Declip

Gambar Mengenal Berbagai Macam Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Berbagai Macam Olahraga Aerobik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Salah satu olahraga yang asik untuk dicoba adalah senam aerobik, karena dilakukan dengan beriringan dengan irama music dalam durasi waktu tertentu. Senam aerobik bisa dikategorikan olahraga kardio. Merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membantu badan agar lebih sehat. Rangkaian gerakan yang mampu mengaktifkan otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.

Secara umum senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, otak, dan pikiran. Sebelum Minpow bahas jenis aerobik yang bisa kamu coba, kamu harus tahu dulu manfaat senam aerobik untuk tubuh;

Manfaat Senam Aerobik

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat senam aerobik adalah menjaga kesehatan jantung. Karena gerakan aerobik merangsang saraf simpatis untuk meningkatkan detak jantung , pernafasan, dan otot jantung memompa darah lebih efisien.

2. Menambah Stamina

Senam aerobik melibatkan gerakan dengan tempo yang cepat, jika kamu baru pertama kali melakukannya, kemungkinan akan terasa sangat lelah. Tapi perlahan tubuh akan beradaptasi sehingga stamina tubuh kamu akan bertambah.

3. Meningkatkan massa tulang dan otot

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah meningkatkan massa tulang dan otot. Sehingga saat kamu sudah lansia, kamu akan bisa bergerak dengan leluasa.

4. Mendukung suasana hati

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah membantu memperbaiki suasana hati. Kamu tahu tidak senam aerobik juga mampu meredakan kecemasan dan membuat tubuh menjadi rileks. Intinya olahraga satu ini memberikan rasa bahagia.

5. Mengendalikan Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa coba senam aerobik ini. Gerakannya yang sangat cepat membuat membakar lemak juga semakin mudah.

Selain manfaatnya yang harus kamu ketahui, ada juga beberapa jenis senam aerobik yang harus kamu tahu, seperti;

Apa Saja Jenis Senam Aerobik?

1. High Impact Aerobic

Senam aerobik yang satu ini memiliki gerakan yang cepat yang mampi membakar kalori lebih banyak. Biasanya jenis ini dilakukan oleh orang yang suka terlatih.

2. Low Impact Aerobic

Jenis senam aerobik satu ini cenderung lebih ringan dan menimbulkan pengaruh yang minimal pada tulang sehingga untuk kamu yang pemula, gerakan ini akan aman.

3. Aerobic Sport

Jenis senam yang satu ini merupakan olahraga yang meingkatan metabolisme low impact dan high impact guna memberikan variasi agar tidak cepat lelah. Jadi untuk kamu yang mau coba kombinasi, boleh banget coba yang satu ini.

4. Rockrobic

Menggabungkan gerakan intensitas ringan dan keras dengan lagu yang memiliki jenis rock n roll.

Cocok untuk kamu yang ingin membakar kalori dengan lagu rock n roll nih!

5. Aerobic Dance

Biasanya jenis aerobik yang satu ini lebih menggabungkan gerakan olahraga dengan kombinasi gerakan tarian. Kamu bisa membakar kalori lebih banyak dengan menggunakan jenis senam aerobik ini.

6. Discorobic

Kamu suka lagu yang up beat seperti lagu disco, kamu bisa mencoba discorobic. Lagunya yang cukup up beat dan gerakan yang cepat, bisa membantu kamu cepat mengeluarkan keringat.

Nah itu dia berbagai macam senam aerobik dan manfaat bagi kesehatan. Setelah membaca jenis dan manfaatnya, apakah kamu tertarik atau tidak untuk mencoba olahraga senam aerobik? Kamu bisa juga membaca artikel menarik lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *