Declip

logo final declip

Mana yang Lebih Tinggi Kandungan Kafeinnya Kopi atau Teh? Ini Fakta Menariknya!

Gambar Mana yang Lebih Tinggi Kandungan Kafeinnya Kopi atau Teh Ini Fakta Menariknya

Bestie kamu tim kopi atau tim teh nih? Tahukah kamu kalau keduanya punya kandungan kafein. Kafein adalah salah satu stimulan alami yang paling populer. Kalau ngantuk pasti yang dicari adalah kandungan kafein. Dalam hal jumlah, kandungan kafein sebenarnya bervariasi di setiap minuman dan makanan tergantung pada bahan dan persiapannya. Sementara kafein memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang dimasukkan dalam jumlah sedang.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi Kafein ya bestie! Beberapa penilitian menyarankan untuk mengonsumsi kafein maksimal 500mg. Jika lebih dari itu kamu biasanya akan mengalami gejala insomnis, kecemasan, sakit kepala, kegelisahan, dan asalm lambung. Kafein juga bisa menimbulkan efek adiktif walaupun tidak tinggi. Itulah megapa penting untuk memahami kandungan kafein dari minuman favoritmu.

Minuman yang sering dicari apalagi kalau pikiran sudah kurang fokus adalah kopi atau teh bukan? Penasaran tidak sih masing-masing memiliki kandungan kafein berapa banyak? Minpow akan spill kandungannya berapa aja nih, simak bersama yuk!

Kandungan Kafein pada Kopi

Untuk satu cangkir kopi sekitar 237 ml, berisi kopi hitam yang diseduh, pada umumnya mengandung lebih banyak kafein yaitu kurang lebih 95 mg kafein. Dalam penelitian espresso atau jenis kopi yang cukup populer dikonsumsi para penikmat kopi hitam adalah sumber kafein yang lebih pekat.

Kandungan dalam minuman kopi single espresso, sedikitnya terdiri dari 58 mg kafein per 30 ml. Penelitian lainnya juga menunjukkan espresso tanpa kafein cenderung memliiki kandungan kafein lebih banyak yaitu sekitar 3-16 mg atau sekitar 437 ml.

Kandungan Kafein pada Teh

Jenis minuman ini adalah yang populer setelah kopi. Biasanya teh yang sering dikonsumsi adalah teh hitam, teh hijau, dan teh putih. Perbedaan dari ketiga teh ini adalah tingkat oksidasi daunnya. Selain itu dalam prosesnya teh hitam cenderung teroksidasi sedangkan teh hijau dan teh putih tidak mengalami oksidasi, sehingga rasanya tidak sepekat dan setajam teh hitam.

BACA JUGA:  3 Contoh Memorandum dalam Bahasa Inggris

Untuk kandungannya secangkir teh hijau (24-45 mg) mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hitam (14-70 mg). Selain mengandung kafein yang lebih sedikit, teh hijau juga bermanfaat untuk detoks tubuh dan menutunkan berat badan.

Minpow ada trik nih untuk kamu yang mau mengurangi kadar kafein dalam teh, cobalah menyeduh teh dalam waktu singkat. Kalau kamu sering mengonsumsi teh kemasan, teh tersebut juga mengandung kafein sebesar 5-40 mg per 237 ml.

Meskipun begitu kandungan teh lebih rendah dibandingkan dengan kandungan pada kopi. Lebih sering mengonsumsi yang mana nih bestie? Minpow ingatkan untuk selalu hati-hati dalam mengonsumsi kafein ya. Terlalu banyak kafein juga bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu! Mau tahu lebih banyak soal informasi menarik tentang lifestyle dan beauty lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!