Declip

logo final declip

10 Ciri-Ciri Kulit Wajah yang Terkena Merkuri, Dari Iritasi Sampai Perubahan Pigmen Kulit!

Gambar 10 Ciri Ciri Kulit Wajah yang Terkena Merkuri Dari Iritasi Sampai Perubahan Pigmen Kulit

Hal yang sering dilupakan jika kamu mencari produk kecantikan adalah kandungannya. Hal yang sangat penting dilakukan agar terhindar dari kandungan berbahaya, salah satunya adalah kandungan merkuri.

Kandungan merkuri khususnya pada wajah sangat berbahaya dan bisa menimbulkan efek yang buruk karena mampu membuat kulit mudah terinfeksi bakteri dan jamur, membuat ruam pada kulilt, menipiskan lapisan kulit, sampai merubah kulit. Bukan hanya dampaknya pada permukaan kulit tapi juga pada kesehatan, seperti membuat gagal ginjal.

Sangat mudah untuk mengenali bau merkuri, sangatlah mudah karena merkuri memiliki bau yang sangat tajam dan memiliki tekstur yang lengket sehingga dengan mudah mengenalinya jika terkandung dalam produk kosmetik.

Ciri-ciri wajah yang terkena Merkuri

Banyak ciri-ciri kulit wajah yang terkena merkuri yang kamu harus ketahui nih! Diantaranya;

1. Perubahan warna kulit

Memang menggunakan merkuri bisa memutihkan kulit wajah, namun bila digunakan secara berlebihan dan terlalu lama bisa menyebabkan perubahan warna kulit yang mengkhawatirkan.

2. Mengalami iritasi

Iritasi juga menjadi salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri. Iritasi yang ditimbulkan biasanya memunculkan rasa panas, gatal, Jika kamu merasa sudah mengalaminya, segera hentikan penggunaan produk dan kompres bagian wajah dengan air dingin. Bila perlu, gunakan pelembap untuk membantu menjaga kelembapan kuitmu.

3. Bagian sekitar bibir mati rasa

Jika kamu sering terpapar zat berbahaya ini terlalu berlebihan, kamu akan mengalami keracunan merkuri yang berdampak pada organ dalam. Salah satunya adalah berkurangnya kemampuan saraf dalam merespon, terutama pada bagian kaki, tangan, dan sekitaran mulut.

BACA JUGA:  Ini Dia 5 Spray untuk MakeUp Tahan Lama, Anti Luntur!

4. Kulit terasa lebih gatal dan perih

Ciri selanjutnya adalah kulit menjadi lebih sensitif dan akan menimbulkan rasa gatal dan perih. Biasanya jika kondisi ini parah, kemungkinan akan terlihat ada bercak merah didaerah yang gatal dan perih tersebut.

5. Kulit mengelupas

Kontaminasi merkuri yang berlebihan bisa membuat kulit mengelupas, terutama pada kulit anak, yang mana efeknya dapat menurun pada generasi selanjutnya. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan tersebut ya!

6. Munculnya jaringan parut

Pernah dengar apa itu jaringan parut? Jaringan parut ini adalah proses penyembuhan luka yang terjadi setelah mengalami masalah kulit. Jika muncul jaringan parut yang tidak kunjung hilang, kemungkinan adanya kontaminasi merkuri pada kulit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya atau lemon. Dengan menuangkan 4-5 tetes ke area kulit wajah setelah itu ratakan dengan tangan dan diamkan sampai mengering selama 10 menit. Lakukan secara rutin setiap malam.

7. Ruam

Salah satu ciri terkontaminasinya kulit dengan kandungan merkuri adalah ruam. Biasanya kamu bisa melihat kulit yang berubah warna menjadi kemerahan dan terasa gatal. Maka dari itu kamu harus lebih teliti jika ingin membeli produk kecantikan, pastikan kamu melihat secara detail kandungannya.

8. Lapisan kulit menipis

Jika kulit terkena merkuri, biasanya akan lebih rentan terkelupas. Lapisan kulit akan semakin menipis. Biasanya hal ini terjadi karena penggunaan merkuri dalam waktu yang cukup lama.

Kulit yang menipis akan membuat skin barrier menjadi rusak. Hasilnya kulit wajah lebih sensitif atau mudah mengalami masalah.

9. Pembengkakan

Merkuri juga menyebabkan pembengkakan di wajah. Bagian wajah yang biasanya sering terpapar biasanya akan lebih sering mengalami pembengkakan seperti pipi, bibir, atau mata akan terlihat lebih bengkak.

BACA JUGA:  10 Skincare Terbaik Untuk Memperbaiki Skin Barrier

10. Gangguan kulit lainnya

Selain iritasi, ciri kulit yang terkena merkuri adalah menyebabkan gangguan kulit lainnya seperti dermatitis kontak, seboroik, dan eksim. Tampilan tersebut membuat kulit terlihat kering, bersisik, dan mengelupas.

Itu dia 10 ciri kulit wajah yang terkena merkuri. Jika kamu salah satu korban si kandungan jahat merkuri ini, pastikan kamu mencari cara bagaimana untuk mengurangi ciri tersebut. Ingin tahu mengenai banyak informasi menarik lainnya mengenai skincare dan body care lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!