Declip

Gambar 12 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Agar Terlihat Mulus

12 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Pori-pori wajah yang besar dan bintik-bintik di wajah adalah salah satu masalah yang mengganggu. Banyak orang melakukan cara untuk menghilangkannya agar kulit wajah terlihat lebih mulus. Sebenarnya apa sih penyebab utama pori-pori yang besar di wajah?

Penyebabnya dari berbagai faktor seperti usia. Semakin bertambahnya umur manusia, maka akan berkurang kemampuan seorang manusia untuk menghasilkan kolagen dan elastin sehingga biasanya kulit akan kelihatan kendur dan pori-pori terlihat besar.

Selanjutnya adalah faktor genetik. Jenis kulit yang tebal dan berminyak juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Faktor lainnya adalah minyak berlebih. Ketika pori-pori membesar produksi sebum juga atau minyak cenderung meningkat sehingga banyak kotoran lebih mudah menempel di wajah.

Maka dari itu, kita harus sering melakukan perawatan untuk mengecilkan pori-pori di wajah agar terlihat lebih halus. Minpow akan kasih cara untuk menjawab masalah kulit kamu khususnya perawatan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Simak yuk!

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pori – pori wajah terlihat lebih besar karena tersumbat, maka dari itu rutin membersihkan wajah adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Kamu harus mencuci muka 2 kali dalam sehari. Ketika mencuci muka pastikan kamu menggunakan air hangat, basuh wajah dengan menggunakan kain lembut agar tidak iritasi.

Karena kulit yang iritasi dan meradang bisa menimbulkan pori-pori terlihat besar. Kamu juga harus memilih sabun yang gentle dan yang mengandung non comedogenic agar tidak membuat pori-pori tersumbat.

2. Selalu Melakukan Double Cleanse

Jika kamu sering menggunakan makeup, double cleanse harus selalu kamu lakukan. Double cleanse dilakukan agar pori-pori kamu tidak tersumbat. Mencuci muka dengan facial wash saja tidak cukup. Kamu harus melakukan step seperti cleansing balm, oil cleanser, atau micellar water sebelum mencuci muka.

3. Eksfoliasi

Kunci utama untuk merawat kulit yang memiliki pori-pori besar adalah eksfoliasi. Minpow sarankan untuk kamu yang mencari eksfoliator untuk jenis kulit berpori-pori besar, pastikan teksturnya yang lembut seperti pasir agar bisa mengangkat kotoran seperti sel kulit mati dan kotoran yang ada di dalam pori-pori.

Jangan lakukan eksfoliasi setiap hari ya. Cukup satu sampai dua kali seminggu, atau jika kamu punya kulit yang sensitif kamu bisa melakukan eksfoliasi satu sampai dua kali dalam satu bulan.

4. Rutin Memakai Sunscreen

Agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari, kamu harus selalu rutin memakai sunscreen. Pastikan kamu memilih sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau 50 PA+++ agar melindungi kulit kamu dari sinar UV yang mudah merusak kulit. Pastikan kamu menggunakan Sunscreen 15 menit sebelum melakukan aktivitas ya!

5. Gunakan Clay Mask

Penggunaan clay mask bisa mengurangi kandungan minyak di wajah dan membuat wajah terlihat lebih halus. Kamu bisa menggunakan clay mask 1-2 kali seminggu. Minpow sarankan untuk kamu menggunakan clay mask tidak berbarengan dengan eksfoliasi agar kulit tidak iritasi dan menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar.

6. Minum Air yang Cukup

Tahukah kamu dengan minum air yang cukup, kamu bisa mengecilkan pori-pori muka kamu? Sebisa mungkin minum air 2 liter per hari ya. Bukan hanya kulit muka kamu yang terlihat lebih mulus dengan minum air putih, tapi badan kamu juga akan semakin sehat karena asupan air yang cukup.

Jika kamu bosan dengan air yang tawar, kamu juga bisa menambahkan lemon atau mentimun ke dalam air sebagai perasa.

7. Menggunakan Retinol

Bukan hanya asupan saja yang harus diperhatikan, tapi perawatan luar seperti skincare juga penting. Salah satu skincare yang membantu kamu yang punya masalah kulit seperti kulit berminyak, mudah berjerawat, kulit muka terasa kurang kencang sehingga pori-pori terlihat lebih besar adalah Retinol.

Zat Retinol bisa kamu pakai sebelum kamu tidur untuk hasil yang maksimal. Minpow ingatkan juga untuk berhati-hati dalam penggunaan zat retinol ini apalagi untuk kamu yang punya kulit sensitif, atau kulit yang pemula, dan masalah kulit lainnya. Jadi pastikan kamu ada rekomendasi dari profesional sebelum mencoba menggunakan Retinol.

8. Melakukan Facial

Cara mengurangi tampilan pori-pori yang terlihat besar, kamu bisa melakukan treatment Facial. Karena treatment ini ampuh untuk mengeluarkan kotoran di wajah kamu secara manual sehingga hasilnya langsung terlihat. Lakukan treatment facial dengan bantuan ahli kulit atau dokter kulit yang sudah bersertifikasi.

Ada juga beberapa treatment facial yang bisa kamu lakukan seperti pembersihan kulit secara menyeluruh, analisis keadaan kulit oleh ahli, pengelupasan kulit atau pembersihan komedo, melakukan pemijatan wajah, memakai masker untuk perawatan, mengaplikasikan serum, sunscreen, dan pelembab.

9. Konsultasi Pada Dokter Kulit

Jika kamu merasa perawatan tidak juga membuat kulit wajahmu terlihat lebih mulus, kamu bisa konsultasi pada dokter kulit. Dokter kulit akan merekomendasikan kamu perawatan yang cocok untuk masalah kulitmu.

Misalnya seperti microneedling atau laser. Jika pori-pori wajah kamu yang terlihat besar dikarenakan kondisi kulit muka yang berjerawat, dokter kulit biasanya akan memberikan resep antibiotik atau obat retinoid untuk membantu membersihkan kulit dan mengurangi radang pada kulit.

10. Jaga Kulit Tetap Lembab

Jika tidak ingin memiliki pori-pori yang besar, pastikan kamu tetap menjaga kondisi wajah kamu selalu lembap. Pastikan kamu menggunakan pelembab setiap hari.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak, tetap harus menggunakan pelembab agar produksi minyak di wajah tidak berlebih.

Tips dari Minpow, untuk kamu yang memiliki muka berminyak, pastikan kamu menggunakan pelembab yang berbahan dasar air, dan hindari dari pelembab yang memiliki kandungan minyak berlebih.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu, lalu mengeringkan muka dengan cara menepuk-nepuk kulit hingga kering. Lalu kamu bisa mengoleskan pelembab dengan lembut untuk membantu menghidrasi kulit.

11. Istirahat yang Cukup

Selain menggunakan skincare, memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh, istirahat yang cukup juga membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit wajahmu dan mengatasi masalah tubuh lainnya.

Saat kamu tidur, kulit akan melakukan proses regenerasi yaitu menggantikan sel-sel kulit lama dengan sel-sel kulit baru. Jika jam tidur kita kurang, kulit kita tidak beregenerasi secara sempurna akan mengakibatkan kulit menjadi kusam dan pori-pori terlihat besar.

12. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan bisa berpengaruh pada ukuran pori – pori wajah. Apalagi jika kamu makan makanan yang berlemak, pori-pori wajah akan sering tersumbat.

Kamu bisa makan makanan yang mengandung kolagen seperti putih telur, kaldu ayam, dan daging ayam. Makanan tersebut bisa meningkatkan elastisitas kulit dan memperkecil ukuran pori-pori.

Itulah 12 cara mengecilkan pori-pori di wajah agar terlihat mulus, dan semakin cantik. Pastikan kamu konsultasi dahulu mengenai kondisi kulit kamu, dan tentukan perawatan yang baik untuk kamu lakukan ya! Semoga bermanfaat!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *