Declip

Gambar Bagaimana Menangani Masalah Kecanduan Internet Simak Caranya

Bagaimana Menangani Masalah Kecanduan Internet? Simak Caranya!

Media sosial sekarang ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari untuk memperoleh informasi atau sekedar update kegiatan sehari-hari. Tapi tahukah kamu di era digital ini, peluang kecanduan internet menjadi sangat besar. Minpow tebak nih, pasti hal pertama yang kamu lakukan dipagi hari adalah cek notifikasi media sosial kan?

Susah rasanya untuk berpisah dengan gadget dalam waktu sebentar.  Tapi perlu diingat ya, walaupun dunia maya menjadi tempat yang menyenangkan. Penting untuk tahu cara mengatasi kecanduan internet. Nah simak bersama yuk cara menangani masalah kecanduan internet versi Minpow!

Bagaimana Menangani Masalah Kecanduan Internet?

1. Lakukan Aktivitas Bersama Teman

Distraksi yang tepat untuk mengatasi kecanduan internet adalah melakukan aktivitas bersama teman. Banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari liburan bersama, staycation, sampai hanya menonton film di bioskop.

2. Berinteraksi Dengan Lingkungan Sosial

Untuk menghindari kecanduan internet, salah satu caranya adalah berinteraksi dengan lingkungan sosial. Kamu bisa melakukan interaksi kecil dengan teman-temanmu atau tetanggamu. Semakin sering kamu berinteraksi, akan semakin kemungkinan kamu untuk menjangkau internet.

3. Menemukan Hobi Baru

Jika kamu adalah kaum introvert yang mungkin agak sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, kamu bisa mencoba untuk menemukan hobi baru yang tidak melibatkan internet. Susun produktivitas kamu sendiri mulai dari membaca buku, melukis, olahraga, dan lainnya. Carilah aktivitas yang tidak memerlukan internet dan hanya berfokus pada aktivitas tersebut.

4. Lakukan Detoks Internet

Cara menangani kecanduan internet selanjutnya memang agak sulit, karena kamu harus menjauhkan diri kamu dengan internet. Detox internet sendiri adalah saat kamu meninggalkan gadget dan segala hal yang berhubungan dengan internet.

Sebagai ganti menggunakan internet, kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca buku, bersih-bersih rumah, dan melakukan kegiatan lainnya.

5. Menggunakan Timer

Kadang membuka internet sering membuat lupa waktu. Maka dari itu, penting untuk kamu mencoba menargetkan berapa lama kamu mengakses internet. Misalnya dengan kamu menargetkan hanya mengakses internet dalam waktu 30 menit kamu boleh mengakses apapun seperti media sosial dan lainnya, namun setelah itu kamu melakukan hal lain yang tidak berkaitan dengan mengakses internet.

6. Menghapus Aplikasi yang Kurang Berguna

Terkadang saat mengakses internet, banyak aplikasi yang ditawarkan melalui ads yang menarik perhatian dan secara tidak sadar kamu pasti ikut mengunduhnya. Minpow sarankan untuk kamu menghapus aplikasi tersebut, karena hal tersebut juga mempengaruhi aktivitas kamu dalam mengakses internet lho!

7. Menonaktifkan Notifikasi

Menurut Minpow, cara menangani kecanduan internet satu ini sangat efektif. Menonaktifkan notifikasi bisa secara langsung membuat kamu tidak terus menerus cek gadget dan mengakses internet. Rasa penasaran selalu ada saat notifikasi muncul.

8. Bicarakan Kondisi Kecanduanmu

Jika kamu merasa kecanduanmu sudah sangat parah, kamu bisa membicarakannya pada orang-orang terdekatmu. Jika kamu merasa kondisimu mengenai kecanduan internet tidak kunjung membaik, kamu bisa mengkonsultasikan masalah ini pada psikiater atau psikolog untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

9. Gunakan Secara Bijak

Saran Minpow pastikan kamu mengakses internet secara bijak dan tidak berlebihan. Misalnya kamu hanya mengaksesnya untuk keperluan memperoleh dan memberikan informasi, atau untuk kebutuhan hiburan secukupnya. Tetap perhatikan kebutuhan kamu ya!

10. Bersihkan Daftar Followers atau Friends

Cara mengatasi kecanduan internet yang terakhir adalah memfilter orang-orang yang kamu ikuti di media sosial. Memang tindakan yang satu ini terbilang cukup sulit karena media sosial ini adalah salah satu cara untuk bisa berhubungan dengan kerabat, teman, atau orang luar.

Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan jika ingin menghapus daftar pengikutmu seperti, apakah kamu mengenal mereka? Apakah postingan mereka membawa dampak positif untukmu, dan apakah mereka pemicu masalah. Jika kamu merasa mereka tidak menjawab pertanyaanmu, jangan ragu untuk menghapus mereka dari daftar pengikutmu.

Nah itu dia 10 cara menangani masalah kecanduan internet versi Minpow. Pastikan kamu menggunakan internet untuk hal yang bijak ya! Apabila kamu merasa media sosial atau internet mulai mengganggu aktivitas produktivitas kamu, dan tidak mampu untuk ditangani sendiri, Minpow sarankan kamu untuk menghubungi orang yang ahli untuk menangani masalahmu. Kamu bisa membaca artikel inspiratif dari Minpow dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *