan komisi yang berlimpah. Untuk penentuan komisi yang didapat juga beragam.

Ada yang bisa mendapat komisi dengan berapa banyak produk yang sudah terjual, berapa banyak landing page yang di klik, leads, dan download aplikasi.

Sudah banyak brand besar yang membuka program khusus untuk affiliate marketing karena selain peminatnya yang banyak, keuntungan yang diperoleh dari link yang dipromosikan juga banyak.

Siapapun bisa memulai melakukan affiliate marketing. Jika kamu punya followers yang sedikit, jangan khawatir kamu juga bisa memulai melakukan program ini lho!

Apa saja yang kamu butuhkan untuk melakukan affiliate marketing? Cukup dengan kamu punya handphone dan jaringan internet yang stabil, kamu sudah bisa melakukannya. Simple banget kan? Nah buat kamu yang penasaran sama cara kerjanya, Minpow bakal jelasin nih! Simak ya!

Cara kerja affiliate marketing

1. Daftar Program Affiliate Marketing

Langkah pertama yang kamu harus lakukan apabila kamu mau jadi affiliator, mendaftar program affiliate marketing sebuah brand atau perusahaan. Kamu bisa mencari keyword affiliate marketing sebuah brand di Google, lalu kamu akan diarahkan ke website khusus untuk daftar menjadi program affiliate marketing.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan link affiliasi yang memiliki ID affiliate yang berfungsi mencatat transaksi yang berasal dari ID tersebut. Komisi yang kamu akan dapatkan juga akan dikirimkan ke ID tersebut.

2. Membagikan Link Affiliasi

Setelah kamu mendapatkan link affiliasi tersebut, kamu bisa mempromosikan linknya melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Jika kamu banyak melihat influencer yang berseliweran di Instagram story atau FYP TikTok kamu, dengan link produk outfit yang dipakai atau barang yang digunakan, berarti mereka mengikuti program affiliate marketing.

3. Pelanggan yang Klik dan Membeli Produknya

Setelah membagikan link produknya, pembeli akan mengklik link tersebut dan mengarahkan pada link produk di marketplace lalu melakukan pembelian. Transaksi yang sudah dilakukan akan masuk dan tercatat oleh jaringan afiliasi yang kamu bagikan.

4. Pembelian yang Dilakukan Akan Dikonfirmasi Oleh Penjual

Setelah pembelian dilakukan, maka pesanan akan masuk dan dikonfirmasi oleh penjual. Setelah itu produk yang dibeli akan siap untuk dikirimkan pada pembeli.

5. Mendapatkan Komisi

Jika pembeli sudah menerima barang, dan ada keterangan “Pesanan diterima” artinya kamu sudah bisa mendapatkan komisi dari program affiliasi yang sudah kamu lakukan. Komisi yang kamu dapat juga berbeda-beda.

Ada yang bisa mendapatkan 5% per produk atau hingga 20% per produk tergantung dengan program affiliate marketing brand atau perusahaan yang kamu ikuti.

Komisi bisa dicairkan dengan cara brand atau perusahaan akan mentransferkan komisi pada rekening pribadi kamu. Minimal komisi yang dicairkan juga beragam, misalnya kamu harus memperoleh komisi Rp 10.000 – Rp 20.000 baru komisi bisa dicarikan.

Contoh Program Affiliate Marketing

Nah buat kamu yang sedang cari program affiliate, Minpow kasih tau program affiliate yang bisa kamu ikuti di Indonesia juga sudah banyak. Seperti Shopee affiliate, Tokopedia affiliate, TikTok shop affiliate, Bukalapak affiliate, Lazada affiliate, Blibli affiliate, dan Amazon affiliate.

Itu dia cara kerja affiliate marketing dan contoh program yang bisa kamu ikuti. Affiliate marketing ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Kapan lagi melakukan bisnis yang tidak perlu menggunakan modal banyak, hanya membuat konten saja bisa dapat komisi yang besar? Tidak lupa untuk sabar dan tekun dalam melakukannya ya! Selamat mencoba!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *