Declip

Penting! Biasakan Cek Barcode Skincare Sebelum Membeli

Penting! Biasakan Cek Barcode Skincare Sebelum Membeli

cek barcode skincare – Declip.id | Hari gini, popularitas skincare udah nandingin nasi, ya. Sehari 3 kali kita gak pernah kelewat. Minpow ngerti sih glowing udah bergeser jadi kebutuhan primer dan merupakan hak setiap penduduk bangsa dan negara. Tapi, siapa aja yang selama ini rajin ngecek barcode skincare sebelum beli? Fatal tuh!

Atau ada kamu yang malah jadi roaming dan enggak ngerti barcode itu apa? Kenapa kita sebaiknya cek barcode skincare sebelum melakukan pembelian? Oke, Minpow kasih tahu ya. Barcode adalah kode palang, kode palang panjang atau kode bar yang isinya data optik buat discan mesin.

Inget kan kamu tiap belanja apa aja di toko, Mbak atau Mas pramuniaga di kasir biasa scan produk yang kamu beli ke mesin pas kamu lagi bayar? Itu dia lagi cek barcode skincare. Meski terkesan acak, barcode ini sebenernya penting banget dan nampilin informasi yang nggak bisa kamu abaikan.

Misal, kamu pengen tahu kalau skin care kamu itu asli atau palsu, bisa banget cek di barcode, atau kemasan produk. Cara ngeceknya gimana? Pake website atau aplikasi apa? Nanti Minpow kasih tahu. Baca artikel selangkapnya, ya!

Sebelum cek barcode skincare kamu buat tahu produknya asli atau palsu, Minpow infoin dulu nih nih ya informasi apa aja yang ada di sebuah barcode:

3 Elemen Utama yang Ada di Barcode 

  1. Kode Negara

Coba kamu perhatiin deh barcode produk kamu. Di bawah garis bar, kamu nemuin angka, kan? Nah. 3 angka pertama itu merupakan kode negara tempat produk pertama kali dibuat. Kode tiap negara beda-beda. Indonesia sendiri kodenya 8-99. 

BACA JUGA : 5 Bahan Kimia di Skincare untuk Menghilangkan Whitehead

  1. Kode Perusahaan

Deretan angka selanjutnya merupakan kode perusahaan. Dia isinya 6 digit. Kenapa kode perusahaan penting buat dicantumin, itu karena supaya pelacakan lebih gampang, kalau-kalau ada produk yang bermasalah. Kita bisa ngelacak produsennya pake 6 digit angka ini.

  1. Kode Produk

Nah, udah ada kode negara, kode perusahaan, tiga digit selanjutnya adalah kode produk. Tahu dong kamu kalau tiap perusahaan itu pasti punya produk yang jumlahnya ribuan, atau bahkan puluhan dan ratusan ribu. 3 angka ini ngebantu kita mengkategorikannya sesuai kebutuhan.

Bisa gak sih kamu cek keaslian produk pake angka yang ada di bawah bar? Bisa banget! Minpow kasih tahu list website dan aplikasi apa aja yang bisa bantu kamu cek barcode skincare kamu itu asli atau nggak, ya!

4 Website & Aplikasi Buat Cek Barcode Skincare Kamu Asli atau Palsu

  1. Upcitemdb

Kamu bisa cek keaslian produk kamu secara universial, dengan skala internasional di website https://www.upcitemdb.com/. Kamu tinggal masukin aja sederetan angka yang Minpow kasih tahu tadi ada di bawah deretan baris barcode. Bukan cuma produk buatan lokal yang bisa kamu cek, tapi produk internasional juga.

  1. BPOM

Kalau kamu pengen ngecek pake website local buat cari tahu skincare kamu itu asli atau palsu, kamu bisa akses BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI. Webistenya bisa kamu akses di sini: https://cekbpom.pom.go.id/ Kamu tinggal perlu masukin nomor registrasi yang ada di kemasan.

  1. QR Code (Quick Response) 

Ini mungkin udah sering kamu denger dan kamu coba, ya? QR Code adalah sebuah simbol yang memungkinkan kamu untuk memeriksa apakah produk kamu asli atau palsu. QR Code itu simbol random yang bentuknya mirip sekumpulan semut warna item.

Kalau produknya orisinil, setelah kamu scan itu bakal muncul keterangan produknya, di mana dia dibuat, kapan dan informasi lainnya. Kalau setelah kamu scan tapi gak muncul apa-apa, fix produk kamu palsu. 

  1. Hidden Tag

Kalau kamu lebih nyaman ngecek keaslian produk di aplikasi, daripada website, kamu bisa download aplikasi namanya Hidden Tag. Aplikasi ini menyediakan scanner yang bisa kamu arahin ke barcode skincare kamu, itu cara cek barcode skincare kamu asli atau enggak.

Kalau dia merupakan produk asli, dia bakal kasih liat informasi lengkap soal produk skincare kamu. Tapi, kalau setelah discan tetep nggak muncul apa-apa, kemungkinan produk skincare kamu itu palsu. Kalau udah tahu palsu, kamu harus gimana? Lapor ke BPOM! Gimana caranya? Minpow kasih tahu abis ini!

3 Cara Ngelaporin Produk Palsu ke BPOM

Nggak usah panik dulu! Selain buat ngecek barcode skincare kamu asli atau palsu, Indonesia juga punya lembaga khusus yang bisa menangani penyebaran produk palsu di masyarakat. Yaitu BPOM tadi. Lembaga pemerintah satu itu emang paling bisa dipercaya.

Sebagai konsumen, kita wajib berkontribusi buat ngelaporin kalau kita lagi apes dapat produk palsu. Tujuannya biar temen-temen kita enggak ngalamin hal apes yang sama. Ini dia caranya:

  1. Buka website resmi BPOM

Sama dengan waktu kamu ngecek keaslian skincare kamu di BPOM, kalau kamu mau ngelaporin produk palsu juga kamu tinggal masukin website yang sama: https://cekbpom.pom.go.id/ Nanti di home page, kamu pilih bagian LINK.

  1. Pengaduan

Setelah kamu klik LINK, kamu bakal dibawa ke website BPOM yang lain yang lebih lengkap. Di area header bakal ada pilihan PROFILE, BERITA, DAFTAR PRODUK, LAYANAN ONLINE, LAPORAN, PPID, PERATURAN/JDIH, BALAI dan PENGADUAN. Kamu pilih yang terakhir itu ya: PENGADUAN

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Isi form

Di section PENGADUAN, kamu bakal diminta isi form yang nyantumin nama produk, nomor barcode, nomor registrasi dan masih banyak lain. Informasi soal toko tempat kamu beli produk skincare kamu juga penting buat dicantumin.

Kalau kamu ada foto, itu bakal semakin mendukung pengaduan kamu dan tindakan bantuan juga bisa lebih cepat. Semakin lengkap data kamu, semakin cepet pihak BPOM mengeksekusi para kawanan penipu yang udah malsuin barang skincare kamu.

Anyway semua informasi di atas yang tergabung dalam cek barcode skincare asli apa palsu itu nggak Cuma soal skincare atau kosmetik, ya. Tapi bisa produk apa aja. Karena, selama ini yang dipalsuin bukan cuma skincare atau kosmetik. Tapi juga ada makanan, peralatan dan masih banyak lagi.

Makannya, jadi penting kan buat selalu cek barcode skincare kamu. Daripada nanti muka kamu bukannya cantik, malah jadi nggak karuan. 

Artikel di atas yang ngomongin soal barang-barang palsu emang bikin parno, tapi Minpow gak mau kamu khawatir kalau kamu belanja di DeClip.id, ya. Minpow bisa jamin kalau semua barang di Declip.id itu semuanya orisinil, alias produk asli, barang baru, belum pernah digaransi dan anti cacat.

Bukan cuma itu, semua produk juga tahan banting. Udah dilindes motor, mobil, diblender, dibakar, dibekuin sama es, produk dari DeClip.ID sama sekali enggak hancur. Produk apa lagi yang bisa se-strong Jedai Haircules-nya Minpow coba? Kasih tahu Minpow kalau ada!

Selain strong, Jedai Haircules Minpow juga punya banyak pilihan warna. Total ada 32 warna yang bisa kamu mix and match-in sama baju dan penampilan kamu sehari-hari. Cuss buruan cek catalog Minpow dan bawa pulang jedai inceran kamu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!