Declip

Gambar Ini 10 Cara Mencegah Agar Tidak Menjadi Pelaku Cyberbullying

Ini 10 Cara Mencegah Agar Tidak Menjadi Pelaku Cyberbullying

Media sosial menjadi tempat yang sering digunakan banyak orang untuk berpendapat, berekspresi, membagikan informasi, dan lainnya. Kamu juga harus memperhatikan apapun yang kamu bagikan di media sosial.

Walaupun terkadang hal yang kita bagikan di media sosial bisa membuat merasa lega dan senang, tapi terkadang ada sesuatu yang mungkin kita sadari bisa menyinggung pihak lain.

Minpow ingatkan untuk kamu lebih bijak dalam menggunakan media sosial, karena perilaku cyberbullying sedang banyak terjadi.

Cyber bullying itu apa sih? Cyber bullying adalah perilaku agresif berulang yang memanfaatkan teknologi. Para pelaku cyber bullying ini melakukan aksinya dengan intimidasi korbannya dengan bantuan teknologi seperti media sosial dengan cara mengancam, melecehkan, menjatuhkan, dan perbuatan tidak baik lainnya.

Kasus yang biasa menyangkut cyber bullying adalah menjelekkan ras, agama, suku, fisik, diskriminasi, dan masih banyak lagi.

Aktivitas cyber bullying ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi kita bisa mencegah hal itu agar tidak terjadi. Nah simak 10 cara ini untuk mencegah agar kamu tidak menjadi pelaku cyberbullying yuk!

Cara Mencegah Agar Tidak Menjadi Pelaku Cyberbullying

1. Pahami Mengenai Cyber Bullying

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami apa itu cyber bullying dengan menonton video, membaca artikel, melihat kasus yang akhir-akhir ini sedang terjadi mengenai cyber bullying.

Dengan hal tersebut, kamu bisa memahami lebih lagi mengenai cyber bullying dan apa dampaknya sehingga kamu juga enggan untuk melakukan cyber bullying.

2. Pertimbangkankan apapun yang kamu post ke media sosial

Minpow sempat singgung sebelumnya mengenai “Harus lebih bijak menggunakan media sosial” Karena hal tersebut memang penting adanya. Banyak kasus cyber bullying terjadi karena postingan yang diunggah oleh pemilik akun tersebut bisa menjadi objek bully bagi sebagian orang.

Tidak hanya posting di media sosial, tapi juga disaat kamu ingin mengirimkan foto, video, atau tulisan juga harus dipertimbangkan dan di cek sebelum kamu klik tombol kirim atau unggah.

3. Lindungi Password Akun Media Sosial

Media sosial kini memiliki fitur yang bisa kamu atur untuk konten yang akan muncul di halaman beranda. Memang tidak ada informasi yang benar-benar privat, tapi kamu bisa mengatur informasi yang kamu dapatkan, atau informasi tentang akunmu.

Misalnya di akun Instagram kamu bisa mengubah akun kamu menjadi privat, agar orang-orang yang tidak mengikuti akun kamu tidak bisa melihat informasi, dan unggahan pribadi tentang kamu.

4. Hindari Mengunggah Tentang Hal Pribadi

Informasi mengenai hal pribadi seperti nomor telepon, alamat, nama lengkap, kata sandi, dan lainnya tidak perlu kamu unggah di media sosial. Memang untuk kebutuhan tertentu diperlukan informasi pribadi. Mengunggah informasi tersebut memudahkan orang jahat untuk memanfaatkan datamu untuk hal yang tidak benar.

5. Pastikan Kamu Mengeluarkan Akun Kamu Dari Perangkat Umum

Kasus cyber bullying juga bisa terjadi karena berawal dari kamu yang kelupaan mengeluarkan akun kamu dari perangkat umum. Jadi pastikan selalu log out jika kamu membuka akun kamu di perangkat umum, jangan sampai ada orang yang menyalahgunakannya.

6. Selektif Membicarakan Topik

Biasanya topik yang menyebabkan cyber bullying adalah topik yang membahas tentang hal sensitif seperti agama, ras, jenis kelamin, dan suku. Jadi pastikan kamu harus berhati-hati jika ingin membicarakan topik tersebut. Selain bisa berujung cyber bullying, kamu juga belajar dan lebih mengenal budaya lain.

7. Jangan Memulai Ujaran Kebencian

Tindakan cyber bullying juga dimulai dari ujaran kebencian yang diunggah atau dibagikan melalui media sosial. Hal ini bisa terjadi jika kamu berkomentar hal yang buruk di postingan seseorang, bisa jadi kamu diserang oleh orang-orang yang tidak senang dengan komentar kita. Hati-hati ya! Karena ketikanmu adalah harimaumu!

8. Memahami Media Sosial yang Dipakai

Memahami kebijakan di media sosial yang dipakai juga penting untuk kamu bisa memilah informasi yang disediakan didalamnya.

Misalnya dari ketentuan informasi yang boleh diunggah di media sosial tersebut, ketentuan berapa usia yang boleh menggunakan media sosial tersebut, dan masih banyak lagi. Jadi pastikan kamu tahu mengenai ketentuan dan kebijakan dari setiap medsos yang dipakai ya!

9. Tahu Bagaimana Sikap yang Dilakukan Ketika Menghadapi Cyber Bullying

Sebenarnya tidak perlu repot untuk menghadapi Cyber Bullying jika itu terjadi pada kamu, cukup kamu block dan report akunnya, dan kamu tidak akan melihat akun atau postingan yang dibuat oleh akun tersebut.

10. Teliti Saat Mengirim atau Menerima Pesan

Pastikan kamu harus berhati-hati saat mengirim atau menerima pesan. Kamu bisa menyinkronkan media sosial dengan kontak kamu, sehingga disaat kamu ingin menerima atau mengirim pesan lebih cepat dan teratur.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Ketika kamu menerima pesan dari orang yang tidak kamu kenal, kamu bisa mengabaikan pesan tersebut atau jika kamu merasa pesan itu mengganggu kamu bisa delete, report, atau blok pesan tersebut.

Hindari mengirim pesan ketika emosi kamu tidak stabil ya, selain berpengaruh pada kalimat yang kamu ketik, respon orang yang menerima pesanmu juga tidak terdeteksi. Jadi pastikan kamu bijak juga dalam mengirim atau menerima informasi.

Itu dia 10 cara mencegah agar tidak menjadi pelaku cyber bullying. Di Tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan banyak orang yang menggunakan media sosial pastinya banyak dampak negatif yang ditimbulkan. Hal yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita mencegah dampak negatif tersebut agar tidak terjadi.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *