Declip

logo final declip

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Perlu Kamu Tahu!

Gambar Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Perlu Kamu Tahu

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Bercabang – Selain rambut rontok atau berketombe, ada salah satu permasalahan rambut yang sangat mengganggu para kaum hawa terutama pada penampilannya. Yaitu rambut bercabang. Kondisi ini disebabkan karena rambut yang terlalu kering sehingga ujung rambut yang bercabang akhirnya mulai bermunculan.

Pasti kamu gak mau rambut yang terlihat kering dan terlihat pirang karena tampilan rambut yang bercabang bukan? Nah untuk kamu yang  mengalami hal yang sama, pastikan kamu simak informasi Minpow satu ini yang membahas semua hal mengenai rambut bercabang. Yuk simak bersama!

Jenis rambut bercabang

Nyatanya rambut bercabang memiliki banyak jenisnya bestie! Yuk simak beberapa jenis rambut bercabang selengkapnya!

  1. Cabang lilin, dimulai dari munculnya cabang biasa, rambut akan mengalami cabang lilin. Dan hal ini sering terjadi. Jenis cabang satu ini menunjukkan bahwa helai rambutmu membutuhkan perawatan kembali.
  2. Cabang Y, jenis rambut bercabang satu ini mungkin sudah sering kamu temukan karena sering terjadi. Jika kamu hanya mendiamkannya kemungkinan akan memperparah kondisi rambutmu.
  3. Cabang tengah, jenis cabang satu ini lebih sulit ditemukan dibandingkan jenis cabang lainnya. Hal ini karena bagian tengah mengindikasikan bahwa helai rambut melemah pada bagian tertentu tapi memang belum terbelah seluruhnya. Jadi kamu harus memperhatikannya saat kamu menyisir rambutmu.
  4. Cabang berbentuk bulu, jenis cabang rambut ini adalah berukuran kecil yang menyerupai bulu. Kondisi rambut yang melemah menyebabkan perpecahan di sepanjang helaian rambut. Jadi pastikan kamu langsung memiliki perawatan yang intensif.
BACA JUGA:  6 Manfaat Alami Sunflower Seed Oil Untuk Rambut

Setelah kamu memahami jenis rambut bercabang, pasti kamu penasaran bukan kenapa rambut bisa bercabang? Nah kita simak selengkapnya mengenai penyebab rambut yuk!

Penyebab Rambut Bercabang

1. Menggunakan alat styling yang terlalu sering

Siapa yang masih suka memiliki kebiasaan menggunakan hot styling tools untuk styling rambut?  Sebaiknya kamu lebih mengurangi intensitasnya. Misalnya kamu bisa menggunakannya hanya 2-3 kali seminggu. Jangan setiap hari.

Kalaupun kamu harus menggunakan hot styling tools, pastikan kamu menggunakan heat protector sebelumnya hal ini untuk menghindari rambut rapuh dan bercabang.

2. Mengikat rambut terlalu kencang

Selain membuat rambut rontok, mengikat rambut terlalu kencang juga bisa membuat rambut kamu semakin bercabang. Jadi Minpow sarankan kamu untuk kamu menggunakan bahan ikat rambut yang memang lembut seperti sutra, atau satin.

3. Terlalu sering mengganti warna rambut

Mewarnai rambut pastinya sering menggunakan bahan kimia yang secara langsung mampu merusak rambut. Hal tersebut yang membuat rambut lebih sering rusak mulai dari kering, rontok, sampai bercabang. Jadi pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut yang memang bisa membantu memperbaiki rambut yang rusak setelah proses pewarnaan rambut.

4. Terlalu sering terpapar sinar matahari

Kamu sering beraktivitas di luar ruangan? Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat rambutmu jadi kering, bercabangm dan rapuh. Apalagijika kamu beraktivitas di luar ruangan pada sinag hari. Jadi pastikan kamu menggunakan pelindung rambut seperti topi atau payung, agar matahari tidak langsung mengenai rambutmu.

5. Mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut memang berfungsi untuk membersihkan rambutmu secara keseluruhan, tapi jika terlalu sering justru akan merusak rambutmu karena membuat kondisi rambutmu cepat kering, dan pada akhirnya rambut akan bercabang.

BACA JUGA:  7 Tips Meluruskan Rambut yang Mengembang dengan Creambath

Fungsi keramas dari awal adalah untuk membersihkan kotoran dan mengurangi sebum, jadi Minpow sarankan jika kamu ingin keramas kurang lebih 2-3 kali seminggu.

6. Produk perawatan yang tidak cocok

Produk perawatan rambut memang sangat bagus untuk menutrisi rambut, tapi yang harus kamu perhatikan adalah apakah kandungannya cocok untuk jenis rambutmu? Jadi pastikan kamu melakukan research terlebih dahulu sebelum kamu membeli produknya.

Beberapa produk perawatan rambut justru mampu menghilangkan nutrisi alami rambutmu. Akibatnya rambut menjadi lebih rentan kusut, rapuh, rusak, dan membuatnya rentan bercabang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Kalau kamu sekarang memiliki kondisi rambut yang serupa, simak cara mengatasi rambut bercabang yang benar yuk!

1. Lebih berhati-hati dengan rambut keadaan basah

Rambut dengan keadaan basah justru lebih rapuh, dan mudah kusut. Jadi pastikan kamu lebih berhati-hati dengan rambut basah. Jangan menguncirnya atau menyisirnya dengan sisir yang bergigi rapat.

2. Menggunakan masker rambut

Minpow menyarankan kamu untuk mencoba menggunakan masker rambut yang mengandung Keratin, vitamin B, dan asam lemak yang bisa membantu membentuk kembali helaian rambut yang rusak.

3. Rutin melakukan trimming

Kamu tidak perlu memotong rambut yang terlalu ekstrim, kamu hanya butuh memotong rambut beberapa cm saja untuk membuang rambut kamu yang bercabang. Dengan memotong rambut pastinya akan merangsang rambut baru tumbuh lebih sehat.

Apalagi untuk kamu yang ingin memanjangkan rambut, metode ini sangat diperlukan agar saat rambut kamu tumbuh, akan terlihat jauh lebih sehat.

Demikian penyebab dan cara mengatasi rambut yang harus kamu ketahui untuk rambutmu yang bercabang. Selain fakta menarik mengenai penyebab dan cara mengatasi rambut yang bercabang, Minpow masih banyak informasi menarik mengenai hair style, atau hair care yang bisa kamu coba sendiri nih! Baca selengkapnya disini ya!

BACA JUGA:  5 Cara Memanjangkan Poni Rambut dengan Cepat

Jedai Haircules

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!