Declip

logo final declip

Simak Apa Itu Intermittent Fasting dan 5 Kesalahannya Berikut Ini

Gambar Ingin Mulai Diet Simak Apa Itu Intermittent Fasting dan Kesalahannya

Menjaga penampilan bukan hanya melulu soal rambut, wajah, dan kulit. Mungkin biasanya kamu menggunakan produk perawatan skincare, haircare, atau bodycare yang dijual di pasaran. Tapi menjaga bentuk tubuh dan kesehatan tubuh juga perlu.

Salah satu caranya adalah dengan diet. Diet sendiri memiliki banyak metode nih bestie. Seperti intermittent fasting yang sekarang ini menjadi sangat populer karena dianggap efektif dalam membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Manfaat Intermittent Fasting

Selain itu banyak manfaat dari melakukan intermittent fasting ini, yuk simak manfaat selengkapnya!

1. Menurunkan berat badan

Manfaat utama dari intermittent fasting adalah mampu membantu menurunkan berat badan dan mengurangi konsentrasi lemak berlebihan dalam tubuh. Dalam metode intermittent fasting pastinya akan membuat tubuh mendapatkan asupan kalori lebih sedikit dari biasanya. Sehingga tubuh akan mengolah lemak cadangan menjadi energi hal ini yang membuat berat badan akan menurun.

2. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu organ penting dalam tubuh yang kamu jaga adalah jantung. Berpuasa dalam kurun waktu tertentu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat menumpuk dalam tubuh, sehingga jantung dapat memompa darah secara optimal dan kesehatan tubuh kamu pun akan lebih terjaga.

3. Menurunkan resiko penyakit diabetes

Manfaat lain dari intermittent fasting adalah menurunkan resiko penyakit diabetes. Berpuasa membantu hormon insulin menjadi lebih sensitif terhadap kadar gula dalam darah. Sehingga kadar gula dalam tubuh bisa sangat terkontrol.

BACA JUGA:  8 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Kepala yang Ampuh

Cara Melakukan Intermittent Fasting

Kamu ingin mencoba melakukan intermittent fasting? Ada beberapa jenis dalam intermittent fasting yang kamu harus tahu dulu nih! Intip bersama ya!

1. 5:2 Fasting

Cara pertama adalah dengan mengonsumsi makanan dengan porsi normal selama 5 hari lalu berpuasa atau membatasi konsumsi kalori dibawah 500 kalori untuk 2 hari dalam satu minggu.

2. Alternate-day fasting

Mengonsumsi makanan dengan porsi normal pada satu hari lalu berpuasa penuh atau jika kamu memiliki gejala maag atau gerd, Minpow sarankan kamu untuk mengonsumsi makanan rendah kalori dibawah 500 kalori pada hari berikutnya.

3. Warrior diet

Mengonsumsi buah dan sayur pada siang hari, kemudian dilanjutkan mengonsumsi makanan dengan porsi normal pada malam hari.

4. Daily time-restricted fasting (16/8)

Intermittent fasting satu ini sangat familiar karena banyak orang yang melakukannya.  Cara melakukannya kamu bisa mengonsumsi makanan dengan jangka waktu 8 jam, lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam. Minpow kasih contoh ya, misalnya kamu mulai konsumsi makanan pada jam 11 siang sampai jam 7 malam, dilanjutkan dengan puasa pada jam 7 malam sampai jam 11 siang di keesokan harinya (16 jam puasa)

Kesalahan dalam Melakukan Intermittent Fasting

Walaupun sudah banyak orang mencoba melakukannya, tidak jarang hal tersebut juga masih sering tidak membuahkan hasil. Penasaran dengan kesalahan apa saja dalam intermittent fasting yang bisa membuat intermittent fasting tidak berpengaruh?

Makan makanan junk food setelah intermittent fasting

Siapa nih yang masih tergiur sama junk food saat diet? Minpow sangat tidak menyarankan kamu untuk langsung banyak makan makanan junk food setelah kamu melakuakan diet. Kalau kamu ingin melakukan cheat day tidak apa bestie, tapi jangan langsung setiap hari ya!

BACA JUGA:  7 Cara Mengatasi Insecure Karena Bentuk Tubuh Yang Harus Kamu Tahu!

Berhemat pada protein

Saat melakukan intermittent fasting pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan protein tinggi setidaknya empat kali selama periode makan mereka.

Protein membantu menutrisi otot yang penting utnuk metabolisme yang sehat. Karena melakukan intermittent fasting juga bisa beresiko kehilangan otot yang lebih tinggi, sehingga protein tambahan dapat membantu.

Berpuasa bukan berarti lapar

Kadang orang berpikiran dengan melakukan diet, malah merasa lapar. Sebenarnya berpuasa apalagi melakukan intermittent fasting, justru akan membuat kamu tidak terlalu lapar. Apalagi jika kamu mengonsumsi kombinasi protein, dan serat yang memang cukup untuk tubuh.

Puasa dengan hanya minum air putih

Masih banyak orang yang berpikiran diet ini hanya boleh minum air putih, dan tidak boleh makan makanan terlalu banyak.

Padahal nyatanya kamu masih bisa mengonsumsi makanan dan minum-minuman apapun hanya saja mengontrol kalori dan banyaknya saja ya bestie!

Melakukan intermittent fasting sebelum memiliki rutinitas diet sehat

Banyak yang mengansumsikan jika kamu belum pernah melakukan rutinitas diet sehat, kemungkinan kamu akan sulit dalam melakukan intermittent fasting. Nyatanya jika kamu dulunya sering mengonsumsi banyak hal yang kurang sehat, dengan melakukan diet ini justru akan membantu kontrol gula darah lebih baik.

Itu dia apa itu intermittent fasting dan kesalahannya yang kamu harus tahu. Sudah mulai tertarik untuk mencobanya? Selain fakta menarik untuk body care kamu bisa membaca fakta menarik lainnya mengenai skincare, haircare ala Minpow disini!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!