Declip

Gambar Memahami dan Mengatasi Depresi Panduan Untuk Orang yang Mengalami Depresi

Memahami dan Mengatasi Depresi : Panduan Untuk Orang yang Mengalami Depresi

Jika kamu sekarang ada di fase sering merasa sedih dalam waktu yang panjang dan mulai kehilangan minat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang biasanya membuat kamu senang, hati-hati karena bisa jadi ini adalah tanda depresi. Tanda-tanda ini bisa saja dilakukan sehari-hari selama kurang lebih dua minggu.

Orang yang mengalami depresi biasanya memiliki beberapa gejala seperti kehilangan energi, gangguan tidur, nafsu makan, cemas, menurunkan kemampuan konsentrasi, tidak mampu membuat keputusan, perasaan yang merasa dirinya tidak berguna, rasa tidak tenang, bersalah, dan ingin menyakiti diri sendiri.

Jangan khawatir jika kamu merasa sekarang kamu mengalami gejala depresi, apapun gejalanya dan sparah apapun depresinya pasti masih bisa disembuhkan. Saraf otak bersifat elastis dan sulit untuk berubah. Ketika mengalami depresi berat itu dapat disembukan kembali. Solusi depresi berat dapat dilakukan dengan berpikir positif, karena dengan mengontrol otak, kondisi diluar tubuh manusia yang tidak bisa dikontrol bisa saja dilakukan.

Penyebab Depresi

Gangguan suasana hati ini merupakan respon mental seseorang dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Depresi akan muncul ketika masalah sudah menumpuk dan tidak tahu lagi bagaimana mengatasinya.

Secara spesifik tidak ada penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami gangguan depresi. Ada hal yang menjadi gejala utama munculnya depresi seperti;

  • Masalah kesehatan fisik
  • Riwayat keluarga
  • Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan
  • Berakhirnya hubungan atau ditinggal oleh orang yang dicintai
  • Menderita penyakit kronis atau serius
  • Diintimidasi, bullying, atau diserang
  • Ketergantungan obat tertentu

Mencegah Dampak Depresi

Nah, kali ini Minpow akan menjelaskan bagaimana mencegah dampak depresi agar tidak parah dengan melakukan hal ini;

  1. Pola makan seimbang agar stamina tubuh terjaga
  2. Olahraga dan rekreasi adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya depresi
  3. Melakukan pola hidup dengan instirahat cukup (6-8 jam sehari) dapat menurunkan tingkat depresi
  4. Memiliki planning rasional dalam hidup, dan dapat menerima kondisi yang tidak adapat diubah dalam hidup
  5. Lakukan kegiatan healing seperti liburan, spa, meditasi, dan yoga.
  6. Mengembangkan kepercayaan spiritual.
  7. Bila sudah ditahap melukai diri sendiri, jangan tinggalkan sendirian. Cari bantuan dari layanan darurat atau tenaga kesehatan seperti psikolog atau konselor

Demikian panduan untuk kamu yang mungkin sekarang sulit untuk keluar dari lingkaran depresi. Jika kamu merasa depresi kamu tidak kunjung membaik, kamu bisa meminta bantuan pada para profesional seperti psikolog atau psikiater untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Kamu bisa cek artikel inspiratif dan menarik dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *