Declip

Gambar Eksfoliator Terbaik Benar Tidak Ya Simak 8 Manfaat Lactic Acid Pada Skincare Ini

Eksfoliator Terbaik, Benar Tidak Ya? Simak 8 Manfaat Lactic Acid Pada Skincare Ini!

Produk skincare sekarang ini banyak yang memiliki kandungan yang menarik para pecinta skincare. Banyak kandungan aktif skincare yang bermanfaat untuk perawatan kulit yang berperan mulai dari sebagai eksfoliator kulit, melembapkan, menghilangkan jerawat, sampai mencerahkan kulit.

Asam laktat atau alpha hydroxy acid (AHA) yang mencakup asam glikolat, tartarat, malat, dan sitrat yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Biasanya jenis AHA yang memiliki kandungan ringan berfungsi menghidrasi, membuka pori-pori, mengelupas, dan mencerahkan kulit.

Kandungan asam laktat atau AHA ini dibandingkan dengan kandungan lainnya lebih ringan dan memiliki molekul yang sedikit lebih besar, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Nah jika kamu ingin mencoba asam laktat atau Lactic Acid ini, simak hingga akhir untuk mengetahui manfaat lactic acid ini yuk!

Manfaat Lactic Acid Pada Skincare

1. Membantu Menghaluskan Garis-Garis Halus dan Kerutan

Semakin bertambahnya umur, kandungan kolagen dalam kulit juga semakin berkurang. Maka dari itu kandungan asam laktat atau Lactic Acid ini sangat dibutuhkan sebagai eksfoliator gentle.

Guna eksfoliasi ini adalah untuk meregenerasi kulit agar mencegah penuaan, dehidrasi, dan stress. Jika berlangsung lama, maka kulit akan kasar dan terlihat sangat kusam.

2. Meningkatkan Kekenyalan Kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa formula asam laktat 5% yang dioleskan dua kali sehari, mampu meningkatkan kekencangan kulit. Sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap.

BACA JUGA:  Rahasia Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam, Apa Aja?

3. Mengurangi Jerawat Pada Wajah

Asam laktat ini membantu untuk pengelupasan kulit secara gentle yang membantu menjaga pori-pori tetap bersih dengan pengelupasan sel kulit mati, menghilangkan minyak berlebih sehingga akan mencegah pembentukan jerawat dan komedo.

4. Eksfoliator untuk Kulit

Seperti yang Minpow sudah singgung, fungsi asam laktat ini salah satunya adalah mengelupas lapisan luar kulitmu. Bahan aktif ini juga berfungsi mengelupas sel-sel kulit yang kusam dan kulit kamu akan menjadi cerah dan jauh lebih halus.

5. Mengatasi Hiperpigmentasi

Kamu punya masalah dengan warna kulit yang tidak rata? Hal itu terjadi karena produksi melanin yang berlebih. Kandungan asam laktat ini bisa mengencangkan kulit apabila digunakan dua kali sehari serta mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kencang.

6. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Lactic Acid memiliki kandungan yang cenderung lebih ringan. Jadi kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kering, atau berjerawat, kamu tidak perlu khawatir. Molekulnya yang besar membuat Lactic Acid ini aman digunakan.

7. Melembapkan Kulit

Golongan AHA memang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Akan tetapi, lactic acid juga berfungsi untuk menutrisi skin barrier mu sehingga terasa lebih lembap. Pas banget jika kamu punya kulit kering, bisa banget menggunakan produk skincare dengan kandungan AHA.

8. Mengecilkan Pori-Pori

Selain menjadi eksfoliator yang ringan, kandungan AHA juga membantu kamu yang memiliki masalah pori-pori yang besar. Menggunakan skincare dengan kandungan AHA rutin, akan membuat kulitmu semakin halus juga.

Selain ada manfaat yang baik dari kandungan AHA, kamu juga harus tahu efek samping dari kandungan Lactic Acid. Memang kandungan AHA lebih ringan dari dibandingkan kandungan yang lainnya. Jangan salah, kandungan Lactic Acid juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping, diantaranya;

BACA JUGA:  Jenis Masker Wajah dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui

Efek Samping dari Kandungan Lactic Acid

1. Iritasi Kulit

Efek samping lactic acid yang pertama adalah iritasi kulit. Biasanya gejala iritasi kulit yang sering muncul adalah kulit kering, mengelupas, kemerahan, gatal, pembengkakan, atau sensasi rasa terbakar.

Jika kamu merasa satu jam menggunakan lactic acid kamu tidak merasakan gejala yang parah, maka kamu aman-aman saja menggunakannya. Tapi jika terjadi sebaliknya, segera bilas dengan air dan hentikan penggunaannya.

2. Meningkatkan Sensitivitas Kulit Terhadap Sinar Matahari

Kandungan lactic acid memiliki kemampuan yang baik untuk eksfoliasi kulit. Namun kulit yang sudah di eksfoliasi akan rusak jika langsung terpapar dengan sinar Ultraviolet yang berasal dari matahari.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dari efek terbakar matahari.

Nah itu dia, yang harus kamu ketahui mengenai lactic acid atau asam laktat (AHA) mulai dari manfaat sampai efek sampingnya. Pastikan kamu tahu permasalahan dan kondisi kulitmu sebelum mencoba produk yang mengandung AHA. Kamu bisa melihat artikel perawatan wajah lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *