Declip

logo final declip

6 Ciri-Ciri Tidak Cocok Menggunakan Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Gambar 6 Ciri Ciri Tidak Cocok Menggunakan Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Untuk para wanita, tergiur untuk memilih dan menggunakan banyak jenis kosmetik adalah hal yang biasa. Pastinya saat memilihnya juga memiliki banyak pertimbangan mulai dari memilih warna yang senada sampai kualitas kosmetik yang akan diaplikasikan ke wajah.

Meskipun begitu, banyak efek samping yang juga ditimbulkan karena sering gonta-ganti kosmetik nih. Misalnya seperti alergi. Alergi ini juga bisa berefek pada kepercayaan diri akan penampilan, sehingga jika kamu sudah mengalami alergi karena kosmetik ini harus diseimbangkan dengan perawatan.

Selain alergi banyak juga ciri-ciri yang harus kamu waspadai jika tidak cocok menggunakan kosmetik, yuk simak selengkapnya!

Ciri-ciri tidak cocok menggunakan kosmetik

1. Jerawat dan komedo

Ciri pertama, dan yang paling umum terjadi adalah pertumbuhan jerawat dan komedo. Jika kulit terpapar allergen pasti akan muncul kondisi jerawat. Hal ini juga bisa berpengaruh pada perubahan warna kulit.

2. Biduran atau Bentol

Reaksi selanjutnya adalah biduran. Biasanya hal ini sering ditandai dengan rasa panas atau perih di kulit wajah, dengan sedikit sensasi kesemutan. Hingga kulit terasa gatal dan bengkak. Bila dalam 24 jam tidak hilang, Minpow sarankan kamu untuk mengkonsultasikannya ke dokter kulit.

3. Bengkak

Alergi ini juga bisa menyebabkan mata dan bibir bengkak. Alergi juga ditandai rasa gatal, kulit kering, sampai luka yang mungkin muncul.

4. Ruam

Gejala kemerahan pada bagian kulit pasti bisa terjadi. Selain menjadi merah, kulit juga terasa lebih gatal. Ruam ini biasanya muncul di sekitar mata.

BACA JUGA:  12 Face Wash yang Mengandung Niacinamide, Bisa Bikin Kulit Lebih Cerah

5. Tekstur menjadi tidak rata

Munculnya jerawat hingga kemerahan membuat kulit akan terasa seperti beruntusan. Hal ini membuat tekstur kulit menjadi tidak merata. Produk kosmetik yang tidak cocok. Untuk mengembalikan kondisi kulit ini, kamu harus rajin eksfoliasi setidaknya 1-2 kali seminggu agar sel kulit mati terangkat.

6. Kulit menjadi breakout

Mencoba-coba produk kosmetik harus tahu konsekuensinya yaitu kulit menjadi breakout jika tidak cocok produknya. Seperti rasa gatal yang disertai panas. Jika kamu mengalami tanda seperti ini, pastikan kamu langsung menghapus make up yang kamu sedang pakai.

Cara Mengatasi Tidak Cocok Menggunakan Kosmetik

Jika kamu sedang mengalami kondisi seperti diatas, jangan khawatir bestie! Minpow akan spill cara mengatasi ketidakcocokan makeup. Simak selengkapnya bersama ya!

1. Oleskan pelembap

Kulit yang terkena alergi biasanya akan mengering dan gatal. Sehingga Minpow sarankan kamu untuk menggunakan pelembap dengan kandungan aloe vera. Kandungannya sangat bagus untuk melembapkan kulit kering dan mengurangi rasa gatal di kulit.

2. Kompres air dingin

Ini bisa jadi pertolongan pertama kalau kamu merasa kulit kamu gatal atau terasa panas. Dengan mengompres dengan air dingin bisa meredakan gatal dan juga mengurangi peradangan.Kamu bisa mengompresnya di daerah yang alergi.

3. Mengonsumsi obat antihistamin

Antihistamin bisa mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal didaerah wajah. Zat ini juga membantu mengatasi gejala, seperti mata berair, hidung tersumbat, dan kesulitan bernafas. Antihistamin bisa dalam bentuk tablet, tetes mata, atau krim.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan keluhan alergi yang kamu alami ya!

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri kulit yang tidak cocok menggunakan kosmetik dan cara mengatasinya. Intip rahasia skincare lainnya yuk bestie! Langsung klik disini aja!

BACA JUGA:  8 Tips Ampuh untuk Memilih Produk Kosmetik yang Aman

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!