Declip

logo final declip

9 Fakta Rambut Menarik yang Kamu Harus Ketahui!

Gambar 9 Fakta Rambut Menarik yang Kamu Harus Ketahui

Fakta Rambut – Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat dirawat baik oleh kaum wanita. Rambut juga sangat unik nih bestie! Karena setiap manusia memiliki tekstur dan jenis rambut yang berbeda. Selain berperan penting untuk penampilan, rambut juga memiliki fungsi untuk melindungi kepala.

Pernah gak sih bestie kamu penasaran dengan apa saja fakta rambut yang menarik? Ternyata banyak fakta yang terdengar unik dan membuat kamu kaget dan bertanya-tanya. Kali ini Minpow mau membahas mengenai fakta rambut yang kamu harus ketahui nih! Yuk simak bersama selengkapnya!

Fakta Menarik Tentang Rambut

1. Sebagian besar rambut terdiri dari Keratin

Mungkin kamu sering mendengar kandungan ini pada produk perawatan rambut bukan? Keratin sendiri juga terkandung dalam bagian rambut. Peran Keratin sendiri membantu pertumbuhan sel baru di akar rambut. Sel ini akan berkembang dan membentuk batang rambut di lapisan kulit kepala.

Hal ini juga menjadi alasan kenapa produk perawatan rambut dengan kandungan Keratin itu baik untuk menutrisi rambut.

2. Rata-rata folikel rambut yang dimiliki manusia memiliki 100.000 helai

Ngaku sama Minpow siapa yang kalau gabut ngitungin rambut nih? Gak usah itungin satu-satu nih MInpow kasih tahu, kalau folikel rambut setiap orang mencapai 80.000-120.000 helai rambut.

BACA JUGA:  Perbedaan Hair Mask, Hair Spa dan Creambath Fungsi Hingga Harganya

Kalau kamu belum tahu apa itu folikel, folikel adalah kantong kecil di kulit kepala yang menjadi tempat rambut tumbuh.

3. Rambut rontok 50-100 helai setiap harinya

Jangan panik nih kalau rambut kamu rontok, apalagi kalau kamu memiliki rambut yang panjang! Setiap hari pasti rambut kamu akan memiliki siklus kerontokan rambut. Anggap saja rambut kamu seperti pohon bestie. Daunnya akan tumbuh, mari, dan gugur secara bertahap.

Nutrisi yang kamu konsumsi setiap harinya, tingkat stress yang kamu alami, dan cara kamu merawat rambut mulai dari keramas sampai menggunakan produk perawatan rambut juga mempengaruhi seberapa banyak rambutmu yang rontok.

Jika kamu mengalami kondisi ini, pastikan kamu memilih shampo yang memang dikhususkan untuk rambut rontok ya bestie!

4. Rambut wanita Asia dianggap lebih kuat

Kalau kamu sering merasa rambut mudah rontok. Tenang saja, karena kamu sebagai orang Asia memiliki previllege rambut yang lebih kuat dibandingkan rambut orang dari benua lain.

Rambut orang Asia rata-rata tumbuh sekitar 15,3 cm per tahun dan siklus pertumbuhannya bisa mencapai kurang lebih 9 tahun. Rata-rata orang Asia juga didominasi dengan rambut lurus. Karena bentuk folikel rambut orang Asia sebagian besar adalah bulat.

Rambut dengan tekstur ini yang cenderung dapat mempertahankan kelembapan lebih baik karena minyak alami rambut dapat didistribusikan dengan mudah.

5. Ketidakseimbangan hormon dan stress bisa memicu kerontokan rambut

Banyak perempuan sering mengalami kerontokan rambut sebenernya hal yang sangat wajar, karena ketidakseimbangan hormon sering terjadi apalagi pada wanita saat haid atau hamil. Pasti kerontokan rambut akan jauh lebih parah dibandingkan biasanya.

Sering merasa stress? Ini juga bisa berpengaruh pada kerontokkan rambut. Jadi Minpow sarankan kamu untuk tidak selalu terjebak dalam keadaan yang stress ya bestie!

BACA JUGA:  3 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Daun Jambu

6. Struktur rambut terdiri dari Kutikula, Korteks, dan Medula

Walaupun struktur rambut sangat tipis yang terlihat, tapi nyatanya struktur rambut memiliki banyak struktur bestie! Rambut sendiri memiliki 3 lapisan, diantaranya:

  • Medula, struktur rambut paling dalam dan bertekstur sangat lembut. Kamu akan menemukan lapisan ini di rambut yang terlihat tebal, jika yang tipis kemungkinan tidak akan mengandung Medula didalamnya.
  • Cortex, memiliki posisi yang mengelilingi Medula. Strukur satu ini merupakan bagian inti rambut. Tugasnya memberi kekuatan pada rambut dan menentukan warna rambut karena didalamnya mengandung pigmen
  • Kutikula, lapisan terluar rambut yang memiliki tekstur keras, tapi sayangnya bagian ini justru semakin rentan rusak. Jadi pastikan kamu tahu dan mampu menentukan produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, hair mask, pewarna rambut, atau krim untuk meluruskan rambut yang terserap ke dalam rambut.

7. Minyak rambut, menjaga kesehatan rambut

Siapa yang sering ribut tentang rambut yang lepek? Nyatanya minyak alami rambut ini membuat rambut kamu tetap berkilau dan lembut. Hal ini yang menjadi aalsan kenapa kamu tidak perlu keramas terlalu sering.

8. Pertumbuhan rambut melambat akibat pertambahan usia

Sering gak sih kamu bingung kenapa pertumbuhan rambut terkadang lebih lama. Apalagi sewaktu kamu memotong rambut dengan ekstrim? Dan ini berkaitan dengan folikel rambut. Seiring bertambahnya umur, folikel akan berhenti menumbuhkan rambut.

Tidak heran bukan kenapa lansia cenderung memiliki rambut yang lebih tipis.

9. Warna rambut manusia berbeda-beda

Fakta unik dari rambut lainnya adalah warna rambut. Setiap belahan dunia memiliki warna rambut yang berbeda. Mulai dari hitam, pirang, cokelat, merah, dan lainnya. Warna rambut ini dipengaruhi oleh jenis dan kadar melanin pada rambut.

BACA JUGA:  7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut Indah Kamu!

Berbeda jika keadaan rambut kamu tiba-tiba berubah warna yang mungkin tadinya warna alami rambut kamu gelap menjadi rambut merah alami. Hal ini banyak penyebabnya nih bestie! Mulai dari kamu yang kurang cocok dengan beberapa produk perawatan rambut, atau kamu yang sering styling rambut dengan hot styling tools.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Demikian 9 fakta rambut menarik yang kamu harus tahu bestie! Unik banget gak sih? Bukan cuman fakta menarik mengenai rambut aja yang Minpow bahas, banyak hair care dan hair style yang bisa kamu bahas selengkapnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!