Declip

Gambar Step by Step 5 Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Step by Step 5 Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Kalau selama ini kamu tahunya minyak kayu putih tuh cuma bisa ngatasin masuk angin, kamu kurang jauh nih mainnya! Tahu gak sih kalau minyak kayu putih tuh juga bisa meluruskan rambut? Yes! Di artikel kali ini, Minpow bakal kasih tahu kamu cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih, ya!

Kalau kita bener-bener cari tahu, sebetulnya ada banyak banget loh bahan-bahan tradisional yang bisa kita gunakan sebagai cara meluruskan rambut, salah satunya degan minyak kayu putih. Tapi, selain minyak kayu putih, kita juga bisa meluruskan rambut dengan santan, minyak kelapa, sampai lidah buaya.

Buat kamu yang kulitnya sensitif, hat-hati, ya. Minyak kayu putih ini cukup keras dan bukan mustahil kamu jadi kena alergi atau iritasi. Apalagi di area kulit kepala. Bukan berarti kamu gak boleh pake, Minpow cuma nyaranin kamu buat lebih berhati-hati. Karena ya seperti yang tadi Minpow udah bilang, kalau minyak kayu putih tuh keras banget kandungan bahannya.

Diambil dari ekstrak daun kayu putih yang tumbuh di Australia, minyak kayu putih tuh mengandung zat eucalyptol yang bisa meredakan nyeri. Jadi kalau kamu tersengat serangga, gatal-gatal, atau alergi, boleh diolesin minyak kayu putih. Kalau pas kedinginan juga boleh.

Terus, apa aja manfaat minyak kayu putih buat rambut? Bisa melembutkan, mengatasi ketombe, dan tentunya juga bisa meluruskan. Tanpa bahan kimia dan Sekalian aja yuk Minpow kasih tahu cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih. Ini dia:

5 Cara Meluruskan Rambut dengan Minyak Kayu Putih

1. Keramas

Katanya harus dibilas? Kok sebelum pakai minyak kayu putih malah harus keramas dulu? Betul. Nanti bakal harus dibilas. Betul juga, kamu harus keramas dulu. Penjelasannya, itu karena saat diaplikasikan ke rambut, rambut dan kulit kepala wajib dalam keadaan bersiih.

Jadi, dalam cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih, pertama-tama keramas lah seperti biasa. Tapi, kalau kamu emang mau pake minyak kayu putih, gak perlu pakai conditioner ya. Setelah shampoan, kamu bisa langsung bilas dan keringin pakai rambut. Kenapa?

Karena nanti kamu bakal pake minyak kayu putih, jadi kebutuhan rambut terhadap conditioner bisa kamu tunda dulu.

Oh iya, saat membilas, pastiin gak ada busa yang tertinggal dan saat ngeringin rambut harus bener-bener kering, ya. Gak boleh rambut masih dalam keadaan setengah basah, tapi kamu udah duluan lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Oles Minyak Kayu Putih

Dalam tahapan cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih, penting buat mastiin rambut bener-bener kering, sebab ketika kita mengoles minyak kayu putih, rambut dalam keadaan basah atau setengah basah bakal kesulitan untuk menyerap minyak kayu putihnya. Makannya, banyak yang udah pake minyak kayu putih, tapi rambut masih belum lurus.

Tahapan terpenting dalam cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih adalah penggunaannya dalam keadaan kering. Ini bener-bener gak bisa kamu tawar, kalau kamu skip, ya dijamin gagal.

Pas ngolesin minyak putih ke rambut, kamu cukup tuang 4-5 tetes aja, ya. Kemudian kamu usap lembut, sampai merata ke seluruh bagian rambut. Dari ujung ke akar, jangan sampai ada bagian yang terlewat. Kalau 4-5 tetes masih kurang, kamu boleh tambah sedikit lagi.

3. Pijat Lembut

Setelah kamu mengaplikasikan minyak kayu putih ke setiap helai rambut, selanjutnya kamu bisa memijat lembut kepala kamu. Tujuannya adalah buat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala kamu.

Kalau sirkulasi darah di kulit kepala lancar, pertumbuhan rambut juga bakal berubah jadi lebih sehat. Pertumbuhan rambut yang sehat itu berarti rambut yang subur, lebat, sehat dan indah bersinar.

Siapa yang nyangka kalau pijatan lembut di kepala bisa bikin rambut lebih cantik? Kadang, emang kita gak perlu jauh-jauh effort ini itu kalau hal sederhana bisa ngebantu kita buat perawatan rambut lebih baik.

4. Diamkan

Setelah memijat lembut kepala, jangan langsung dibilas, ya. Kamu harus mendiamkan minyak kayu putih di kepala kamu seenggaknya 60 menit, atau, mau dua jam juga lebih baik lagi. Ada sebagian orang yang mendiamkan rambut dengan olesan minyak kayu putih semalaman,

Apa ada perbedaannya? Ya jelas ada, kalau kamu diamkan semalaman, rambut kamu hasilnya bisa lebih lurus seperti yang kamu harapkan. Udah gitu luruskan bukan lurus hasil catok yang kaku gitu, melainkan lurus alami dan bercahaya.

Cuma kalau kamu emang mau mendiamkan semalaman, pastiin kamu lindungin rambut pakai shower cap, ya. Atau balut kepala dan rambut kamu menggunakan handuk hangat. Selain supaya minyak kayu putihnya enggak mengotori seprai, tujuannya juga supaya minyak kayu putihnya lebih menyerap di rambut.

5. Bilas + Conditioner

Setelah didiamkan, mau sejam, mau dua jam, atau mau semalaman, kamu wajib membilas rambut kamu dari kayu putih yang udah menempel di setiap helai rambut dan kulit kepala. Untuk membebaskannya dari aroma minyak kayu putiih yang menyengat, kamu boleh pake shampoo lagi.

Nah, setelah pakai shampoo dan kamu bilas, sebaiknya tutup dengan penggunaan conditioner. Bukan cuma buat ngilangin bau, tapi juga melembutkan rambut alami kamu yang sekarang harusnya udah lurus.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Penggunaan conditioner ini jangan cuma sekali doang, ya. Melainkan harus tiap abis keramas. Diikutin sama masker seminggu sekali ditambah hair spa sebulan sekali. Ulangi perawatan dengan minyak kayu putih ini seminggu dua sampai tiga kali sampai rambut kamu benar-benar lurus.

Itu tadi 5 cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih, yang emang gak bisa dilihat langsung hasil maksimalnya setelah sekali perawatan. Tapi, kalau kamu ulang beberapa kali, Minpow jamin deh pasti kamu puas karena rambut kamu bakal berubah lurus alami.

Oh iya, boleh banget loh kalau kamu mau share artikel soal cara meluruskan rambut dengan minyak kayu putih ke grup WA yang isinya temen-temen se-gank.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *