Declip

Gambar Penting Ini Dia 7 Cara Mengatasi Cyber Bullying

Penting! Ini Dia 7 Cara Mengatasi Cyber Bullying

Bullying atau perundungan bukan sebuah kasus kriminal yang asing ditengah masyarakat. Hampir semua umur bisa melakukan atau jadi korban dari bullying. Tahukah kamu sekarang sudah ada istilah cyber bullying? Tindakan bullying atau perundungan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Biasanya hal ini terjadi melalui media sosial seperti konten yang mengundang perkelahian, diskriminasi, perilaku rasis, atau mengunggah informasi mengenai informasi pribadi korban dan mempermalukannya.

Cyber bullying juga memiliki dampak yang cukup besar bagi para korban seperti, menyerang sisi mental seseorang menjadi merasa malu, tidak berguna, kesal, takut, gampang marah.

Emosi yang tidak terkontrol membuat seseorang menjadi kehilangan kepercayaan diri, hilang minat melakukan apapun, dan mempengaruhi kondisi fisik seperti mudah lelah, sering mengalami sakit perut atau sakit kepala.

Tidak mau hal itu terjadi pada kalian kan? Minpow akan spill cara mengatasi Cyber Bullying agar tidak terjadi pada kalian nih. Simak ya!

Cara Mengatasi Cyber Bullying

1. Mencari Bantuan Dari Orang Ahli atau Terpercaya

Ketika kamu merasa sudah menjadi korban dari cyber bullying, jangan ragu untuk mencari bantuan dari orang ahli atau terpercaya. Kamu harus mencoba terbuka cerita ke keluarga atau teman- teman yang kamu percaya.

Jika kamu merasa masalahnya sangat serius, kamu bisa mencoba meminta bantuan ke psikolog atau psikiater. Jangan takut untuk bercerita ya!

2. Jangan Membalas Komentarnya Dengan Bahasa yang Kurang Baik

Kamu bisa memperparah situasi jika kamu menggunakan bahasa yang juga kurang baik atau mempermalukan ketika membalas komentar. Karena bisa menjadi boomerang buat kamu sendiri. Jika kamu menemukan komentar seperti itu, kamu bisa menghapus komentarnya, atau block akun yang menuliskan komentar tersebut.

3. Pahami Bahwa Tidak Semua Orang Memiliki Pandangan yang Sama

Banyak orang yang memiliki banyak pendapat, pikiran, dan opini yang berbeda. Cobalah memiliki pikiran yang terbuka. Karena bisa jadi komentar negatif itu ada hal yang benarnya dan bisa jadi bahan evaluasi untuk diri sendiri.

4. Jangan Menganggap Komentar Terlalu Serius

“Serius- serius amat sih..” Pasti pernah mendengar pernyataan itu kan, dan memang jangan menganggap komentar negatif itu terlalu serius. Anggaplah komentar tersebut adalah masalah orang yang menulisnya.

5. Melapor Kepada Pihak Berwajib

Jika kasus cyber bullying yang kamu hadapi sudah semakin parah dan berlangsung dalam waktu yang lama, jalan keluar yang bisa kamu ambil adalah melapor kepada pihak berwajib.

Kumpulkan semua bukti yang kamu punya seperti screenshot komentar negatif atau unggahan perundungan yang dilakukan oleh pelaku, lalu serahkan kepada pihak berwajib maka pelaku akan mendapatkan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

6. Atur Media Sosial Menjadi Akun Privat

Cara mengatasi cyber bullying adalah dengan membatasi followers yang mengikuti akun media sosialmu. Hampir setiap media sosial memiliki pengaturan akun yang bisa kamu sesuaikan. Seperti akun yang privat atau publik. Pastikan akun yang mengikuti kamu di media sosial adalah orang yang kamu kenal.

7. Istirahat Dari Media Sosial

Jika kamu merasa cyber bullying yang kamu alami semakin tidak terselesaikan, kamu bisa memilih untuk menonaktifkan media sosialmu. Seperti Instagram kamu bisa menonaktifkan akunmu untuk sementara.

Biasanya akan ditanyakan alasan mengenai kenapa kamu ingin menonaktifkan akunmu, kamu bisa memilih jawaban “I need a break” atau saya ingin beristirahat dari media sosial”. Kamu bisa kembali mengaktifkan akunmu jika kamu satu saat ingin kembali ke media sosial lagi.

Itulah 7 cara untuk mengatasi Cyber Bullying yang mungkin kamu pernah atau sedang alami. Minpow ingatkan untuk menggunakan media sosial dengan bijak ya! Semoga informasi Minpow kali ini bermanfaat untuk kalian!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *