Declip

Gambar 5 Contoh Overthinking dalam Berpacaran

5 Contoh Overthinking dalam Berpacaran

Contoh Overthinking – Declip.id | Overthinking tuh artinya bukan waktu kamu ngabisin berjam-jam buat milih mau makan siang seblak atau siomay.

Amy Morin, penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do nulis di website https://www.inc.com/amy-morin/ dan bilang kalau overthinking tuh berkaitan banget sama permasalahan mental dan psikologis.

Sementara dilemma kamu soal seblak atau siomay tadi paling cuma ngaruh ke prut doang.

Bukan berarti Minpow berniat neyelepein masalah kamu, ya, tapi contoh overthinking tuh gak sesederhana milih seblak atau siomay buat makan siang.

Lebih ke kaya: kalau gue ambil keputusan yang berbeda di masa lalu, kira-kira hidup gue sekarang lebih baik enggak ya? Nah loh. 

Pertanyaan itu kemudian ngendap di kepala kamu, berjam-jam, berhari-hari, sampe kamu sendiri pusing. Padahal, sebenernya kita kan gak pernah punya peluang buat balik ke masa lalu buat ngambil keputusan yang berbeda?

Jadi, buat apa dipikirin? Apa gunanya?

Lebih parah lagu, saat udah tahu gak ada gunanya, otak kita gak berhenti tuh mikirin pertanyaan-pertanyaan kaya gitu.

Sampe ganggu ke hubungan, sampe ganggu ke kerjaan, sampe kemana-mana. Bahaya, kan?

Sekarang, kamu mungkin kepo, kalau contoh overthinking lainnya tuh gimana sih Minpow? Dalam pacaran, misalnya. Ok, kita bahas satu-satu, ya.

Contoh Overthinking 

1. “Dia Kayanya Ilfeel, deh, sama gue.”

Pernah gak sih habis kencan sama orang yang kamu suka banget, terus si dia gak ada kabar. Gak ngabarin, gak ngasih pendapatnya soal kencan kalian, gak nanyain kabar kamu juga.

Terus, secara enteng, kamu tiba-tiba narik kesimpulan, kalau dia ilfeel sama kamu.

Gak berhenti di situ, kamu juga nganalisa tiap detik kencan kalian. Baju apa yang kamu pake? Norak, gak, ya? Tiap omongan yang kamu sampein mulai kamu pikirin ulang.

Apa jangan-jangan dia kesinggung? Nah, itu tuh contoh overthinking kalau kamu lagi di tahap pedekate sama gebetan.

Ngadepin hal ini tuh gimana sih kuncinya? Omongin. Kamu hubungin duluan aja. Ceritain sama dia kalau kamu begitu menikmati waktu kalian barengan.

Terus, kamu tanyain deh sama dia, dia sendiri gimana ngerasainnya? Jadi, tanpa perlu overthinking, kamu bisa langsung dapat jawabannya. 

2. “Kayanya dia selingkuh deh.”

Ini emang racun banget nih buat kalian yang sekarang lagi pacarana. Ampuh banget bikin pasangan berantem bahkan bisa sampe auto putus. Kok bisa?

Iya, karena kalau kita berpikiran pasangan kita selingkuh, tanpa benar-benar mengomunikasikannya, hal itu bisa bikin kamu jadi overthinking, terus yang ngatif mulu pula.

Kamu bakal jadi parno, bakal pengen ngecek hape pasangan, pengen tahu setiap details pergerakan dia. Itu karena kamu takut banget dibohongin atau diselingkuhin.

Makannya, sebelum itu terjadi, kamu mending bisa ngobrol baik-baik deh, Ngobrolnya kudu bahas apa?

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Sampaikan sama dia kenapa kamu mikir dia selingkuh. Apa yang bikin kamu mikir kaya gitu? Kok bisa? Kira-kira ada gak sih solusi buat kalian berdua? Masih bisa diperbaiki gak sih?

Yang jelas, pikiran kaya gitu tuh udah termasuk contoh overthinking. 

3. “Bakal Keterima Gak Nih?”

Contoh overthinking selanjutnya tuh… seudzhon! Pas lagi ngajuin beasiswa, atau ikut tes perguruan tinggii, atau ikut perlombaan tertentu, biasanya kita kudu bersaing dengan banyak banget rival.

Banyak dari mereka yang mungkin serba lebih dari kita. Jiwa alias mental insecurity kita langsung meronta nih, udah sibuk mikir, “bakal keterima gak nih?”

Padahal, meski kamu gak repot-repot mikirin itu, hasilnya bakal tetep keluar juga. Mau dipikirin atau enggak.

Sekarang Minpow tanya, kalau gitu, jadi worth it gak tuh hal tadi kamu pikirin sampe puyeng? Enggak, kan? Apakah bakal ngubah realitas? Engga juga kan?

Jadi buat apa overthinking sister? Tenang aja sambil nunggu hasilnya. Karena kamu udah berusaha, selanjutnya kamu tinggal berdoa yang cukup.

Dan mudah-mudahan hasilnya emang persis kaya yang kamu harapkan, ya.

4. “Ini gara-gara gue kurang …”

Pernah gak sih kamu ngomong kalimat di atas itu ke diri sendiri? Kurang cantik, kurang pinter, kurang anggun, kurang yang lain-lainnya.

Padahal, faktanya kamu cuma kurang paham aja kalau ini tuh bukan salah kamu. Anyway nih ya, Minpow ingetin, kalo kamu tuh gak perlu jadi sempurna untuk bisa dihargai. 

Kamu bisa jadi diri kamu sendiri dan tetap mendapat penghargaan. Kalau kamu sadar dalam diri kamu ada satu atau dua hal yang kurang, boleh kamu perbaiki supaya hidup kamu jadi lebih baik.

Tapi, bukan berarti kamu jadi berpikir kalau semua kegagalan yang kamu alami tuh gara-gara diri kamu yang serba kurang.

Mikir kalau diri kita serba kurang adalah contoh overthinking yang digabungin dengan rendahnya rasa percaya diri. Which is bisa bahaya banget itu.

Makannya, pelan-pelan coba atasi ya kepercayaan diri kamu yang rendah, biar enggak overthinking lagi. 

5. “Gak Bakal Berhasil, Nih.”

Sebelum usaha, kamu udah nge-judge kalau yang lagi kamu usahain tuh gak bakal berhasil.

Secara gak langsung, kamu juga lagi menanamkan sugesti yang kuat bahwa hal yang lagi kamu perjuangin itu gak bakal berhasil. Sayang, kan? 

Kebayang gak kamu kalau misalnya usaha kamu sebenernya ada peluang buat sukses, tapi karena ke-sugesti negative jadi gagal deh. Sedih maksimal gak sih itu?

Karena kegagalannya tuh ada di pikiran sendiri yang sebenernya masih bisa kita upayain supaya positif. Hal itu Minpow masukin ke dalam contoh overthinking yang terakhir.

Daripada gagal gara-gara sugesti sendiri, mulai sekarang mending latih yuk pikiran kita supaya enggak sampai tenggelam dalam pikiran sendiri.

Biar enggak gagal sebelum berperang. Kecuali kalau udah usaha dan pikiran kita udah fokus di keberhasilan tapi masih gagal, at least kita gak gagal sebelum usaha.

Itu dia contoh overthinking yang bisa ngancurin banyak hal dalam hidup dan keseharian kamu. Beneran seserem itu, makannya kita perlu ngatasinnya juga dengan serius nih.

Tapi kalau ngatasin rambut berantakan, Minpow cuma punya satu solusinya nih, yaitu Jedai Haircules by DeClip, yang merupakan titisan dewa Hercules. 

Maksudnya apa tuh Minpow titipan dewa Hercules? Beneran setahan banting itu! Udah pernah digilas alphardnya Tasya Farasya, dibekuin Raisa di es batu raksasa, dan dilempar dari ketinggian 30 meetr pakai drone pas dikirim ke Patricia Gouw. Ada yang berhasil ngerusakin jedainya gak? Sayangnya gak ada, karena si Jedai Haircules byDeClip ini tuh terlalu kokoh dan powerful buat diancurin!

Cek deh catalog Minpow di website ini kalau kamu mau tahu ke-39 warna jedai yang bisa kamu mix and match dengan baju sehari-hari. Butuh jedai buat dipake ke acara fancy? Pilih yang glitter edition deh, karena dia tuh mevvah bangeeeet. Bisa dipake kondangan juga. Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Check out sekarang, yuk! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!