Declip

Gambar 5 Dampak Quarter Life Crisis dan Perilaku yang Biasanya Dilakukan

5 Dampak Quarter Life Crisis dan Perilaku yang Biasanya Dilakukan

Quarter Life Crisis tuh kayanya menimpa hampir semua orang, ya? Fase di mana kita ragu, takut, khawatir dan ngerasa gak jelas soal semuanya. Biasanya, quarter life crisis tuh nyerang kita-kita yang berusia awal 20 sampai 30an. Yang gak jelas masa depannya mau dibawa kemana. Kali ini, kita bahas dampak quarter life crisis, yuk! Sejauh mana sih hal itu ngaruh ke kehidupan kita?

Sebelum kita bahas pengaruh quarter life crisis, pahami dulu yuk, cakupannya. Apa aja yang termasuk ke dalam quarter life crisis. Kok bisa ya itu sampai terjadi? Kenapa, sih? Kita bahas satu-satu, ya! Ini dia:

5 Hal yang Termasuk ke dalam Quarter Life Crisis 

  1. Anxious 

Dalam porsi wajar, anxiety atau kegelisahan itu bisa jadi sehat. Karena porsi kecil kegelisahan itu bisa bikin kita tambah semangat buat ngejar impian. Atau target.

Kalau gak ada kegelisahan sama sekali, bisa-bisa kita cuma males-malesan dan akhirnya terlena. Bukannya makin deket dengan tujuan, eh dari hari ke hari malah semakin jauh. 

Tapi, ada juga sebagian dari kita yang anxiety-nya ini dari hari ke hari semakin parah. Bukan lagi bikin semangat, tapi malah menghambat kinerja dan performa. Akhirnya apa yang terjadi? Mental breakdown.

Nah, situasi ini tuh termasuk ke dalam keadaan quarter life crisis. Tiap oang bisa beda-beda tingkat keparahannya.

Kalau udah sampe di tahap ini, apa kira-kira dampak quarter life crisis-nya? Minpow bakal bahas di section berikutnya, ya.

  1. Malas

Kamu gak punya motivasi buat ngapa-ngapain? Kadang, ada hari-hari kita mager gitu dan sebenernya gapapa.

Minpow juga sering ngalamin hari-hari kaya gitu dan Minpow buru-buru cari cara supaya semangat Minpow balik lagi. 

Tapi, kalau kebiasaan mageran ini jadi kebiasaan dan sampai bikin kamu stuck, ga ngapa-ngapain, gak bikin progress apa-apa, itu baru bahaya.

Karena itu artinya, kamu lagi ada di fase quarter life crisis. Kalau dibiarin, kamu bakal semakin mager dan semakin jauh dari cita-cita. 

Sebelum magernya kejauhan, ada baiknya kamu rem! Cari cara buat balikin semangat kamu lagi. Caranya gimana? Ga ada aturan mutlak, apapun yang bisa bikin semangat kamu balik, lakuin!

  1. Jealous 

Ngiri kalo lihat temen kamu udah berhasil ngeraih sesuatu? Atau wujudin impiannya? Bisa jadi, itu juga salah satu tanda kamu lagi ngadepin quarter life crisis.

Karena, mestinya, keberhasilan seseorang itu bikin kita bangga sama mereka, sebagai temen atau keluarga. Bukan malah jealous. 

Kalau kamu ngerasa jealous, berarti ada kecenderungan di dalam diri kamu yang bikin kamu ngerasa kurang kompeten dari orang lain. Adanya kemungkinan perasaan inferior, atau kerentanan tentang konsep diri.

Sebelum kita ngomongin dampaknya, kamu harus bisa jujur dulu soal ini. Cari tahu kamu bangga atau malah jealous pas denger temen atau keluarga kamu berhasil raih sesuatu.

  1. Overthink 

Mirip dengan anxious, overthink tuh momen di mana kamu mikirin suatu hal secara berlebihan, sampe kamu kecapean sendiri.

Sampe bikin kamu ngerasa drained banget. Gak cuma itu, kamu juga nebak-nebak kemungkinan terburuk dari setiap hal. 

Jelas dong, kalau kamu nebak-nebak kemungkinan terburuk dari banyak hal, kamu bakal paranoid gak jelas dan itu bakal bikin kamu khawatir.

Apakah ada hal positifnya? Gak adaaaa. Overthink tuh cuma bakal menguras energi kamu, bikin kamu kecapean, tapi gak ada hasil apa-apa yang bisa kamu raih. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Ada gak sih dampak dari kebiasaan overthink? Ada banget. Minpow kasih tahu kamu abis ini.

  1. Pesimis 

Ikhlas boleh, tapi bukan berarti kamu boleh pesimis. Pesimis tuh level paling bahaya di mana kamu udah gak bisa lagi percaya sama hal-hal baik yang bisa aja terjadi sama kamu.

Kamu udah kehabisan harapan, udah gak bisa percaya sama apa-apa lagi. 

Level lebih buruk dari pesimis adalah skeptis. Skeptis tuh kondisi di mana kamu secara pola pikir udah enggak bisa lagi memandang peluang sebagai kesempatan yang bakal kamu manfaatin.

Banyak hal bisa kamu lewatin kalau kamu udah skeptic terhadap sesuatu. 

Barusan itu Minpow kasih tahu hal-hal apa aja yang termasuk ke dalam quarter life crisis. Kalau kamu ngalamin satu, beberapa atau malah semuanya, Minpow saranin mending kamu mulai segera ambil tindakan deh.

Karena kalau dibiarin tuh bisa tambah parah dan nanti tambah susah juga memperbaikinya. Memang, apa aja sih dampak quarter life crisis itu? Ini dia:

5 Dampak Quarter Life Crisis 

  1. Bikin Stuck

Ini adalah dampak quarter life crisis yang langsung kerasa, yaitu… stuck. Gimana caranya kamu ngeraih banyak impian kamu coba kalau di dalam diri kamu banyak ketakutan, banyak kekhawatiran yang akhirnya nahan kamu buat mencapai semua cita-cita?

Kalau itu semua udah nahan kamu, apa yang terjadi sama kamu? Ya stuck!

  1. Bikin Minder

Ada orang yang pernah ngasih tahu Minpow katanya gak ada yang lebih bahaya daripada pikiran kita sendiri. Kalau kita tenggelam dalam fase quarter life crisis, otomatis kita juga bakal jadi punya penilaian yang negatif soal konsep dan kualitas diri.

Hasilnya apa? Kita jadi minder, ngerasa kita gak se-oke temen-temen kita yang lain.

  1. Bikin Self Doubt

Bukan cuma bikin minder, dampak quarter life crisis lainnya adalah bikin kita jadi punya isu self doubt, alias ngeraguin diri sendiri.

Ragu dan gak percaya kita tuh sebenernya kapabel gak sih? Kita tuh cukup baik dan kompeten gak sih?

Meskipun jawabannya iya, tapi kalau pikiran-pikiran jahat terus-terusan ngasih tahu hal buruk tentang diri kita, kita jadi ragu juga.

  1. Bikin Gagal

Emangnya kamu mau, gagal meraih cita-cita Cuma gara-gara kita terlalu fokus tenggelam dalam quarter life crisis.

Kegagalan adalah dampak quarter life crisis yang nyeremin abis, karena ini ada kaitannya sama kualitas hidup kita. Jadi, sebelum ini terjadi, coba diberesin yuk mindset kitanya!

  1. Bahaya Secara Mental 

Dari tadi, Minpow kayanya udah nyebutin bahaya fase quarter life crisis secara mental. Bisa berkepanjangan juga.

Jadi, sebaiknya kita nganggap sepele lagi quarter life crisis, ya. Kan Minpow udah jelasin dampaknya yang bisa parah dan berkepanjangan.

Itu dia dampak quarter life crisis yang sebaiknya kamu hindari sebelum semuanya tambah buruk. Hal lain yang harus dihindari juga adalah rambut kusut dan berantakan. Big no, deh! Cusss buruan pakai Jedai Haircules by DeClip! Dijamin rambut kamu bakal rapi teratur selama 24/7 dan gak bakal jatuh-jatuh. 

Jedai Haircules titisan dewa Hercules ini udah diuji kekutannya sama Raisa, Tasya Farsya dan Patricia Gouw. Mulai dari dilempar dari ketinggian 30 meter, dibekuin di es batu raksasa, sampai digilas Alphard dan motor berpenumpang tiga tapi gak ada satu pun yang bisa ngerusakin jedainya. Beneran titisan Hercules gak tuh?

Kalau kamu penasaran dan pengen nyoba nguji kekuatannya juga, boleh deh kamu cek catalog Minpow dan beli at least 1 pcs aja (kalau kamu mau borong 35 warnanya juga boleh). Ada yang gigi 3, gigi 5 dan masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Sesuaikan dengan rambut kamu, ya! Buruan check out!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!