Declip

logo final declip

Lebih Baik Massage Setelah Atau Sebelum Olahraga Sih?

Gambar Lebih Baik Massage Setelah Atau Sebelum Olahraga Sih

Bestie! Kamu pernah mengalami pegal yang berlebihan saat kamu selesai olahraga? Tapi satu sisi kamu juga khawatir jika melakukan massage setelahnya atau sebelumnya.

Pengertian massage

Massage atau pijat adalah treatment dengan memijat bagian otot tubuh yang tegang. Cocok dilakukan saat kamu sudah merasa badan pegal, nyeri, atau kamu sudah ditahap kelelahan karena padatnya aktivitas yang ddilakukan setiap hari.

Massage baiknya dilakukan sebelum atau sesudah olahraga?

Melakukan massage apalagi setelah atau sebelum melakukan aktivitas yang berlebihan seperti olahraga memang membantu meredakan nyeri atau pegal-pegal setelahnya. Selain itu ada studi yang menyeburkan kalau dengan melakukan massage bisa mengoptimalkan hasil olahraga. Pijatan juga bisa mengurangi peradangan sel.

Lalu melakukan massage ini baiknya dilakukan setelah atau sebelum olahraga sih? Pasti terkadang kamu masih bingung bukan? Kali ini Minpow akan bahas tentang per-massagean yang sebenarnya kapan bisa dilakukan.

Massage sebelum olahraga

Massage jika dilakukan sebelum berolahraga bisa membantu pemanasan dan peregangan pada otot. Otot yang diregangkan bisa membantu kamu lebih fleksibel ketika berolahraga dan mencegah terjadinya cedera otot.

Selain terhadap fisik, pijat sebelum berolahraga bisa mengurangi stress, cemas, sehingga kamu bisa lebih fokus dan santai saat berolahraga. Pijat yang bisa dilakukan olahraga adalah pijatan yang lembut dengan tekanan yang rendah untuk menghindari cedera atau sakit yang berlebih terhadap otot.

Massage sesudah olahraga

Sesudah olahraga bisa membantu meredakan rasa sakit pada otot. Ada studi yang menjelaskan pijat setelah olahraga bisa mempengaruhi dua gen didalam sel.

BACA JUGA:  Simak Apa Itu Intermittent Fasting dan 5 Kesalahannya Berikut Ini

Yang pertama menjadi obat pereda sakit, sedangkan satu lagi memproduksi mitokondria atau sumber tenaga sebuah sel, untuk menghasilkan energi. Hal ini berbeda dengan es atau obat penyeri yang kamu pakai menjadi pertolongan pertama saat otot terasa nyeri. Pijat bisa dilakukan langsung setelah berolahraga berat.

Lebih mending yang mana melakukan massage sebelum olahraga atau sesudah olahraga?

Minpow bisa menyimpulkan sebenarnya massage bisa kamu lakukan sebelum ataupun sesudah olahraga.

Kembali lagi sesuai dengan kondisi tubuh kamu ya! Kalau kamu memang membutuhkan tubuh yang rileks dan fokus ketika berolahraga kamu bisa melakukannya sebelum, tapi jika kamu berencana melakukan olahraga yang cukup berat kamu bisa melakukannya sesudah berolahraga.

Udah tahu kan sekarang lebih mendingan sebelum atau sesudah olahraga. Pastiin kamu memperhatikan kondisi otot tubuh kamu ya bestie! Mau tahu fun fact lainnya tentang lifestyle dan body care lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!