Declip

Gambar Gak Perlu Bingung Lagi Ini 7 Strategi Negosiasi Gaji Efektif yang Kamu Harus Tahu

Gak Perlu Bingung Lagi, Ini 7 Strategi Negosiasi Gaji Efektif yang Kamu Harus Tahu!

Saat kamu menerima pekerjaan baru, hal yang penting kamu pertimbangkan salah satunya adalah urusan gaji. Pasti kamu tidak ingin digaji lebih rendah dari sepantasnya kan? Jadi cara negosiasi gaji adalah hal yang penting kamu miliki.

Apalagi jika kamu memang memiliki pengalaman kerja di tempat yang lama, kamu layak untuk mendapatkan gaji yang lebih. Mendiskusikan perihal kenaikan gaji juga sangat lazim dilakukan jika kamu merasa underpaid.

Tapi bagaimana cara menegosiasi gaji yang baik dan benar? Kali ini Minpow akan membahas mengenai trik yang bisa kamu terapkan saat menegosiasi gaji yang efektif. Yuk simak bersama ya!

Strategi Negosiasi Gaji yang Efektif

1. Lakukan Riset

Jika kamu ingin melakukan wawancara kerja, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Carilah informasi mengenai kisaran gaji dari posisi yang kamu lamar. Selain itu kamu juga pastikan mencari tahu mengenai UMP atau UMK di daerah perusahaan yang kamu lamar.

2. Tunjukan Kemampuan / Value

Saat melakukan negosiasi gaji juga pastikan kamu berfokus pada kemampuan atau value yang kamu miliki. Hal tersebut menjadi dasar negosiasi yang akan kamu lakukan pada perusahaan. Jika kamu masih fresh graduate, kamu bisa menceritakan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti.

3. Hindari Mengutarakan Angka Gaji Sebelum Ditanya HRD

Jika interview baru berlangsung, jangan buru-buru mengutarakan jumlah gaji sebelum ditanya. Tunggu sampai HRD menjelaskan tentang gaji dan menanyakan “Berapa gaji yang kamu harapkan?”. Baru kamu boleh menjelaskan tentang gaji dan menyesuaikan nominal gajimu dengan tempat kerja lamamu.

4. Hindari Menerima Tawaran Pertama

Pasti ada saja perusahaan yang langsung memberikan nominal gaji ketika tahapan interview kerja. Jangan langsung menyetujui gaji yang ditawarkan, karena tidak semua perusahaan langsung memberikan tawaran yang sesuai.

Kamu harus mempertimbangkan dengan mendiskusikan tawaran tersebut dengan keluarga. Bukan meremehkan keputusanmu, tapi kamu juga harus mempertimbangkan opini dari pihak lain khususnya keluarga dengan gaji yang kamu terima nanti.

5. Negosiasi Gaji Penambahan Benefit

Satu waktu kamu mengharapkan gaji diangka 7 juta rupiah sebagai rate gaji awal yang kamu berikan pada sebuah perusahaan. Namun perusahaan hanya mau memberikan 6 juta rupiah saja. Jika kamu dihadapkan dengan kondisi seperti ini, kamu bisa meminta benefit lebih, seperti;

  • Bonus

Bukan dalam bentuk uang, tapi bonus ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk voucher belanja atau voucher kendaraan umum jika pekerjaan kamu memang harus menuntut untuk mobilitas tinggi.

  • Kerja dari rumah

Saat ini working from home sangat mungkin dilakukan. Selain itu work from home ini membuat kamu bisa punya work life balance yang lebih baik. Biasanya hal ini dikhususkan bagi pekerja di perusahaan startup.

Saat bernegosiasi benefit, kamu bisa mengajukan kelonggaran bekerja dengan work from home. Minpow ingatkan untuk menambahkan alasan yang relevan ya!

  • Tambahan Cuti

Waktu libur adalah salah satu benefit untuk beristirahat dari dunia pekerjaan dan membantu untuk kesehatan dan flesibel waktu dalam pekerjaan. Kamu bisa meminta benefit ini jika perusahaanmu masih aktif pada hari sabtu.

6. Negosiasi Naik Gaji Karena Unpaid

Setelah kamu tahu bahwa gaji yang kamu terima di perusahaanmu sekrang lebih rendah dibandingkan rekan-rekan lainnya, kamu berhak untuk mengajukan negosiasi gaji untuk mendapatkan penghasilan yang layak.

Kamu bisa menggunakan cara negosiasi yang sopan seperti;

“Dari pengalamaan beberapa teman seprofesi bernominal  A yang lebih tinggi dari saya saat ini, saya merasa memiliki kualifikasi dan pengalaman kerja yang pantas untuk mendapatkan gaji sebesar A juga. Maka dari itu, pada kesempatan ini saya ingin mengajukan penyesuaian pendapatan.

7. Negosiasi Gaji Dengan Beberapa Perusahaan

Jika kamu tidak hanya melamar pada satu perusahaan, kamu bisa membandingkan gaji yang ditawarkan saat kamu selesai melakukan interview. Pertimbangkan gaji yang kamu dapatkan dengan benefit yang kamu terima. Maka dari itu seperti yang Minpow bilang sebelumnya, pastikan kamu riset kisaran gaji untuk posisi pekerjaanmu.

Itu dia 7 strategi negosiasi yang efektif jika kamu seorang fresh graduate atau jika kamu sudah menemukan tempat pekerjaan baru. Kamu juga bisa baca artikel Minpow mulai dari pekerjaan, percintaan, beauty, lifestyle, sampai hairstyle. Langsung klik disini aja!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *