Declip

Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

5 Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Declip.id | Selama ini ada yang suka masak pakai minyak zaitun? Atau nyari skin-care yang ada kandungan minyak zaitunnya? Di artikel kali ini, Minpow bakal kasih tahu cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut. Udah kaya tanaman ajaib, minyak zaitun ini emang ada banyak banget manfaatnya. 

Kalau biasanya minyak lain tuh diekstrak dari biji buah-buahan atau sayur-sayuran, minyak zaitun diolah dari ekstrak buah olive, atau zaitun. Dari zaman dulu, khasiat zaitun memang dipercaya baik buat ngatasin permasalahan kesehatan dan kecantikan.

Kenapa bisa dianggap buah ajaib? Karena zaitun itu mengandung asam lemak, omega 6, vit. E dan K, zat besi, antioksidan fenolik, dan asam oleat. Manfaat masing-masing kandungan bakal Minpow jelasin lebih lanjut nanti pas ngejabarin cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut, ya.

Contoh, nih, as we know, vitamin E itu ampuh buat nyuburin kulit kepala, sehingga rambut bisa tumbuh lebih lebat dan sehat. Kalau rambut kamu rapuh dan rusak, vitamin E juga bisa memperbaiki kutikula sehingga rambut kamu bisa tumbuh lebih sehat dan bercahaya. 

Terus cara pakenya gimana? Diolesin di kulit kepala terus dijadiin masker juga bisa. Jangan lupa diamkan selama dua jam. Penjelasan spesifiknya bisa kamu simak di bawah ini, ya:

5 Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Sebelum Shampo-an

Cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut yang pertama adalah dengan mengoleskannya sebelum kamu shampoan. Emang harus? Harus banget. Biar rambut kamu gak kering dan mengembang. 

Kadang, ada loh shampoo tertentu yang kandungan kimianya tinggi banget. Saking tingginya, kandungan kimia di dalam shampoo sampe bisa ngerusak rambut. Serem gak sih kalau gara-gara shampoo-an doang rambut kita sampe jadi kering dan mengembang, patah dan bercabang.

Nah, ada istilah pre-wash treatment, alias perawatan sebelum keramas. Dengan mengolesi rambut pake minyak zaitun sebelum keramas, rambut kita jadi terlindung dari semua kandungan kimia yang berpotensi merusak. Shampoo apapun yang kamu pake, rambut kamu gak bakal kering dan mengembang.

Tapi jangan olesin minyak zaitun pas rambut kamu masih kering, ya. Basahin dulu baru deh kamu olesin minyak zaitun. Abis itu diamkan selama 30-40 menit. Pake shower cap aja biar kamu bisa sambil ngapa-ngapain. Baru deh kamu keramas.

Jadiin Masker

Masker rambut bisa dikategorikan sebagai cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut yang kedua. Kamu bisa panasin minyak zaitunnya di microwave sebelum kamu olesin ke rambut, atau campurin dengan air panas. Cara manapun yang kamu pilih, selanjutnya kamu harus balut rambut kamu dengan handuk hangat.

Setelah dibalut rambut hangat, kamu boleh mendiamkan balutan itu selama tiga jam, atau bahkan semalam full juga gak papa. Lebih bagus malah. Dijamin minyak zaitunnya bakal menyerap ke tiap helai rambut dan kulit kepala.

Perawatan masker rambut pake minyak zaitun bakal bikin rambut lebih kokoh, gak gampang patah, lembab tapi gak berminyak, sekaligus bercahaya. Lakuin ini seminggu sekali buat kamu yang kerusakannya udah parah banget ya.

Sebagai Heat Protector 

Siapa yang rajin meluruskan rambut pake alat styling? Catokan? Pengeriting? Hairdryer? Semua alat meluruskan atau styling itu udah pasti bikin rambut kering dan mengembang. Makannya, kita juga butuh heat protector alias pelindung dari paparan panas elektrik. 

Digunakan sebagai heat protector adalah cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut yang ketiga. Nah, khusus heat protector, kamu gak bisa pakai minyak zaitun alami karena dia harus dibilas. Sementara heat protector tuh diterapkan sebelum penggunaan alat styling. 

Makannya, Minpow nyaranin kamu buat pake salah satu produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun sebagai heat protector sebelum kamu meluruskan atau ngelakuin hair styling.

Tapi, meski demikian, tetep kudu water based, ya. Atau yang bahan dasarnya air. Biar rambut kamu jadi gak mengandung minyak berlebih. Pakenya juga gak usah banyak-banyak, 2-3 tetes cukup sebelum kamu meluruskan rambut. Tunggu kering, baru deh kamu boleh pake hair styling kamu. 

Basmi Minyak Berlebih

Khusus buat kamu yang di kulit kepalanya ada minyak berlebih, kamu bisa bikin adonan yang bisa ngembaliin kadar minyak berlebih yang menganggu kesehatan rambut. Apa aja yang kamu butuhin? Cuma dengan minyak zaitun, garam laut, sama jeruk nipis, kamu udah bisa nerapin cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut ke-4. 

Caranya, kamu ambil mangkuk kecil terus kamu tuangin deh minyak zaitun secukupnya. Terus, kamu tabur garam laut dan perasan jeruk nipis. Kamu aduk rata, kemudian kamu oleskan adonannya ke kulit kepala kamu secara merata.

Terakhir, kamu wajib mendiamkan adonan itu di kulit kepala selama 30-40 menit supaya minyak berlebih di kulit kepala kamu bisa terserap. Lakukan perawatan ini secara berulang dan ulangi selama 4 kali dalam satu bulan. 

Pelindung Kulit

Kadang, alat styling kita melukai kulit kepala. Bisa telinga, bisa kening, atau bahkan jari. Panasnya bukan main! Nah, minyak zaitun ini selain sebagai vitamin dan pelindung untuk rambut, juga ampuh untuk melindungi dan mengobati luka bakar di kulit.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kamu cuma perlu buru-buru olesin bagian kulit yang terbakar menggunakan minyak zaitun. Itu tuh cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut yang terakhir. Gak usah banyak-banyak, kemudian tunggu sampai minyaknya menyerap dan beraksi untuk mengobati kulit yang terpapar.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa kita oles ke area kulit yang berpeluang terkena obat bleaching. Saking kerasnya, obat bleaching tuh bisa membakar kulit loh. Makannya, kalau kita lagi cat rambut, di area tertentu yang berpeluang kena cat bleaching bisa kita olesi dengan minyak zaitun sebagai pelindung.

Itu tadi cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut ala Minpow. Kalau minyak zaitun ampuh melindungi rambut indah kamu dari kerusakan, Jedai Haircules Minpow terbukti ampuh ngelindungin rambut kamu biar gak kusut. Bukan cuma biar gak kusut, tapi juga bisa jadi accessories rambut yang kece badai. 

Kalau kamu lihat di catalog Minpow, total ada 35 warna jedai yang bisa kamu pilih buat nemenin gaya berpakaian sehari-hari. Dijamin awet, gak bakal rusak, karena bahan dan materialnya dikurasi menggunakan pilihan terbaik! Ajaibnya, meski demikian, harganya tetap terjangkau.

Udah dilindes pakai alphardnya Tasya Farsya sampai dibekuin Raisa di dalam kotak es, Jedai Haircules Minpow masih tetep tahan banting dan sama sekali gak rusak. Masih bisa dipake. Apalagi kalau cuma kedudukin atau keinjek sama kamu? 

Yuk, buruan borong dan jangan lupa check out, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!