Declip

Gambar Hati–Hati Ini Pengaruh Negatif Media Sosial pada Mental Health

Hati–Hati! Ini Pengaruh Negatif Media Sosial pada Mental Health

Seperti yang diketahui media sosial sekarang sudah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Hampir segala umur dari remaja hingga dewasa menggunakan media sosial. Memang dengan media sosial sangat dimudahkan dalam mencari informasi atau untuk mengekspresikan diri.

Hanya saja  dibalik itu semua, media sosial jika tidak digunakan dengan bijak dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan termasuk kesehatan mental mulai dari rasa cemas, kurang percaya diri, sampai membandingkan diri dengan pencapaian orang lain yang bisa menimbulkan depresi.

Tahukah kamu ada pengaruh negatif yang lebih parah yang disebabkan karena media sosial. Simak bersama ya!

Pengaruh Negatif Media Sosial pada Mental Health

1. Bisa Memicu Kehilangan Percaya Diri

Banyak representatif hidup yang sempurna ditunjukkan di media sosial. Mungkin kamu bisa melihat banyak orang yang memiliki badan bagus, hidup yang mewah, atau wajah yang cantik. Hal tersebut bisa membuat kepercayaan diri menurun dan berujung pada membanding-bandingkan dengan postingan di media sosial.

2. Dapat Menyebabkan Terjadinya Cyberbullying

Karena media sosial yang cakupannya luas, dan tidak ada gate keeper informasi atau konten, terkadang banyak timbul individu yang menyebarkan desas-desus berbahaya dan menggunakan kata-kata kasar yang meninggalkan luka emosional.

3. Menimbulkan Kecanduan

Salah satu alasan menggunakan media sosial adalah mengalihkan perhatian dan menghilangkan kebosanan. Hal tersebut bisa menimbulkan kecanduan. Minpow sarankan untuk kamu menggunakan media sosial sewajarnya saja ya! Karena hal tersebut bisa memicu timbulnya ketagihan hingga depresi.

4. Kecemasan atau Anxiety

Banyak studi yang menyebutkan menggunakan platform media sosial bisa menimbulkan gejala kecemasan dari umum sampai tingkat tinggi. Biasanya dikarenakan konten yang dikonsumsi terlalu banyak dan tidak terkontrol.

5. Memicu Depresi

Melalui media sosial juga terkadang bisa menyebabkan depresi, misalnya seperti suasana hati yang rendah, putus asa, dan suasana hari yang rendah. Melalui media sosial juga kadang ada interaksi negatif yang membuat tingkat depresi juga meningkat.

6. Mengganggu Kualitas Tidur

Kesehatan tubuh dan mental juga dipengaruhi oleh tidur yang cukup dan berkualitas. Pencahayaan buatan yang berasal dari layar smartphone bisa menganggu kualitas tidur.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dari Media Sosial

Jika kamu merasa kecanduan, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan media sosial diantaranya;

  • Fokus pada orang di sekelilingmu
  • Perbanyak sosialisasi dengan bertemu orang baru
  • Mematikan notifikasi media sosial untuk beberapa saat
  • Menggunakan media sosial secara bijak
  • Membatas penggunaan media sosial

Demikian pengaruh negatif media sosial pada mental health yang harus kamu perhatikan dan cara mengatasinya. Memang untuk awal-awal tidak akan mudah, tapi makin lama kamu akan terbiasa kok! Baca juga artikel mengenai mental health, beauty, dan lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *