Declip

Gambar 5 Contoh Gaslighting dalam Hubungan Kamu Harus Waspada

5 Contoh Gaslighting dalam Hubungan, Kamu Harus Waspada!

Contoh Gaslighting dalam Hubungan – Declip.id | Punya hubungan sehat itu emang gak gampang, tapi bukan berarti kita harus nyerah buat membangunnya.

Butuh waktu, kemauan dari kedua belah pihak, konsistensi yang mutual dan masih banyak lagi. Inget, harus mutual, ya.

Karena kalau cuma salah seorang doang yang usaha bikin hubungannya sehat, sementara yang satu lagi enggak, hubungannya bakal jadi timpang.

Kalau hubungannya timpang, emang kenapa? Itu bakal lebih parah! Udah toksik, draining pula. Duhhhh. Makannya, kalau pacaran itu, pastiin pasangan kita emang mau effort dan mau sama-sama berjuang bareng kita.

Itu tuh udah kaya syarat dasar dalam cari pacar aja. Mau sekeren apapun, kalau gak mau investasi dalam hubungannya dengan kita, buat apa? 

Jangan tergoda dengan hal-hal yang ada di permukaan, misal tampang + body kece, atau angka di rekening yang berderet dari Pancoran sampai Depok.

Sebelum pacaran, kamu wajib obrolin hal-hal esensial tadi. Kamu harus cari tahu dia tuh kalau marah gimana, sih?

Orangnya bisa komunikasiin hal-hal sensitive atau milih buat cari aman aja? Terus, suka gaslight gak? Gaslight apa?

Nanti Minpow bahas contoh gaslighting dalam hubungan.

Karena hubungan tanpa masalah itu gak ada. Cuma di dongeng-dongeng Disney kamu liat pangeran sama putri nikah terus bahagia selamanya.

Di kehidupan nyata, kamu perlu berurusan dengan mertua, adik dan kakak pasangan, urusan KPR, pilihan pola mengasuh anak dan masih banyak lagi.

Buat bisa naklukin semua tantangan itu, kamu wajib tahu dulu contoh hal yang sepele kaya gaslighting dalam hubungan.

Kalau ngomongin hal dasar aja sering diulur, cenderung dihindari, gimana kalian mau ngomongin hal penting lainnya kalau nanti kalian udah nikah?

Dari sekian banyak jenis-jenis hubungan yang toksik, salah satu yang paling berbahaya adalah adanya kebiasaan gaslighting di dalam hubungan. 

Apa itu Gaslighting?

Gaslighting itu apa, sih, Minpow?

Minpow comot dari website https://www.verywellmind.com/, gaslighting tuh waktu kita dimanipulasi sama seseorang dengan tujuan supaya dia jadi bisa ngontrol kita.

Biasanya, waktu nge-gaslight kita, dia bisa bikin kita jadi mempertanyakan kewarasan pikiran kita sendiri. Serem banget!

Sejarah Gaslighting

Terus, kok namanya gaslight?

Jadi, dulu, tuh tahun 1938 ada pentas teater di Amerika yang dibuat sama Patrick Hamilton, terus beberapa tahun kemudian dibuat film sama Alfred Hitchcock.

Ceritanya tentang istri yang digas-light sama suaminya sampai lumpuh secara pikiran dan mental. Gaslighting tuh emang beneran seserem itu, gengs! Apa aja sih contoh gaslighting? Ini dia: 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Contoh Gaslighting dalam Hubungan

1. Lebay, deh!

Sering dikata-katain drama queen? Kamu berhak marah tuh. Karena, itu tuh salah satu contoh gaslighting dalam hubungan.

Lebih dari itu, dibilang lebay atau drama queen juga berbahaya banget, karena itu tuh artinya emosi atau perasaan kamu diblokir, jadi enggak tercurahkan. Enggak tersalurkan.

Selain kesedihan kamu bisa meledak jadi kemarahan di dalam diri sendiri, kamu juga bakal ngerasa kesepian karena enggak didengerin dan enggak dimengerti.

Makannya, mencurahkan perasaan tuh penting banget. Dan didengerin juga sama pentingnya. 

Lain kali kamu dibilangin drama, atau lebay, kamu mesti berani tegas buat sampein opini kamu. Kalau masih diabaikan juga, kamu boleh tinggalin aja dan prioritasin kedamaian dan kebahagiaan kamu.  

2. Orang Pada Gak Suka Sama Kamu

Lagi sibuk nyeramahin kamu, terus pasangan kamu tiba-tiba bilang kalau bukan cuma dia, tapi orang lain juga banyak yang gak suka sama kamu.

Kenapa dia bilang gitu? Supaya bikin kamu jadi mikir kalau jangan-jangan selama ini tuh semua peristiwa yang terjadi gara-gara kamu. Jangan-jangan kamu yang emang bermasalah.

Kalau ini terjadi sama kamu, please jangan percaya, ya. Karena itu artinya kamu lagi ngalamin gaslight. Itu tuh contoh gaslighting dalam hubungan.

Kalau pasangan beneran sama kamu, dia enggak bakal bilang gitu, tapi dia bakal dengan sabar memperbaiki kamu, bukan cuma malah nyalahin doang. 

Salah satu akibat yang paling berbahaya dari fenomena gaslighting adalah si korban jadi enggak punya rasa percaya diri, jadi mempertanyakan hampir semua hal dan enggak punya kemampuan untuk membela diri.

Kalau ini udah sampai terjadi, buat memulihkannya itu lumayan pe’er banget. 

3. Ingatan Lo Payah Banget, Sih!

Waktu kita nyampein kalau kita keberatan dengan beberapa perlakuan pasangan, dia malah ngelak dan bilang kita mengada-ada?

Lebih parahnya lagi, dia bilang kalau ingatan kita payah? Terus, kamu jadi mikir deh yang bener yang mana?

Kamu yang emang salah mengingat peristiwanya, atau si pasangan kamu yang enggak mau ngaku?

Ini jelas contoh gaslighting dalam hubungan. Biasanya, pasangan yang suka nge-gaslight itu susah banget nerima kalau dirinya itu kadang bisa aja bikin khilaf.

Makannya, ketimbang ngaku salah dan memperbaiki sikapnya, dia mutusin buat memutar balikan fakta dan bilang kalau kamu yang mengada-ada. 

Sebelum keadaan jadi bertambah lebih buruk, yuk, kabur dari hubungan toksik!

4. Enggak Gitu Kejadiannya

Mirip dengan nomor 3, ini juga biasanya dibilang sama si tukang gaslight waktu lagi manipulasi kamu.

Kejadian yang sebenernya dia ubah dan secara enggak langsung bilang kalau kita tuh mengada-ada, karena kejadian yang kita sampein berbeda dengan realitas. 

Kalau di nomor 3 Minpow nyaranin kamu buat ninggalin hubungan toksik,  Minpow juga mau bilang kalau kita bisa aja stay di hubungan yang toksik dan berisi gaslight selama kamu punya power.

Selama kamu enggak jadinya tertindas dan gak bahagia.

Emang bisa ya Minpow stay di hubungan toksik dan sekaligus bahagia? Bisa banget, kalau kamu bisa bangun shield pribadi, jadi si pasangan gak bisa ngelukain kamu.

Apapun yang dia bilang dan dia lakuin sama kita gak bakal memengaruhi kebahagiaan dan kedamaian kita.

5. Kan, Kamu Tahu Aku Gimana

Ini juga contoh gaslighting dalam hubungan, waktu dia maksa kita buat tolerir semua perlakuan buruk atau perkataan menyakitkan yang mereka lakuin ke kita.

Seolah-olah Cuma itu yang penting. Perasaan kamu, pendapat kamu, kebahagiaan kamu tuh ga penting dibandingin dia. 

Jangan terkecoh! Meski disampein dengan nada yang hangat dan menyenangkan, kalimat ini juga termasuk contoh gaslighting dalam hubungan.

Kita tetep harus bisa tegas dan membela diri sendiri waktu ngadepin pelaku gaslight. 

Itu dia contoh-contoh gaslighting dalam hubungan yang sebaiknya kita sadari. Setelah sadar, kita jadi bisa nyiapin diri gimana harus bersikap ke depannya.

Kamu mau putusin, atau mau stay dan tetep berdaya di dalam hubungan. Kalau kamu mau rapiin rambut, Minpow cuma bisa kasih satu solusinya, yaitu Jedai Haircules by DeClip! 

Jedai titisan dewa Hercules itu ada 35 warna, ditambah 4 warna glitter kalau kamu butuh jedai versi lebih mewah buat dipake ke kondangan. Gak usah khawatir rusak karena udah pernah digilas alphardnya Tasya Farasya aja dia masih utuh, gak kegores sedikit pun. Di catalog Minpow, kamu bisa nemuin yang gigi 3 dan gigi 5, ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Cuss check out! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!