Declip

logo final declip

Perbedaan Purging dan Breakout Ternyata Keduanya Berbeda, Ini Yang Harus Kamu Tahu!

Gambar Perbedaan Purging dan Breakout Serta Cara Mengatasinya

Bestie, pasti kamu pernah mengalami kondisi kulit yang awalnya kondisi kulit normal, tapi tiba-tiba muncul jerawat atau kulit yang terkelupas setelah kamu mencoba produk perawatan kulit baru. Nah bisa jadi bukannya kamu mengalami breakout tapi kamu mengalami purging. Sebelumnya pernah dengar belum apa itu purging dan breakout? Kalau masih terdengar asing untukmu kamu, simak bersama yuk apa artinya masing-masing!

Apa itu purging?

Proses penyesuaian kulit saat sel kulit mati digantikan oleh sel yang baru. Sebelum sel kulit baru muncul, sumbatan yang ada pada pori-pori seperti kotoran atau sebum yang berlebihan juga keluar dan hal ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, beruntusan, dan kulit mengelupas.

Kebanyakan orang beranggapan saat purging ini terjadi berarti mereka tidak cocok dengan produk perawatan kulit yang mereka gunakan. Padahal dari purging ini sebenarnya bisa menjadi pertanda produk skincare bekerja dengan baik.

Lalu apa itu breakout?

Berbeda dengan purging, breakout ini adalah reaksi ketidakcocokan kulit dengan produk skincare yang digunakan yang malah menyebabkan iritasi kulit, selain itu pemicu breakout juga dipicu oleh stress, dan pola makanan yang kurang sehat.

Breakout akan menimbulkan jerawat, dan munculnya pada area kulit yang belum berjerawat sebelumnya. Jerawat breakout dapat muncul dalam jumlah besar, biasanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari untuk muncul, matang, dan mengecil.

Perbedaan antara purging dan breakout

Purging dan breakout memiliki perbedaan yang kamu harus tahu bestie, diantaranya:

BACA JUGA:  Ini Dia 5 Spray untuk MakeUp Tahan Lama, Anti Luntur!

1. Area munculnya jerawat

Perbedaan pertama adalah di area munculnya jerawat. Biasanya purging muncul diarea kulit yang biasa ditumbuhi jerawat. Sementara breakout dapat muncul di area kulit manapun, bahkan bisa muncul di seluruh wajah yang mungkin tadinya tidak umum ditumbuhi jerawat.

2. Durasi jerawat

Munculnya jerawat purging berbeda-beda tergantung kondisi kulit masing-masing orang. Kebanyakan jerawat purging dapat berlangsung 4-6 minggu. Biasanya kondisi ini lebih cepat membaik dibandingkan jerawat biasa.

Jika durasi jerawatnya lebih dari satu bulan, kemungkinan itu bukan purging tapi breakout.

3. Bekas jerawat

Ini yang selalu jadi perdebatan, yaitu kalau bekas jerawat yang susah hilang. Jerawat purging tidak meninggalkan bekas bestie, jadi kamu tidak perlu khawatir. Tapi jerawat breakout biasanya akan sulit hilang dan meninggalkan noda hitam.

4. Keparahan gejala

Gejala purging biasanya lebih ringan dibanding breakout. Purging biasanya memiliki gejala yang lebih ringan, sedanagkan breakout lebih parah yang bisa berpotensi menimbulkan bekas setelah sembuh.

Cara mengatasi purging maupun breakout

Kalau kamu sekarang sedang dalam situasi kulit yang permasalah karena purging ataupun breakout, jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Mulai dari menghindari produk dengan kandungan yang membuat kulit iritasi seperti alkohol, lanolin, atau silikon. Selain itu Minpow juga punya beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan, yaitu:

  1. Cuci muka secara rutin dua kali sehari, agar mampu mengangkat kotooran dan minyak berlebih pada kulit. Namun saran Minpow jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menyebabkan kulit wajah kering.
  2. Siapa yang masih suka menyentuh muka kalau lagi bosen nih? Mulai untuk dihindari ya! Karena jika kamu sering memegang jerawat, dan memencet jerawat hal tersebut membuat bateri penyebab jerawat menempel lebih mudah pada kuit.
  3. Membatasi asupan makanan dengan indeks glikemik tinggi, karena dapat meningkatkan resiko timbul jerawat atau memperburuk jerawat.
  4. Menggunakan SPF setiap keluar rumah. Seperti yang kita ketahui paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak dan memperparah kondisi jerawat.
BACA JUGA:  Bahan Aktif Di Skincare Remaja Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat Yang Wajib Ada

Demikian perbedaan antara purging dan breakout berikut dengan cara mengatasinya. Tidak perlu khawatir lagi ya bestie kalau kamu sekarang sedang mengalaminya. Minpow juga rekomen kamu untuk menggunakan beberapa skincare yang kamu bisa sesuaikan dengan permasalahan breakoutmu. Nah Minpow punya banyak skincare hacks ala Minpow untuk berbagai permasalahan kulit nih! Penasaran? Langsung cek disini aja bestie!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!