Declip

Gambar Terapkan 10 Tips Ini Untuk Kamu Yang Kurang Fokus

Terapkan 10 Tips Ini Untuk Kamu Yang Kurang Fokus

Konsentrasi dan fokus merupakan hal yang sangat penting saat kamu melakukan sesuatu entah itu pekerjaan, atau aktivitas sehari-hari. Pasti kamu pernahkan mengalami gagal fokus? Apa yang terjadi? Biasanya segala pekerjaan kamu tidak berjalan dengan baik dan membahayakan banyak hal.

Secara tidak sadar kita sering merasakan kurang fokus atau hilang konsentrasi. Disamping itu, ada juga banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kurang fokus itu. Minpow akan menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fokus dan tetap fokus dalam mengerjakan banyak hal. Simak bersama ya!

Tips untuk Selalu Fokus

1. Mengerjakan Hal Satu Demi Satu

Ketika diberikan atau menghadapi banyak tugas di satu waktu, pasti kita sering merasa bingung dan berakhir hilang fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang mana terlebih dahulu. Kebiasaan yang mungkin ada pada diri kita adalah selalu ingin semua pekerjaan dilakukan sekaligus.

Padahal kamu bisa memilah-milah kepentingan pekerjaan kamu. Seperti mendahulukan pekerjaan yang harus dikerjakan hari ini.

2. Fokus Pada Pekerjaan

Fokus pada hal yang kamu kerjakan. Jika kamu menganggap pekerjaan kamu terlalu banyak, jangan melakukan semuanya dalam satu waktu.

Mengerjakan pekerjaan semuanya memang sangat menghemat waktu, tapi tidak menjamin kualitas kerjamu bagus. Maka coba kerjakan pekerjaanmu dengan maksimal, baru kamu berpindah ke kerjaan yang lain.

3. Meditasi

Kamu pasti sering mendengar meditasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi kan? Memang benar adanya. Kamu tidak perlu melakukan meditasi yang sulit. Dengan melakukan meditasi yang sederhana kamu bisa meningkatkan konsentrasi kamu juga kok.

Luangkan saja waktu 5 sampai 15 menit, duduk senyaman mungkin, menyalahkan lilin aroma terapi juga membantu pikiran kamu lebih rileks. Tentukan tujuan kamu bermeditasi, misalnya untuk fokus dan konsentrasi.

4. Membuat Rencana

Membuat rencana juga salah satu cara yang efektif untuk kamu lebih fokus dan konsentrasi. Kamu bisa menulis rencana-rencana pekerjaan yang kamu ingin lakukan terlebih dahulu. Misalnya membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan beserta tanggalnya.

Agar fokus tidak terbagi kamu bisa menuliskan detail pekerjaan  juga sehingga kamu tidak lupa dengan pekerjaan yang harus kamu kerjakan.

5. Tidur Yang Cukup

Idealnya manusia harus tidur dalam waktu 7-9 jam per hari. Ketika tidur, tubuh ibarat sedang diisi ulang. Jadi penting sekali untuk beristirahat yang cukup agar pikiran tetap fokus saat mengerjakan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

Ketika tubuh sudah benar-benar membutuhkan istirahat, tapi kamu masih memaksa untuk melakukan pekerjaan, membuat fokus dan konsentrasi banyak berkurang.

6. Olahraga

Cara selanjutnya untuk fokus dan konsentrasi adalah berolahraga. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, dengan olahraga juga kamu bisa melatih fokusmu. Gerakan olahraga membantu memperlancar peredaran darah.

Hal itu membuat oksigen yang mengarah ke otak menjadi lancar sehingga membuat kesehatan otak juga akan terus terjaga dalam waktu yang panjang. Kamu bisa melakukan olahraga mulai dari 15-30 menit sehari. Hal itu akan meningkatkan fungsi otak dan fokus kamu.

7. Mendengarkan Musik

Banyak orang bisa fokus atau berkonsentrasi ketika suasana tenang, tapi beberapa orang bisa mendapatkan fokus dengan mendengarkan musik. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mendengarkan lagu irama lembut dengan volume sedang. Mendengarkan lagu tersebut bisa membantu kamu lebih rileks saat melakukan pekerjaan.

8. Berpikir Positif

Berpikir positif bisa menjadi kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan sisi positif terhadap banyak hal mulai dari keadaan diri sendiri, orang lain, sampai situasi yang sedang kamu hadapi.

Apakah kamu pernah menyadari disaat kamu melakukan segala hal secara positif, semuanya akan lebih terarah? Memang dengan berpikir positif kamu akan terbantu untuk lebih bisa tenang dan tahu apa yang ingin kamu lakukan.

9. Berlibur

Liburan memang salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang sering bekerja. Tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk refresh otakmu yang digunakan hampir setiap hari di hari dan jam kerja.

Dengan berlibur kamu bisa mengunjungi banyak tempat yang ingin kamu kunjungi, dan secara tidak sadar kamu akan charge energi kamu untuk siap menghadapi kehidupan kerjamu lagi.

10. Istirahat Dari Media Sosial

Memang diakui dengan membuka media sosial, kamu banyak mendapatkan informasi yang sedang terjadi di lingkungan sekitarmu. Tapi media sosial juga bisa membuat kamu kurang fokus.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Misalnya kamu sedang melihat sesuatu hal, lalu ada rekomendasi konten yang sebenarnya tidak ingin kamu lihat. Hal ini dapat membuatmu kurang fokus, dan konsentrasi yang mudah pecah.

Itulah 10 tips untuk kamu yang kurang fokus apalagi disaat kamu sedang dilanda banyak pekerjaan atau tugas, yang kadang bisa membuat kamu hilang fokus dan bingung ingin mengerjakan yang mana terlebih dahulu. Semoga tips dari Minpow ini bermanfaat untuk kamu. Tag Minpow di Instagram @declip.id dan @jedaihairculesofficial jika kamu mencoba tips ini dan bagaimana perasaanmu setelah itu ya! Selamat mencoba.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *