Declip

Gambar Susah Tidur Karena Insomnia Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk

Susah Tidur Karena Insomnia? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk!

Buat kamu yang sulit tidur dengan nyenyak, bangun lebih awal dan tidak bisa tidur kembali, atau keduanya, Bisa jadi kamu memiliki kondisi insomnia. Pada insomnia akut, biasanya berlangsung selama 1 malam hingga beberapa minggu. Ada juga kondisi insomnia yang kronis bisa terjadi dalam jangka sampai kurang lebih 3 bulan lamanya.

Penyebab insomnia biasanya meliputi stress. Memang stress berpengaruh besar dalam kondisi tubuh secara keseluruhan. Selain itu pengaruh lingkungan juga seperti suara bising, suhu udara, atau cahaya. Dan terakhir adalah perubahan jadwal tidur, biasanya hal ini karena jet lag seoerti shift tempat kerja¸ dan kebiasaan buruk sebelum tidur.

Ada juga gejala insomnia yang harus kamu ketahui seperti:

  • Terjaga di malam hari
  • Bangun beberapa kali di malam hari
  • Merasa lelah setelah bangun tidur
  • Perubahan suasana hati seperti mudah tersinggung
  • Sulit untuk konsentrasi dan mudah lupa
  • Bangun lebih awal dan sulit untuk tidur kembali

Setelah kamu mengetahui mengenai gejala dan penyebab insomnia, kamu juga harus bisa mengatasi masalah tidur tersebut. Memang tidak akan instan, tapi beberapa hal yang akan Minpow bahas setelah ini, pastinya akan membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Simak bersama ya!

10 Cara Mengatasi Insomnia yang Layak Kamu Coba

1. Buatlah Rutinitas Sebelum Tidur

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah membuat rutinitas sebelum tidur, misalnya luangkan waktu 30-60 menit untuk membaca buku, mendengarkan musik, menggosok gigi, dan memakai skincare. Minpow sarankan kamu untuk menghindari kegiatan yang membuat kamu stress seperti melanjutkan pekerjaan atau pelejaran.

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang ideal bisa membantu kamu untuk lebih cepat untuk tidur. Kamu bisa merubah setting lampu tidur, menyejukkan ruang tidur, menggunakan penyumbat telinga jika merasa kamar terlalu berisik. Kamu juga bisa mematikan segala jenis gadget yang kamu miliki untuk membantu tidur.

3. Pastikan Jadwal Tidur

Usahakan setiap harinya untuk bangun dan tidur di waktu yang sama. Anda tidur yang cukup sekitar 7-8 jam setiap malam. Jika memang kamu merasa sulit untuk tidur, kamu bisa menggunakan essentials oil untuk merelekskan pikiran sebelum tidur.

4. Batasi Waktu Tidur Siang

Untuk kamu yang sering tidur siang, pastikan kamu mengurangi durasi tidur siangmu. Minpow menyarankan untuk kamu hanya tidur siang maksimal 30 menit dan sebelum sore hari. Jika kamu sudah memiliki insomnia kronis, biasanya dokter sudah meresepkan obat untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak pada malam hari sembari memperbaiki sleep hygiene kamu.

5. Kurangi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein seperti minuman berenergi, kopi, atau teh terutama di malam hari bisa menjadi cara mengatasi insomnia. Kafein dapat mengganggu proses tidur dan mencegah tidur nyeyak.

6. Tuliskan kekhawatiran yang sering dialami

Jika faktor utama kamu tidak bisa tidur adalah karena pikiran, kamu bisa menuliskan hal yang ada dipikiranmu. Kamu juga bisa membuat rencana untuk aktivitas yang akan kamu lakukan untuk keesokan harinya.

7. Mengurangi Stress

Kami bisa melakukan sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stress seperti relaksasi otot progresif,meditasi, dan teknik pernapasan dalam. Hal ini bisa membantu kamu dalam mengendalikan pola tidur kalian.

8. Jangan Makan atau Minum Tepat Sebelum Tidur

Nah buat kamu yang sering makan atau minum sebelum tidur, Minpow sarankan untuk menghentikannya, karena akan memperburuk gejala anda. Minum banyak cairan sebelum tidur dapat membebani kandung kemih, sehingga itu juga akan menganggu tidur anda.

9. Jangan Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok bisa menjadi stimulan. Biasanya orang yang merokok cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, sering bangun, dan sering kali tidurnya lebih terganggu.

10. Berolahraga Secara Teratur

Jika kamu tidak terbiasa dengan olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olharga yang sederhana. Seperti renang, jalan santai, jogging, dan lainnya. Karena olahraga ringan juga

mampu meredaskan stress yang menumpuk sepanjang hari.

Demikian semua hal tentang insomnia mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya. Jadi untuk kamu yang memiliki masalah dengan kualitas tidur, bisa banget mencobanya! Baca juga artikel inspiratif dan menarik lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *