Declip

Gambar 15 Tips dan Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

15 Tips dan Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Cara memotong rambut sendiriKamu setuju, dong, kalau pandemic mengubah banyak aspek dalam hidup kita? Perubahan itu nyaris melingkupi seluruh aspek, mulai dari gaya hidup, finansial, bahkan sampai ke urusan penampilan atau cara kita berdandan.

Salah satu yang mungkin enggak kamu bayangkan adalah perubahan dalam hal potong rambut.

Kalau sebelum pandemic kita terbiasa pergi ke salon untuk potong rambut, selama pendemic ada masa di mana kita betul-betul harus diam di rumah dan bahkan pemerintah serta WHO tidak mengizinkan kita untuk pergi ke luar, bahkan sekadar pergi ke salon untuk memotong rambut.

Solusinya adalah kita harus menemukan tips dan cara memotong rambut sendiri di rumah. Apa saja? Simak, ya!

BACA JUGA :

Tips dan Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Apa saja sebetulnya yang menjadi tantangan saat kita hendak memotong rambut sendiri di rumah? Tentu saja ada banyak hambatan. Karena tidak ada hair stylist yang mengawasi, alias seseorang yang berpengalaman dan profesional di bidangnya, maka kita jadi harus lebih berhati-hati. Tentu kamu tidak mau sampai gagal, kan?

Karena itu, Minpow akan bagikan tips dan cara yang harus kamu perhatikan kalau kamu berniat memotong rambut sendiri di rumah. Mulai dari peralatan yang kamu butuhkan, perlengkapannya, sampai produk kosmetik rambut yang bisa kamu gunakan ketika memotong rambut sendiri di rumah.

Apa yang akan terjadi kalau kita tidak memperhatikan semua itu? Hasil potong rambut kita bisa gagal total. Baik dari bentuknya yang tidak presisi, bisa berpeluang menimbulkan kecelakaan seperti kulit tergunting dan masih banyak lagi. Karena itu, menurut Minpow menjadi penting untuk berhati-hati saat kita memotong rambut sendiri di rumah.

Supaya tidak membuang waktu, langsung saja, yuk, kita bahas!

10 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

1.Tentukan Model Rambut yang Diinginkan

Di dunia ini ada banyak sekali pilihan model rambut yang dapat kita ambil. Tentu saja, keputusan yang kita ambil terkait pemilihan model rambut itu harus disesuaikan dengan bentuk wajah masing-masing orang, warna kulit, sampai tekstur tubuh.

Perlu diingat bahwa salah satu bentuk model rambut yang cocok bagi seseorang tidak selalu berarti cocok untuk dipilih oleh semua orang.

Karena itu, jangan terlalu terburu-buru dalam menjalani proses pemilihan rambut satu ini. Santai saja. Gunakan waktumu sebaik-baiknya untuk memilih model yang paling tepat.

Kalau perlu, konsultasikan juga dengan hairstylist terkait untuk model-model rambut yang kamu pilih. Biasanya, para profesional memiliki penilaian yang lebih baik atas model rambut idamanmu.

2. Pelajari Pola Pemotongan

Setelah kamu mantap dengan pemilihan model rambutmu, sudah mendapat persetujuan dari hair stylist atau temanmu yang dapat dipercaya dan pendapatnya dapat dipertanggung jawabkan, selanjutnya kamu harus mempelajari teknik pemotongan untuk dapat mewujudkan rambut yang diidamkan.

Dari mana kita bisa mempelajari pola pemotongan rambut? Dari Youtube.

Kamu bisa ketikkan model rambut yang kamu inginkan dan pelajari pola pemotongannya. Setelah itu, kamu bagi ke dalam beberapa tahapan supaya lebih mudah dimengerti dan dipraktikkan. Pastikan kamu benar-benar memahami setiap tahapan pemotongan rambut sehingga kamu tidak akan kebingungan saat mempraktekannya.

3. Persiapkan Alat

Ini adalah tahapan yang paling penting dalam mempraktikkan tips dan  cara memotong rambut sendiri di rumah. Apa saja alat yang perlu dipersiapkan? Mulai dari gunting rambut, sisir, jedai haircules by DeClip jepitan, handuk, sapu sampai pengki. Kalau kamu mau sekaligus membersihkan lantai dengan lap pel juga boleh.

Kenapa perlu sampai membersihkan lantai? Sebab potongan rambut kita tidak hanya akan menempel di area leher dan punggung, melainkan bisa sampai mengotori kursi dan lantai. Karena itu, ketika sedang mempersiapkan alat, pastikan kamu mempersiapkan alat hingga ke pendukung kebersihannya, ya.

4. Persiapkan Kosmetik Pendukung

Siapa bilang memotong rambut sendiri di rumah tidak memerlukan kosmetik pendukung? Salah besar! Faktanya, rambut yang dipangkas dengan bantuan kosmetik pendukung aka lebih bersih dan hasilnya pun akan menjadi jauh lebih rapi dan memuaskan.

Apa saja kosmetik pendukung yang diperlukan? Mulai dari shampo dan conditioner yang bisa kamu gunakan sebelum dan setelah memotong, sampai hair serum atau vitamin rambut pada saat styling.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kalau kamu tidak menggunakan kosmetik pendukung selama memotong rambut, rambut kamu berpotensi menjadi rusak dan tidak terawat.

5. Keramas

Sebelum memotong rambut, sama dengan treatment lainnya, rambut disarankan untuk dipersiapkan dalam keadaan bersih. Kenapa? Karena rambut yang dibiarkan berada dalam keadaan kotor kemudian dipangkas itu berpeluang membuat kuman atau bakteri menumpuk serta menimbulkan masalah yang serius di kemudian hari.

Karena itu, baik ketika memotong rambut atau treatment lainnya, kamu wajib melakukan keramas sebelum memulai treatment. Jangan lupa, ketika keramas, gunakan conditioner supaya rambut menjadi tidak kering, kusam, patah dan bercabang, ya.

6. Atur Rambut dalam Keadaan Setengah Basah

Kalau biasanya kita wajib mengeringkan rambut hingga benar-benar kering, proses gunting rambut sendiri di rumah justru harus dibiarkan dalam keadaan agak basah. Tidak benar-benar basah karena hal tersebut juga akan menyulitkan proses pemotongan rambut. Tetapi setengah basah.

Rambut yang berada dalam keadaan setengah basah membuat proses pemotongan menjadi lebih mudah; sebab ia juga menjadi lebih mudah diatur dan dipangkas dengan rapi serta sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.

7. Gunting Rambut

Ini adalah proses inti dari keseluruhan tips ketika memotong rambut sendiri di rumah; yaitu momen gunting rambut. Di sini, kamu akan mempraktekkan setiap tahapan menggunting rambut yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Ini adalah tahapan yang memerlukan keseriusan serta ketelitian. Karena itu, kamu wajib melakukannya dengan sangat hati-hati.

Pastikan kamu tidak melewatkan setiap tahapan yang diperlukan untuk mewujudkan model rambut yang kamu impikan. Kalau kamu tidak yakin dengan kemampuanmu sendiri, kamu juga boleh minta bantuan teman atau kerabatmu untuk membantumu.

8. Rapikan

Setelah kamu selesai wujudkan model rambut impian, kamu tetap harus merapikan hasil potongan rambutmu. Sebab, setelah kamu memotong rambut itu, pasti ada bagian-bagian rambut yang potongannya kurang rapi.

Ini adalah waktunya untuk kamu memastikan bahwa potongan rambutmu sudah presisi. Sebelum kamu benar-benar yakin potongan rambutmu sudah rapi dan sesuai dengan bentuk yang kamu impikan, baru kamu dapat maju ke tahap selanjutnya, yaitu membersihkan kekacauan pasca memotong rambut.

9. Bersihkan

Biasanya, bagian-bagian yang ditempeli oleh potongan rambut adalah kening, leher dan dada. Pastikan kamu membersihkan keseluruhan area tersebut. Jangan ada yang tertinggal. Sebab, kalau tertinggal, bukan hanya membuat gatal, tetapi juga akan menyebarkan kuman dan bakteri.

Bagaimana membersihkannya? Gunakan handuk dan luruhkan potongan rambut yang menempel. Kalau kamu mau sekalian mandi, itu juga lebih baik. Gunakan sabun antiseptik supaya kesehatan kulit tetap terjaga.

10. Styling

Apakah potong rambut saja cukup? Tentu saja tidak. Sebab, kamu juga harus melakukan styling pada rambutmu yang baru. Terkadang, rambut tidak bisa begitu saja dibiarkan apa adanya. Kita harus melakukan styling supaya hasilnya dapat lebih indah lagi.

Bisa styling menggunakan pemanas elektronik sekalipun styling manual hanya dengan roll rambut, sisir dan hairspray. Kamu yang tentukan sendiri cara styling paling mudah sekaligus optimal dalam menunjang penampilanmu sehari-hari.

Setelah mengetahui tahapan cara memotong rambut sendiri di rumah, Minpow berasumsi kamu juga ingin tahu tips-tips yang dapat kamu perhatikan selama memotong rambut sendiri di rumah. Apa saja tips yang bisa kamu perhatikan untuk memotong rambut sendiri di rumah. Segera simak tips dari Minpow berikut ini:

Tips Memotong Rambut Sendiri di Rumah

1. Sebaiknya Punya Referensi

Ini sangat penting untuk kamu miliki, karena semakin banyak referensi, maka hasil potongan rambut barumu akan semakin sesuai dengan bentuk wajah serta tubuh kamu. Tips dari Minpow adalah miliki referensi sebanyak mungkin.

Supaya hasilnya dapat lebih mengagumkan. Kalau referensi kamu terbatas, hasilnya juga cenderung akan terkesan dipaksakan.

Darimana kita bisa mendapat referensi? Bisa dari internet, majalah fashion, saran teman-teman, atau saran dari hairstylist yang lebih berpengalaman dan memang profesional di bidangnya. Ayo wujudkan model rambut impianmu sekarang!

2. Wajib Potong dalam Keadaan Basah

Untuk memudahkan proses pemotongan rambut, seperti yang tadi Minpow sudah sampaikan, sebaiknya biarkan rambutmu dalam keadaan setengah basah. Apabila kamu memotong rambut dalam keadaan kering, hal tersebut selain akan menyulitkan proses pemotongan, juga bisa memberikan hasil yang berbeda dengan keinginan.

3. Selalu Bersihkan Sisa yang Menempel

Ini yang tidak boleh kita abaikan saat memotong rambut. Kebersihan. Meski terkesan sepele, tetapi pada banyak kasus seringkali kebersihan yang diabaikan justru menjadi penyebab masalah utama dalam munculnya permasalahan rambut.

Banyak bakteri dan kuman yang menempel dan menumpuk dari rambut yang tidak dibersihkan setelah dipotong.

4. Gunakan Produk Kosmetik Rambut Terbaik

Ini juga penting. Jangan karena ingin mendapatkan harga lebih murah, kita rela menurunkan standar kosmetik rambut yang kurang maksimal. Sebab, keputusan itu akan memengaruhi hasil.

Kalau produk kosmetik yang kita gunakan buruk, hasil akhirnya pun tidak akan memuaskan. Karena itu, selalu pilih produk berkualitas terbaik untuk rambut yang memukau.

5. Styling untuk Hasil Lebih Memesona

Meski ini adalah pilihan opsional, tetapi ada banyak sekali rambut yang apabila tidak distyling dia akan kelihatan tidak menarik, berantakan atau tidak terawat.

Tips dari Minpow setelah memotong rambut, pastikan kamu juga sekaligus melakukan styling supaya hasil akhirnya dapat kelihatan lebih menawan dan sesuai dengan penampilan yang kamu inginkan.

Styling juga tidak cukup hanya satu kali, melainkan setiap hari atau setiap habis keramas. Karena banyak proses styling yang merusak rambut, pandai-pandailah menjaga kesehatan rambut dengan melakukan perawatan yang intensif.

Mulai dari penggunaan conditioner sehabis keramas, vitamin dan serum setelah rambut dikeringkan, serta masker rambut dan hair spa seminggu sampai sebulan sekali.

Minpow sudah menepati janji untuk memberikan tips dan cara memotong rambut sendiri di rumah. Jadi, selanjutnya, kamu sudah tahu apa saja yang harus diperhatikan sekaligus harus dihindari saat memotong rambut sendiri di rumah. Dengan begitu, peluang kegagalan dalam memotong rambut dapat terhindari. Selamat mencoba, ya!

BACA JUGA :

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *