Declip

Gambar 5 Cara Mengatasi Konflik dengan Pasangan Supaya Hubungan Langgeng

5 Cara Mengatasi Konflik dengan Pasangan Supaya Hubungan Langgeng

Kapan terakhir kali ribut dengan pasangan? Rasanya mustahil, ya, bila kita berhubungan dengan seseorang tetapi tidak pernah mengalami konflik sama sekali.

Pasti selalu ada saja pertengkaran yang memang sudah dipercaya menjadi bumbu dalam relasi romansa tersebut. Asal kita tahu cara mengatasi konflik dengan pasangan, hal tersebut jadi wajar.

Justru yang berbahaya adalah bila kita tidak pernah mengalami konflik. Kenapa bisa sampai tidak punya konflik, sementara manusia itu jelas satu atau dua kali pasti akan menghadapi perbedaan pendapat.

Ketika hal itu terjadi, bagaimana cara mengatasi konflik dengan pasangan? Minpow bahas tuntas melalui artikel ini, ya!

Cara Mengatasi Konflik dengan Pasangan

1. Tenangkan Diri

Sebetulnya, langkah awal yang sebaiknya dilakukan ketika sedang sama-sama emosi dan menghadapi konflik bukanlah dengan langsung menuntaskannya saat itu juga. Dalam keadaan emosi, kadang kita jadi sulit berpikiran objektif.

Belum lagi dilanda oleh perasaan kalut. Jadi, ketimbang memaksakan diri untuk menyelesaikan masalah saat itu juga dan malah bertambah parah, tenangkan diri dulu, ya.

2. Atur Persepsi

Ketika sedang beradu argumen dengan pasangan, kita cenderung memiliki persepsi bahwa diri kita memiliki kebenaran untuk disampaikan. Atau memiliki pendapat penting untuk diberikan. Karena itu, kadang kita juga berubah jadi sosok yang keras kepala. Ingin menang sendiri.

Nah, karena itu, dalam membagikan kiat-kiat atau cara mengatasi konflik dengan pasangan, Minpow menyarankan kamu untuk mengubah dan mengatur persepsi. Coba ubah posisi kamu dan pasangan yang semula sebagai dua pribadi berbeda menjadi satu tim. Jadi, bukan kamu lawan dia. Melainkan kamu dan dia melawan masalah.

3. Dengarkan

Satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat mempraktekan cara mengatasi konflik dengan pasangan kita memang harus mengemukakan argumen, tetapi mendengarkan juga tidak kalah penting.

Bukan sembarang ‘dengar’, ya, melainkan mendengar untuk menyelami, memahami, sekaligus berupaya memposisikan diri di sisi pasangan.

4. Lakukan di Saat yang Tepat / Ciptakan Suasana

Siapa bilang cuma perayaan yang butuh diatur dengan suasana yang tepat? Berantem juga, lho! Coba, deh, ketika berniat ‘beradu argumen’ dengan pasangan, pastikan kalian melakukannya di tempat yang pribadi.

Sama dengan banyak hal intim lain dalam hubungan, beradu argumen juga sifatnya sangat pribadi dan sebaiknya tidak dilihat orang lain.

Karena itu, penting untuk melakukannya di tempat pribadi, didukung oleh suasana yang nyaman, menentramkan, sekaligus membuat kedua belah pihak merasa nyaman dan rileks untuk mengutarakan pendapat masing-masing.

5. Akhiri dengan Kasih Sayang

Setelah selesai mengatasi konflik, buat kontak fisik semacam pelukan yang hangat supaya masing-masing pihak tahu dan secara sadar merasakan diri masing-masing dicintai dengan cukup.

Paham bahwa pertengkaran itu bukan bertujuan untuk melukai salah satu pihak, melainkan sebagai upaya untuk membuat hubungan menjadi lebih baik.

Kalau kamu perhatikan, masing-masing tahap dalam cara mengatasi konflik dengan pasangan itu penting dan tidak boleh ada yang dilewatkan. Karena itu, Minpow juga sarankan kamu untuk menyikapi setiap proses dengan serius dan tidak ada yang kamu anggap enteng.

Itu tadi beberapa cara mengatasi konflik dengan pasangan yang bisa kamu praktikan selanjutnya saat perlu beradu argumen dengan pasangan. Kalau kamu mau mengirimkan artikel ini ke pasangan, boleh sekalian diatur jadwal untuk beradu argumen pada waktu dan tempat yang dipersiapkan matang-matang, ya.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *