Declip

logo final declip

Apa Itu Ear Candle dan Gimana Langkah Melakukannya? Simak Selengkapnya!

Gambar Apa Itu Ear Candle Simak Lengkapnya soal Ear Candle Yuk

Memiliki tubuh yang sehat memang selalu menjadi keinginan semua orang. Banyak oragan tubuh yang memang harus diperhatikan kesehatannya termasuk masalah telinga. Banyak cara alternative yang digunakan untuk membersihkan telinga salah satunya dengan melakukan ear candle. Penasaran dengan apa itu ear candle dan semua tentang  itu? Yuk simak bersama.

Apa itu ear candle?

Ear candle adalah teknik membersihkan telinga yang memanfaatkan menggunakan lilin yang bisa membersihkan telinga dari segala penumpukan kotoran.

Cara melakukan ear candle yaitu dengan memasukkan sebuah lilin berongga berbentuk kerucut ke dalam lubang telingamu. Lilin yang biasa digunakan dalam terapi ini adalah lilin khusus berukuran 20 cm yang terbuat dari linen yang dilapisi sarang tawon, parafin, atau kombinasi keduanya. Tidak hanya itu lilin ini juga biasanya mengandung chamomile dan sage yang bisa memberikan efek relaksasi.

Langkah-langkah melakukan ear candle

Untuk kamu yang ingin mencoba ear candle pasti penasaran bukan dengan langkah melakukan treatment ini? Nah Minpow akan spill langkahnya.

  1. Harus melakukannya dengan posisi tidur menyamping supaya lilin bisa dimasukkan ke dalam telinga
  2. Agar terhindar dari kulit, diperlukan piring yang sudah dilubangi untuk masuknya lilin
  3. Setelah diposisikan sedemikian rupa, lilin dinyalahkan sekitar 10-15 menit
  4. Setelah selesai melakukan perawatan, biasanya terapis akan menunjukkan kotoran yang berhasil diangkat dari dalam telinga.

Hal yang paling sering menjadi pertanyaan adalah apakah ear candle ini memang aman jika dilakukan untuk treatment yang sering? Selanjutnya Minpow akan membahas tentang keamanan treatment yang satu ini.

BACA JUGA:  Ingin Kulit Ketiak yang Bersih, Ini 8 Cara Mencukur Bulu Ketiak Tanpa Membuat Noda Gelap!

Apakah ear candle itu aman?

Banyak orang yang masih mempertimbangkan hal ini aman atau tidaknya. Memang ear candle itu di anggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan kalau terapi ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran telinga.

Ada hasil pengukuran yang menunjukkan jika kotoran yang berada di dalam telinga tidak mengalami pengurangan. Para peneliti justru menemukan jika terdapat serpihan abu yang mengendap akibat dari pembakaran lilin.  Yang biasa ditunjukkan para terapis adalah sisa pembakaran lilin dan bukan kotoran pada telinga. Minpow tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan treatment ini untuk membersihkan telinga.

Lalu apa resiko dan bahaya terapi ear candle?

Selain penyebab yang Minpow sedikit singgung diatas, ear candle bisa menimbulkan akibat yang cukup membahayakan seperti iritasi di bagian luar telinga, hilangnya pendengaran sementara, selain itu terapi ini juga bisa saja menyebabkan luka yang serius, kerusakan pada gendang telinga. Yang cukup ekstrim adalah saat lelehan lilin yang menetes ke dalam telinga juga bisa membahayakan daerah sekitar telinga, bahkan bisa beresiko terjadinya pendarahan di bagian telinga.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!