Declip

logo final declip

Mager Pergi Ke Gym? Simak 10 Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Gambar Simak 10 Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

“Kalau belum olahraga di gym bukan olahraga namanya” mungkin kamu sudah tidak asing mendengar pernyataannya itu. Nyatanya sekarang ini olahraga di rumah bisa membakar kalori yang sama dengan kamu berolahraga di gym.

Banyak olahraga yang beragam yang bisa kamu lakukan tanpa harus membutuhkan alat layaknya di gym. Selain murah tapi juga bisa kamu lakukan bersama kerabatmu.

Untuk kamu yang kurang suka dengan keramaian di gym atau mager keluar tapi ingin membakar kalori? Simak beberapa olahraga tanpa alat yang bisa dilakukan di rumah ini yuk!

Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

1. Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Sumber: kompaslifestyle

Olahraga yang ini cenderung sangat sederhana, manfaat naik turun tangga sangat besar bestie. Jika kamu melakukan gerakan ini secara maksimal, naik turun tangga bisa membuat otot dan tulang kaki lebih kuat.

2. Jogging

Jogging
Sumber: halodoc

Olahraga lain yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah jogging. Tidak harus kamu ke lapangan yang luas, cukup kamu jogging di depan rumah atau keliling kompleks rumah kamu sudah membakar banyak kalori. Minpow sarankan jika kamu baru mulai jogging 15-30 menit terlebih dahulu.

3. Squat

Squat Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Sumber: gooddoctor

Minpow yakin kamu pasti sudah tidak asing dengan gerakan ini. Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan menurunkan pinggul dari posisi berdiri, dan kemudian berdiri kembali. Pastikan kamu mengaktifkan otot inti, punggung, dan meningkatkan sirkulasi.

4. Plank

Plank
Sumber: hellosehat

Gerakan plank ini mampu melatih kekuatan seluruh tubuh, dapat kamu lakukan dimanapun dan memiliki banyak variasi yang menargetkan berbagai otot dalam tubuhmu seperti abdominus transversal, obliques, dan rektus abdominus. GErakan ini juga cocok untuk kamu yang sering memiliki permasalahan punggung.

BACA JUGA:  Mengenal Berbagai Macam Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

5. Push Up

Push Up Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Sumber: alodokter

Gerakan ini adalah latihan gabungan dari beberapa otot. Gerakan ini bisa melatih banyak otot dalam tubuhmu seperti bisep, trisep, dan deltoid. Olahraga push up ini bisa menjadi bentuk latihan kardiovaskular yang meningkatkan kesehatan jantung.

6. Step Up

Step Up
Sumber: pegipegi

Gerakan ini hampir mirip dengan naik tangga. Olahraga ini juga bisa membakar kalori di bagian paha dan memperkuat otot paha. Selain itu gerakan ini juga bagus untuk melatih keseimbangan dan stabilitas.

7. Flutter Kicks

Flutter Kicks Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Sumber: stylecraze

Gerakan flutter kicks adalah salah satu olahraga yang menargetkan otot inti khususnya menargetkan otot pinggul. Kamu bisa melakukannya sebanyak tiga set dan akan merasakan manfaat dikeesokan harinya.

Kamu hanya perlu berbaring lalu kaki yang terentang ke atas sehingga tubuh membentuk sudut 90 derajat, lalu turunkan kaki kanan ke lantai sejauh mungkin sambil mempertahankan kontak antara punggung bawah dan lantai, terakhir kembalikan kaki kanan untuk memulai dan turunkan kaki kiri ke bawah dengan cara yang sama.

8. Lunge

Lunge
Sumber: bicycling

Lunge complex dilakukan dengan gerakan maju, mundur, dan menyamping. Gerakan ini hanya menargetkan kaki khususnya untuk melatih glutes, betis, dan paha belakang. Kalau kamu merasa bagian tersebut harus kamu kecilkan atau latih, gerakan lunge ini sangat efektif untuk dilakukan.

9. Menari

Menari Olahraga Tanpa Alat Yang Bisa Dilakukan Di Rumah
Sumber: istock

Olahraga lain yang bisa kamu lakukan adalah menari. Fun fact nih bestie, menari bagus untuk kesehatan organ jantung. Kalau akhir-akhir ini kamu bisa menari dengan lagu yang lagi hits di satu aplikasi, itu juga membantu kamu untuk mengeluarkan kalori lho! Selain itu kamu juga bisa mencoba break dance, aerobik, dan senam.

10. Sit Up

Sit Up
Sumber: halodoc

Gerakan sit up sangat bermanfaat untuk memperkuat otot perut. Cara ini efektif untuk mengencangkan otot perut yang masih terasa kendur. Kamu cukup melakukannya 10 repitisi sebanyak 3 kali untuk permulaan.

BACA JUGA:  8 Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

Nah demikian 10 olahraga tanpa alat yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa tetap melakukan hidup sehat walaupun hanya berolahraga di rumah. Menarik banget bukan? Minpow masih banyak segudang tips and trick lifestyle yang menarik lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!