Declip

Gambar Ini Gerakan High Impact dan Low Impact yang Bikin Diet Sukses

Ini Gerakan High Impact dan Low Impact yang Bikin Diet Sukses!

Kamu lagi ngejalanin diet tapi rasanya berat banget? Coba deh kamu imbangi dengan aerobik biar hasilnya cepet kerasa. Dalam aerobik, ada istilah yang disebut high impact dan low impact, maksudnya gerakan tertentu yang bakal ngasih pengaruh signifikan sama yang pengaruhnya kecil.

Apa aja, sih? Cari tahu, yuk, biar diet kamu sukses!

Sebelum kita bahas gerakan high impact dan low impact dalam aerobik, ada baiknya kalau kita pahami dulu pengertian aerobik sendiri. Apa, sih?

Minpow comot dari https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/aerobic-exercise sederhanaya, aerobik itu artinya kegiatan fisik yang bisa meningkatkan fungsi jantung.

Orang-orang beranggapan kalau aerobik itu gerakan senam. Padahal, seluruh kegiatan yang berkaitan dengan latihan olah tubuh kaya jalan santai, lari, marathon, sampai sepedahan juga masuknya aerobik loh.

Karena semua kegiatan itu bisa memicu tekanan jantung dan bikin jantung lebih sehat. 

Aerobik itu latihan fisik yang menggunakan oksigen waktu membakar kalori dan memproduksi energi.

Ketika kita sibuk melakukan aerobik, darah juga terpompa dengan baik ke seluruh tubuh. Makannya, kalau dilakukan dengan rutin, aerobik ini banyak banget manfaatnya buat tubuh. 

Sebagian besar orang melakukan aerobik sambil dipandu sama instruktur dan diiringi musik yang sesuai dengan gerakan.

Nah, di dalam rangkaiannya, ada yang namanya high impact dan low impact. Yuk, sekarang kita bahas satu per satu soal high impact dan low impact dalam senam aerobik. 

High Impact 

Ini adalah senam aerobik yang intensitas gerakannya tuh keras, atau cepat. Hasilnya juga biasanya relative signifikan.

Apa aja sih contoh gerakan high impact dalam aerobik tuh? Lompat vertikal dengan ngebuka kedua kaki tubuh ke kanan dan kiri.

Selain itu, mengangkat lutut, melompat, lompat sergap, power moves, split dan twist adalah gerakan high impact lain.

Kedengerannya rumit, ya? Emang menantang banget, besie. Makannya Minpow enggak saranin gerakan high impact buat kamu yang baru belajar aerobik dan lansia.

Karena selain bakalan sulit, kalau dipaksakan, gerakan-gerakan tadi juga bisa berisiko tinggi. 

Low Impact

Buat lansia dan kamu yang baru belajar aerobik, ini cocok banget nih! Intensitas gerakannya ringan, mudah dan dilakukan dalam tempo lambat. Apa aja sih Minpow gerakan yang termasuk ke dalam low impact aerobik? 

Single step, alias langkah tunggal, double step alias langkah ganda dan V step, atau langkah segitiga.

Karena tingkat kemudahannya yang tergolong ramah bagi semua orang akhirnya kamu yang baru belajar aerobik dan para lansia disarankan untuk melakukan low impact kalau mau aerobik. 

Mix Impact

Ini adalah metode di mana kamu menggabungkan kedua cara tadi dengan alasan biar kamu enggak bosen, atau kalau kamu penasaran pengen coba dua-duanya. Bisa kamu gabungin dan ganti-gantian aja.

Itu dia jenis-jenis gerakan di dalam senam aerobik yang sebaiknya kamu ikutin sesuai dengan kemampuan. Daripada maksain terus ujung-ujungnya kamu terkilir kan berabe ya bestie…

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Nah, selanjutnya kita bahas yuk manfaat dari aerobik tuh apa aja, sih? Baik yang high impact maupun low impact. Simak, ya:

Manfaat Aerobik High Impact & Low Impact

  1. Ningkatin Fungsi Jantung & Paru-paru

Setelah Minpow amati baik-baik, kayanya ini tuh manfaat aerobik high impact dan low impact yang paling penting.

Kalau kamu rutin melakukan aerobik, kamu juga bisa berumur panjang karena jantung dan paru-paru kamu berfungsi dengan baik. 

  1. Menjaga Kesehatan Otot

Gerakan aerobik yang serba lincah mau enggak mau bikin otot dan sendi kamu bergerak secara aktif. Akhirnya, kualitas otot dan persendian kamu juga akan berkembang menjadi lebih sehat.

Maka, kamu enggak gampang lemas, gak gampang kesemutan dan selalu bugar. 

  1. Membangun Tubuh yang Proporsional

Hayo, sering ngeluh pengen punya tubuh yang ideal kaya Kyle atau Kendall Jenner? Bisa tuh dengan rutin melakukan aerobik, tapi tetep butuh waktu, ya.

Gerakan aerobik yang dilakukan dengan tepat juga bisa mengurangi berat badan berlebih dan mengikis lemak di tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat aerobik satu ini juga penting nih buat kita. Ayo ngaku siapa yang sering skip sama tugas kantor atau pe’er di kampus?

Skip sama janji yang udah kamu buat juga enggak baik nih buat kehidupan sosialmu, makannya jangan sampai jadi gampang lupa. Yuk, mulai senam aerobik biar bisa mengatasi masalah satu ini!

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain kemampuan mengingat, ketahanan tubuh alias imunitas juga penting banget nih buat kita jaga.

Aerobik juga bisa membangun sistem imun di tubuh yang lebih kokoh, jadi kita enggak bakal gampang sakit atau terserang virus yang macem-macem. 

Makin lengkap nih bekal pengetahuan dan pemahaman kamu soal aerobik! Setelah kamu udah paham semua teorinya tapi enggak dipraktekin ya tetep percuma.

Sebagai tips terakhir, Minpow kasih tahu ya tahapan apa aja yang perlu kamu lakuin buat ngedapetin hasil maksimal dari aerobik.

Tahapan Aerobik 

  1. Pemanasan

Pemanasan atau warming up itu penting banget kita lakukan sebelum mulai latihan apapun (termasuk aerobik) supaya kita lebih siap secara psikologis, emosional dan tentu aja yang terakhir kondisi fisik.

Jadi, denyut jantung kamu meningkat secara bertahap, gak tiba-tiba. 

  1. Gerakan Inti

Ini adalah fase utama, yaitu gerakan inti dari aerobik secara keseluruhan, baik high impact, low impact, maupun mix impact.

Itu artinya, bagian ini juga bakal menyita paling banyak sesi selama latihan, jadi siapin tenaga dan energi kamu supaya bisa nyelesein latihan dengan optimal, ya.

  1. Pendinginan

Kalau latihan kamu dimulai dengan pemanasan, setelah menyelesaikan gerakan inti, kamu harus menutup sesi latihan dengan pendinginan.

Pendinginan ini isinya gerakan ringan, santai dan lambat aja. Tujuannya adalah untuk mengembalikan degup jantung kamu ke ritme semula yang lebih pelan.

Udah lengkap semua ya, Gengs, hal yang perlu kamu ketahui soal aerobik high impact dan low impact. Selanjutnya kamu harus tutup artikel ini dan mulai praktek. Karena kalau Cuma baca doang gak bakal bisa kurus tuh badan!

Sambil latihan aerobik, jangan lupa untuk ikat rambut kamu pakai Jedai Haircules by DeClip sebagai jedai paling strong yang ada di muka bumi saat ini, karena merupakan titisan dewa Hercules. Udah pernah digilas sama Tasya Farasya dan enggak rusak, kurang ajaib apa coba? Dari situ, langsung heboh deh dunia perjedaian Indonesia dan viral banget di internet.

Kalau kamu penasaran juga, kamu bisa cek catalog Minpow yang ada di website ini. Di sana kamu bisa nemuin 35 warna jedai ditambah 4 warna glitter kalau-kalau kamu butuh dateng ke acara resmi. Ada yang gigi 3, gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buruan check out!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *