Declip

Gambar 10 Tips Untuk Mengatasi Stress di Tempat Kerja Agar Lebih Produktif

10 Tips Untuk Mengatasi Stress di Tempat Kerja, Agar Lebih Produktif

Stress yang kamu hadapai terutama dalam tempat kerja, sangat wajar terjadi. Apalagi jika banyak hal yang menjadi penyebabnya. Mulai dari lingkungan kerja yang dianggap toxic, konfik dengan rekan kerja, sampai bobot kerja yang tidak wajar.

Hal tersebut bisa menimbulkan stress yang mengganggu kesehatan mental dan fisik. Daripada harus melampiaskan rasa stress dengan melewatkan waktu makan, mengonsumsi minuman beralkohol, kurang tidur, atau menjadi perokok.

Minpow ada tips untuk kamu mengatasi stress di tempat kerja dengan hal yang lebih positif, dan produktif. Simak tips lengkapnya!

Tips Untuk Mengatasi Stress di Tempat Kerja

1. Bicarakan Dengan Atasan

Untuk beberapa orang mungkin berbicara dengan atasan, merupakan hal yang sulit dilakukan karena canggung. Tapi disaat yang sama jika kamu sudah mulai merasa stress, hal ini perlu kamu bicarakan dengan atasanmu.

Kamu juga memiliki hak untuk mengatakan tidak pada atasan jika kamu merasa pekerjaanmu tidak sesuai dengan yang harusnya kamu kerjakan. Dengan berbicara pada atasan, itu yang membuat rencana efektif dalam mengelola stress kerja.

2. Lupakan Kerja Sejenak

Target pekerjaan memang juga menjadi salah satu tanggung jawab besar yang memicu stress berat. Tidak jarang hal ini juga menimbulkan masalah di kehidupan pribadi kamu. Lupakan sejenak pekerjaanmu dengan mengambil cuti selama beberapa waktu untuk menenagkan diri.

3. Mempertimbangkan Positif dan Negatif Pekerjaan

Dimanapun dan apapun pekerjaan kamu, tidak ada pekerjaan yang mudah atau selalu sesuai dengan keinginan. Sebelum memutuskan untuk meninggalkan stress yang kamu alami, perhitungkan juga hal positif dan negatif perkerjaanmu.

Minpow sarankan kamu membuat daftar pertanyaan agar kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan pekerjaan kamu. Jika kamu mendapatkan kesempatan tawaran di perusahaan lain, kamu bisa membandingkannya.

4. Melakukan Meditasi

Efek positif dari melakukan meditasi adalah pikiranmu akan lebih jernih, dan menumbuhkan rasa keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian. JIka kamu dilanda stress karena pekerjaan, kamu bisa melakukan meditasi. Selama sesi meditasi, kamu bisa memfokuskan perhatian dan menenangkan arus pikiran yang membuat kepala penuh dan stress.

5. Kenali Batas Kemampuan

Kamu juga harus melihat kemampuan dalam dirimu jika kamu melakukan suatu pekerjaan. Kenali sampai batas mana kamu bisa menanggung beban pekerjaan mulai dari berapa pekerjaan yang bisa kamu handle, dan berapa lama kamu bisa menyelesaikan tugas tersebut.

6. Jangan Malu Saat Bertanya

“Malu bertanya sesat dijalan” pernah mendengar pepatah tersebut kan? Tidak bisa dipungkiri berkontribusi di tempat kerja apalagi dengan klien kadang membuatmu merasa sangat stress.

Jika kamu mengalami keterbatasan saat mengerjakan pekerjaanmu, pastikan kamu bertanya agar mendapatkan solusi.

7. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Kamu merasa kurang nyaman dengan flow atau situasi kerjamu saat ini? Jangan khawatir kamu bisa kok membuat lingkungan kerja yang nyaman. Misalnya kamu bisa bernegosiasi dengan rekan kerja, membuat jadwal pekerjaan yang paling efektif untukmu, atau mendengarkan lagu dengan headset agar tidak mengganggu konsentrasimu bekerja.

8. Jangan Melakukan Banyak Hal Bersamaan

Minpow paham terkadang dalam bekerja, kamu pasti ingin pekerjaanmu cepat selesai. Tapi disaat yang sama melakukan banyak hal secara bersamaan bisa membuat kamu sangat stress dan secara mental akan sangat melelahkan.

Tips dari Minpow adalah kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang memiliki waktu deadline terdahulu. Bukan berarti kamu tidak mengerjakan pekerjaan yang lainnya ya, tapi pastikan kamu mendahulukan pekerjaan yang penting.

9. Jangan Jadi Seseorang yang Perfeksionis

Hal yang perlu kamu ingat adalah tidak ada pekerjaan yang sempurna. Menjadi seorang yang detil dan perfeksionis bisa menjadi sebuah hal yang positif. Namun, kamu bisa menjadi stress sendiri karena selalu ingin sesuatu yang sempurna dan selalu mengejar target. Apalagi jika kamu bekerja di lingkungan yang sibuk dan berintegritas tinggi.

Sangat tidak masalah jika kamu mencoba untuk beristirahat dan mengerjakan semuanya satu per satu.

10. Hindari Konflik

Pasti kamu sudah tidak heran dengan banyaknya drama yang ditimbulkan di tempat kerja. Sebisa mungkin Minpow sarankan kamu keluar dari drama atau konflik di lingkungan kerja. Hindari gosip atau masalah dengan kolega. Karena konflik dalam lingkungan pekerjaan juga dapat mempengaruhi kualitas kerja dan stress.

Demikian 10 tips untuk mengatasi stress di tempat kerja, memang untuk melakukan hal ini tidak mudah, tapi hal sederhana ini bisa membantu kamu terlepas dari stress dan lebih enjoy saat bekerja. Simak artikel mengenai tips dan trik lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *