Declip

logo final declip

Punya Kulit Sensitif? Pastikan Kamu Kenali Kandungan Yang Membuat Kulit Mudah Iritasi!

Gambar Punya Kulit Sensitif Pastikan Kamu Kenali Kandungan Yang Membuat Kulit Mudah Iritasi 1

Kamu sering mengalami kulit kemerahan, terasa gatal, atau kulit yang terasa lebih kering sekaligus terasa lebih ruam? Mungkin ini tandanya kamu memiliki kulit yang sensitif, dan keadaanmu tersebut adalah iritasi.

Memang beberapa dari produk skincare, atau bodycare menggunakan bahan kimia yang kurang bersahabat untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Akibatnya kulit sensitif memiliki reaksi yang berupa iritasi bila bersentuhan dengan bahan kimia tersebut.

Untuk kamu yang memiliki masalah serupa, kamu harus lebih cermat memilih produk skincare atau body care. Agar tidak salah memilih produk, simak beberapa kandungan bahan pada skin care, body care, atau produk lainnya yang bersentuhan dengan kulitmu yang berpotensi membuat kulit mudah teriritasi ini. Simak bersama yuk!

Kandungan Yang Membuat Kulit Mudah Iritasi

1. Parfum

Kandungan parfum sering ditambahkan pada produk skin care atau body care memang bisa membuat kamu lebih percaya diri karena wanginya yang semerbak. Tapi sayangnya, parfum pada produk makeup dan skincare ini dapat membuat kulit iritasi, mengelupas, dan kering terutam abagi kamu yang memiliki kulit sensitif.  Jadi pastikan kamu screening produk yang ingin kamu gunakan apakah mengandung parfum atau tidak ya!

2. Alkohol

Kandungan yang satu ini sering ditambahkan agar produk memberikan rasa dingin yang menyegarkan. Salah satu produk skincare yang biasanya menambahkan kandungan alkohol adalah deodorant. Fungsi yang utama alkohol pada deodorant adalah agar cepat kering di kulit dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

BACA JUGA:  Apa Itu Ampoule, Fungsi, Cara Pakai Dan Perbedaannya Dengan Serum? Simak Biar Gak Salah Bestie!

3. Paraben

Bahan yang perlu dihindari untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Biasanya paraben ini ada dalam produk deodorant dan kosmetik. Dungsinya untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Fun fact yang harus kamu ketahui, paraben ini bukan hanya memicu iritasi kulit, tapi juga memicu hormone estrogen yang dapat mengganggu keseimbangan hormon.

4. Serum Vitamin A dan C

Sebenarnya serum dengan vitamin A dan C menjadi bahan aktif yang penting untuk merawat kulit wajah. Keduanya memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu mencegah munculnya tanda penuaan.

Tetapi ada hal yang harus kamu perhatikan, walaupun kandungannya bagus serum ini memberikan efek samping langsung pada kulit sensitif, yaitu iritasi, alergi, dan peradangan. Sebagai gantinya, pastikan kamu memilih produk yang menggunakan turunan dari vitamin C seperti ascorbyl tetraisopalmitate yang lebih gentle untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

5. Sulfat

Bahan skincare yang harus kamu hindari jika kamu memilki kulit sensitif asalah sulfat. Biasanya kandungan ini berperan untuk menghasilkan busa pada pembersih muka, bersama dengan garam mineral, dan sulfur untuk melakukan tugas utamanya yaitu membersihkan kotoran pada wajah.

6. Asam Alfa Hidroksi (AHA)

Biasanya terdapat pada produk toner, antipenuaan, serum, dan beberapa jenis produk perawatan lain. Kandungan ini memang sangat membantu menyamarkan tanda penuaan, noda hitam, membantu produksi kolagen, dan mencegah jerawat.

AHA akan membuat klit wajah kamu jadi lebih sensitif terhadap paparan sinar UV. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan beta- hydroxy acid atau BHA karena lebih bersahabat untuk kulit sensitif.

7. Benzoil Peroksida

Kandungan yang satu ini cukup terkenal karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dalam waktu yang singkat. Jika kamu memiliki kulit sensitif, Minpow tidak menyarankan kamu untuk menggunakan produk yang memiliki kandungan ini. Karena dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar, kering, dan perih.

BACA JUGA:  Mau Kulit Lebih Sehat dan Glowing? Ini Jenis Vitamin yang Baik Untuk Kulit!

Itu dia 7 kandungan yang membuat kulit iritasi dan sensitif. Jadi pastikan kamu kenali permasalahan kulitmu dan kandungan skincare yang kamu gunakan ya! Semoga artikel ini membantu kamu dalam memilih skin care atau body care yang akan kamu pakai. Untuk tips and trick, atau insight mengenai skin care lainnya kamu bisa klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!