Declip

Gambar Olahraga Renang Solusi Cerdas untuk Mengurangi Stres dan Menjaga Kesehatan

Olahraga Renang: Solusi Cerdas untuk Mengurangi Stres dan Menjaga Kesehatan

Cara yang baik untuk memperbaiki mood dan bersantai tapi masih ingin mengeluarkan kalori, kamu bisa mencoba olahraga renang. Olahraga renang bergerak untuk melawan resistensi air. Olahraga renang merupakan salah satu olahraga yang peluang cederanya sangat kecil. Renang memiliki beberapa gaya seperti gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Olahraga yang satu ini juga baik untuk beberapa pemulihan penyakit seperti radang sendi, hernia nucleus pulposus, dan juga pemulihan stroke. Selain benefit tersebut, ada juga manfaat lain yang harus kamu tahu jika kamu melakukan olahraga renang. Simak selengkapnya ya!

Manfaat Olahraga Renang, Mengurangi Stres dan Menjaga Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Tahukah kamu dengan berenang bisa meningkatkan aliran darah ke otak? Ada penelitian yang menjelaskan aliran darah yang sehat ke otak penting untuk memasoknya dengan oksigen, glukosa, dan nutrisi untuk melindunginya dari racun berbahaya.

2. Mengurangi Stress dan Membantu Rileks

Jika kamu sering merasakan stress yang berkelanjutan, kamu bisa meredakan stress dengan berolahraga renang. Hanya dengan waktu 30 menit, dengan renang kamu dapaet memberikan efek meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stress. Bukan hanya stress pikiran tapi juga stress tubuhmu.

3. Menurunkan Berat Badan

Dengan kamu melakukan olahraga rutin setiap harinya selama kurang lebih 30-35 menit, kamu mampu menurunkan berat badan. Biasanya kamu bisa membakar 200-300 kalori. Bagian yang biasanya cepat terbakar adalah bagian pinggang dan pinggul.

4. Meningkatkan Tinggi Badan

Selain kamu bisa menurunkan berat badan, kamu juga bisa meningkatkan tinggi badanmu. Berenang sangat membantu membentuk otot dan pertumbuhan tulang. Renang menjadi salah satu olahraga yang mengandalkan otot dan tulang di seluruh tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Beberapa peneliti mengatakan bahwa renang mampu meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Berenang mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah. Aliran darah lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan akan terlatih agar lebih kuat dan panjang.

6. Mendukung Kehamilan Tetap Sehat

Jika kamu sekarang sedang hamil, kamu tetap harus melakukan olahraga untuk mendukung kehamilan tetap sehat dan kuat. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah berenang. Bukan hanya memberikan benefit pada sang ibu, tapi juga calon bayi yang ada dalam kandungan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga renang secara teratur juga bisa menambah kualitas tidurmu lho! Jadi untuk kamu yang mungkin sering sulit untuk tidur, kamu bisa mencoba olahraga renang. Rasa lelah sehabis berenang bisa membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

8. Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Dengan melakukan olahraga juga dapat membantu menggerakan semua bagian tubuhmu. Maka dari itu dengan olahraga renang tubuh akan terasa lebih ringan dan fleksibel. Gaya berenang seperti gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, atau gaya kupu-kupu, mengharuskan semua bagian tubuh bergerak.

9. Baik untuk Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Manfaat olahraga renang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan kardiovaskular. Bagian tubuh yang merupakan kardiovaskular adalah jantung, sistem peredaran darah, dan paru-paru. Olahraga renang juga mampu menyeimbangkan tekanan darah.

10. Melepaskan Endorphine

Memang dengan melakukan olahraga renang dapat mengurangi stress, dan mendorong otak untuk melepaskan zat kimia perasaan baik yang disebut endorphine.

Sistem saraf menghasilkan endorphin untuk membantu mengatasi rasa sakit atau stress dan meningkatkan kepositifan.

Nah itu dia 10 olahraga renang sebagai solusi cerdas untuk mengurangi stress dan menjaga kesehatan. Setelah mengetahui mengenai manfaatnya, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Kamu juga bisa membaca artikel yang berkaitan dengan kesehatan, beauty, hairstyle, lifestyle, dan lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *