Declip

Gambar Hati hati Cari Tahu Pantangan Setelah Chemical Peeling

Hati-hati! Cari Tahu Pantangan Setelah Chemical Peeling

Buat kamu yang rajin chemical peeling, hati-hati, ada beberapa pantangan setelah chemical peeling yang wajib kamu patuhi loh.

Karena kalau enggak, efek sampingnya bisa bahaya banget, bahkan bisa ngerusak kulit wajah kita. Niat pengen cantik malah jadi burik. Oh, no!

Makannya, Bestie, boleh aja sih menghalalkan segala cara biar kelihatan lebih cantik. Tapi kita enggak boleh main sikat aja.

Kita harus pahami betul ketentuan dan panduan dari tiap treatment, termasuk resikonya juga. Jangan sampai nih ya kita nekat ngelakuin tertentu, tapi hasilnya malah merusak. Kan, serem!

Sebelum kita bahas pantangan setelah chemical peeling, pertama-tama Minpow bakal ngingetin kalian lagi soal definisi chemical peeling itu sendiri.

Buat kamu yang mungkin masih asing dan gak pernah denger istilah ini, merapat, ya. 

Pengertian Chemical Peeling 

Kalau kita terjemahin secara bahasa, harfiah, chemical peeling tuh artinya pengelupasan kimiawi yang dilakukan di area wajah, lengan, kaki dan tubuh sebagai usaha untuk membuat kulit lebih bersih, cerah dan segar.

Dalam prosesnya, sel-sel kulit mati kita itu diangkat sampai bersih jadi yang tersisa cuma sel-sel kulit aktif yang siap meregenerasi. 

Apa satu kali chemical peeling cukup untuk menuntaskan treatment ini? Biasanya enggak. Perlu 4 sampai 5 kali pengulangan baru seluruh sel-sel kulit mati kamu mengelupas semua.

Tapi, jangan berdekatan ya waktu treatment-nya. Harus dikasih jarang paling enggak dua minggu. Karena kalau enggak, nanti kamu bisa mengalami iritasi. 

Proses Pengerjaan Chemical Peeling 

Pertama-tama, larutan kimia itu dioleskan di area tertentu yang emang pengen kamu lakuin perawatan.

Misal di area wajah, kadi chemical peeling nya cukup kamu oles merata di area wajah lalu kamu diamkan sebentar sampai menyerap ke kulit. 

Setelah menyerap ke kulit, itu artinya bahan kimia tadi udah ngelepasin sel-sel kulit mati kita.

Selanjutnya, kita tinggal memijat pelan kulit wajah kita sampai seluruh sel kulit matinya berjatuhan semua dan wajah kita jadi bersih, cerah, sekaligus sehat.

Karena dia tinggal sisa kulit dengan sel-sel aktif yang siap meregenerasi.

Emang kenapa sih Minpow kalau kita enggak melepas sel-sel kulit mati? Kalau kita enggak melepas sel kulit mati, mereka bisa menumpuk di permukaan kulit terluar dan berubah jadi bakteri.

Kalau udah jadi bakteri, selanjutnya bisa nimbulin hiperpigmentasi kaya komedo atau jerawat. Gak mau, kan?

Pantangan Setelah Chemical Peeling

1. Digaruk

Setelah melakukan chemical peeling, sebenernya wajar banget kalau kulit kita jadi agak mengelupas. Karena, yang mengelupas itu sel-sel kulit mati, jadi emang seharusnya mengelupas.

Yang gak boleh kamu lakuin adalah udah mengelupas, terus kamu garuk. Itu bakal jadi iritasi dan bikin kondisi kulit kamu jadi luka-luka. 

Sebisa mungkin, hindari kontak langsung dengan area kulit yang baru melewati treatment chemical peeling. Apalagi di tengah aktivitas di mana jari tangan kamu lagi kotor.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Pun kalau mau kamu sentuh area tersebut, sebaiknya cuci tangan dulu ya. Kalau enggak, fix dia tuh pantangan setelah chemical peeling.

2. Skip Sunscreen

Kalau kamu enggak pakai sunscreen setelah treatment chemical peeling, kulit kamu bakal jadi lebih sensitif dan itu bisa nimbulin luka/iritasi.

Reaksi pertama yang muncul tuh biasanya kemerahan, terus jadi gatel karena lapisan kulit terluar kamu terkelupas dan di situlah peran sunscreen memproteksi kamu dari polusi luar.

Polusi apa aja yang bisa mengganggu? Bukan cuma sinar matahari loh. Tapi juga sinar UV, udara, debu, bahkan asap kendaraan.

Banyak banget gangguan yang bisa bikin kulit kamu yang baru di-chemical peeling terkontaminasi. Makannya, skip sunscreen juga Minpow anggap sebagai pantangan setelah chemical peeling.

3. Biarin Kulit Kering

Ini juga bahaya! Ngebiarin kulit kering adalah pantangan setelah chemical peeling yang gak boleh kamu sepelein.

Karena kalau kulit kamu kering dan dia mengelupas, dia butuh nutrisi buat menggantikan sel-sel kulit mati yang lepas.

Sementara, kamu enggak ngasih cukup pelembab buat bikin lapisan kulit pengganti.

Selain bisa nimbulin sunburn, alias kulit yang terbakar matahari, kulit kering kamu bisa memperparah pengelupasan dan memperlambat pergantian jaringan kulit.

Jangan lupa pakai pelembab atau moisturizer dan sunscreen ya, jangan sampai langgar pantangan setelah chemical peeling satu ini pokoknya.

4. Terlalu Banyak Pelembab

Jangan salah juga nih. Mentang-mentang kamu gak boleh biarin kulit kering, akhirnya kamu jadi pakai pelembab banyak-banyak.

Kalau kebanyakan pelembab pun, sel-sel kulit mati yang seharusnya mengelupas pun malah jadi enggak lepas dan Minpow khawatir jadi mengendap di lapisan terluar kulit.

Pakai pelembab dan sunscreen itu emang wajib, tapi secukupnya aja, ya. Jangan sampai berlebihan dan malah ngehalangin jalur terbuangnya sel-sel kulit mati yang tadi. 

5. Malas Cuci Muka

Tiap abis pulang ke rumah, selama kamu baru peeling, pantangan setelah chemical peeling adalah langsung tidur atau beraktivitas lain di rumah tanpa cuci muka.

Itu bakal bikin kotoran nempel di kulit dan mengerak jadi luka. 

Apakah Boleh Cuci Muka?

Setelah melakukan chemical peeling, banyak orang yang penasaran apakah boleh cuci muka? Jawabannya adalah harus! Sekaligus pakai facial foam, ya.

Itu harus kita lakukan supaya kotoran dan minyak berlebih di wajah kita ikut terangkat. 

Emang kalau enggak terangkat bahaya, ya, Minpow? Kalau enggak terangkat bisa jadi bakteri dan bisa menginfeksi kulit.

Cuci muka itu harus, pantangan setelah chemical peeling tuh Cuma empat points yang udah Minpow jelasin di atas. Baca ulang, ya.

Apakah Boleh Pakai Bedak?

Karena tadi Minpow udah bahas kompleksitas peeling, sebaiknya kamu enggak usah pakai bedak dulu, ya.

Minpow khawatir bedak malah jadi menghambat perpindahan jalur buat sel-sel kulit mati yang tadi kita bahas.

Nanti setelah sel-sel kulit matinya lepas, baru deh kamu bisa pakai bedak lagi seperti biasa. Sebelum itu mending libur aja dulu bedakannya. 

Itu dia pantangan setelah chemical peeling yang wajib kamu ketahui dan sekaligus kamu waspadai.

Kalau alat ajaib yang bisa bikin rambut kamu on point terus selama 24 jam penuh, itu tuh cuma Jedai Haircules by DeClip! Dikenal sebagai jedai terkuat, terlaris dan terviral, Jedai Haircules by DeClip ini tuh udah dipromosiin sama Raisa, Tasya Farasya dan Patricia Gouw. Pernah kerja sama dengan Shopee juga!

Apa sih yang bikin Jedai Haircules ini disukain semua orang? Materialnya yang kuat banget, yang digilas Alphard Tasya Farasya aja gak ancur, warna sama desainnya juga lucu dan gemesin banget. Bener-bener cocok buat kamu pake tiap hari. Total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter yang lebih mevvah. Cek katalognya sekarang, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *