Declip

logo final declip

7 Olahraga Yang Dianjurkan Saat Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan, Biar Tubuh Kamu Makin Sehat!

Gambar 7 Olahraga Yang Dianjurkan Saat Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan Biar Tubuh Kamu Makin Sehat

Melakukan olahraga saat puasa menjadi hal yang cukup penting untuk mempertahankan tubuh yang sehat dan bugar. Banyak juga ahli kesehatan yang menganjurkan untuk tubuhmu aktif bergerak meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa.

7 Olahraga Yang Dianjurkan Saat Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan

1. Jalan Cepat

Olahraga ini dapat menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Kamu bisa melakukannya setiap sore hari menjelang berbuka puasa. Kamu cukup meluangkan waktu 30 menit saja sebelum melakukan olahraga ini.

2. Jogging

Kamu bisa membakar kalori secara maksimal dengan melakukan jogging dengan intensitas ringan agar kamu terhindar dari dehidrasi yang berlebihan. Minpow sarankan kamu untuk melakukan olahraga jogging saat setelah sahur, atau menjelang buka puasa.

3. Lompat Tali

Olahraga yang Minpow anjurkan saat berpuasa khususnya di bulan Ramadhan adalah lompat tali. Olahraga ini mampu meningkatkan keseimbangan tubuh dan kepadatan tulang. Minpow sarankan kamu untuk melakukannya 15 menit menjelang buka puasa.

4. Naik Turun Tangga

Aktivitas ini memang terkesan sederhana, tapi ini juga membantu kamu untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolism tubuh. Minpow ingatkan, jangan melakukannya terlalu berlebihan agar tidak mudah lelah dan membuat tubuh tetap bugar. Kamu bisa melakukannya sebelum waktu buka puasa agar stamina tubuh kamu tetap terjaga.

5. Plank

Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah plank. Salah satu jenis latihan kardio ini bisa melatih pernapasan juga membantu untuk mengencangkan otot perutmu.

BACA JUGA:  Simak Apa Itu Intermittent Fasting dan 5 Kesalahannya Berikut Ini

Cara melakukannya, diatas matras yoga dengan gerakan tengkurap. Lalu punggung dan pinggul posisikan sejajar dengan siku. Kamu bisa menjaga posisi ini selama kurang lebih 30 detik sampai satu menit. Olahraga ini aman dilakukan sebelum sahur dan saat berbuka puasa.

6. Bersepeda

Buat kamu yang suka banget JJS atau jalan-jalan sore sambil menunggu buka puasa, kamu bisa bakar kalori dengan bersepeda. Cukup lakukan selama kurang lebih 45 menit atau satu jam. Pasti tidak akan terasa kalau kamu bersepeda dengan teman atau keluarga kamu biar makin seru.

7. Yoga

Kamu punya aktivitas yang produktif, atau mobilitas kamu tinggi? Ditambah lagi kamu harus berpuasa? Cukup lelah bukan? Kamu bisa mencoba yoga sebagai pilihan kamu untuk berolahraga.

Yoga mampu membantu kamu untuk menjaga pikiran tetap stabil setelah seharian lelah bekerja, dan kembali menyuplai oksigen ke otak. Manfaat lainnya juga membantu menenagkan diri kamu dari hecticnya aktivitas di kantor.

Kalau kamu baru pertama kali mencoba yoga, tidak perlu khawatir. Karena jenis olahraga ini ringan dan tidak memiliki ancaman resiko bahaya.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga pada saat puasa memiliki manfaat diantaranya:

  1. Mempertahankan massa otot, yang tentunya bisa berkurang jika kamu tidak melakukan olahraga
  2. Memicu hormone endorphin atau hormone kebahagiaan yang dihasilkan disaat kamu mengeluarkan keringat
  3. Membantu membakar kalori berlebih di dalam tubuh
  4. Memperlancar srikulasi darah di dalam tubuh berjalan lebih lancar
  5. Meningkatkan metabolism tubuh
  6. Menjaga kebugaran tubuh agar kamu bisa menjalankan bulan puasa dengan lancar
  7. Memaksimalkan konsentrasi saat bekerja
  8. Meningkatkan kepadatan tulang secara bertahap

Nah itu dia beberapa olahraga yang Minpow sarankan untuk kamu coba saat bulan Ramadhan khususnya untuk kamu yang berpuasa. Banyak juga bukan manfaatnya untuk tubuh? Pas banget sama cuaca yang sering tidak menentu. Kamu bisa cek artikel inspiratif dan menarik lainnya dengan klik disini!

BACA JUGA:  5 Skincare Terbaik untuk Remaja Buat Referensi Kamu

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!