Declip

logo final declip

Perhatikan 11 Cara Ini Untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Mudah Gatal!

Gambar Perhatikan 11 Cara Ini Untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Mudah Gatal

Cara merawat kulit wajah sensitif dan mudah gatalMasalah kulit yang paling sulit untuk ditangani dan butuh beberapa usaha untuk merawatnya adalah kulit wajah sensitif. Kulit sensitif adalah tipe kulit yang rentan bereaksi lebih saat terpapat oleh zat tertentu. Ciri-ciri kulit sensitif yang biasa ditemukan adalah kulit yang kering dan bersisik saat terpapar produk kosmetik atau skincare yang kurang cocok.

Zat yang sering kali menjadi pemicu iritasi pada tipe kulit sensitif adalah paparan sinar matahari, polusi, cuaca ekstrim, produk perawatan wajah. Kondisi ini juga bisa dialami oleh siapapun. Namun lebih sering untuk kamu yang baru saja melewat masa pubertas atau jika kamu sedang mengalami masa kehamilan. Hormon yang sering berubah ini juga mempengaruhi kesensitifan kulit.

Ciri-Ciri Kulit Sensitif

Beberapa ciri-ciri kulit sensitif lainnya yang harus kamu ketahui diantaranya:

1. Muncul ruam merah

Salah satu ciri yang paling umum adalah munculnya ruam merah. Jika kamu memakai beberapa produk dan memang kurang cocok di kulitmu. Ruam merah di wajah bisa saja hilang jika kamu menghindari paparan zat pemicu iritasi dan melakukan perawatan ringan. Jika dirasa ruam merah tidak kunjung menghilang, kamu harus konsultasi di dokter ya bestie.

2. Rentan Timbul Jerawat

Bukan hanya terkena polusi saja, timbulnya jerawat juga disebabkan oleh sensitif terhadap produk-produk perawatan yang memiliki kandungan tertentu. Kulit yang kering akibat kesensitifan kulit bisa merangsang kelenjar minyak berlebih. Hal tersebut beresiko menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Urutan Pemakaian Skincare Pagi untuk Hasil Optimal

3. Sangat Reaktif

Kondisi kulit lebih reaktif dibandingkan biasanya. Sehingga menimbulkan reaksi alergi dalam kurun waktu singkat. Jika kamu sudah melihat adanya ciri-ciri kulit yang reaktif, sebaiknya kamu langsung menghentikan pemakaian produknya.

4. Mudah terbakar sinar matahari

Kalau kamu memang sudah memiliki kulit yang sensitif, pastikan kamu menjauhi paparan sinar matahari. Seperti yang Minpow sudah singgung sebelumnya, karena kulitmu lebih rentan mengalami alergi dan permukaan kulit yang lebih tipis, akan sangat rentan terbakar jika sering terpapar sinar matahari.

5. Kulit terasa lebih perih

Jika kamu memiliki kulit sensitif biasanya kulit akan terasa lebih perih bukan hanya saat terpapar sinar matahari, tapi juga saat menggunakan kandungan produk perawatan wajah lainnya.

6. Produk skincare yang lebih sulit menyerap

Kulit sensitif biasanya lebih sering mengelupas dan kering, hal ini justru membuat produk skincare lebih sulit untuk menyerap. Pastikan kamu menggunakan produk yang sensitive skin friendly agar selain lebih ternutrisi kamu juga bisa meningkatkan produktivitas regenerasi kulit wajahmu.

7. Kulit terasa tertarik

Memiliki kulit yang sensitif juga bisa membuat kulitmu terlihat lebih kusam dan terasa seperti tertarik.Hal ini dikarenakan kulit kurang menyerap banyak nutrisi dan bahan aktif yang harusnya bisa memperkuat skin barriermu.

Cara merawat kulit wajah sensitif dan mudah gatal

Bukan hanya ciri-ciri dari kulit sensitif yang harus kamu ketahui, ada cara merawat kulit wajah sensitif yang bisa kamu lakukan. Simak bersama yuk apa aja!

1. Melakukan double cleansing

Sudah tidak asing mendengar istilah double cleansing ini bukan? Membersihkan wajah secara menyeluruh pastinya adalah langkah pertama dalam tahap skincare.

Berbeda dengan membersihkan wajah pada umumnya, double cleansing ini membersihkan kulit dengan menggunakan dua tahap yaitu dengan menggunakan cleansing balm, selanjutnya dengan menggunakan micellar water. Setelah melakukan double cleansing ini wajah kamu akan lebih bersih dan membuat skincare menyerap lebih baik.

BACA JUGA:  Coba 5 Make Up Karakter Simple untuk Pemula Ini!

2. Hindari mengeksfoliasi wajah terlalu sering

Melakukan eksfoliasi memang sangat baik untuk wajah, tapi jika kamu melakukannya terlalu sering malah bisa membuat kulit wajah lebih iritasi. Jadi Minpow sangat menyarankan kamu untuk melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu. Jika kamu memiliki kulit yang sangat sensitif, kamu harus melakukan eksfoliasi lebih jarang.

3. Gunakan air dengan suhu normal

Jangan menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas, atau terlalu dingin. Keduanya bisa membuat kulit wajah tambah kering. Jadi Minpow sarankan kamu untuk menggunakan suhu air yang normal saja.

4. Jalani pola hidup sehat

Pastikan kamu menjaga kulit bukan dari luar saja tapi dari dalam. Kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta meminum air putih yang cukup.

5. Batasi waktu mandi

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air hangat karena menghilngkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering.

6. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung ya bestie! Jika kamu memang harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, gunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih.

7. Menggunakan pelembap

Kulit yang sensitif sangat sering terasa kering, sehingga kandungan pelembap sangat penting. Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya kamu bisa memilih pelembap yang mengandung bahan aktif seperti Ceramide, Niacinamide, dan Hyaluronic Acid yang cenderung aman dan baik untuk merawat kulit sensitif.

8. Mencoba Oatmeal Koloid

Oatmeal memang merupakan salah satu bahan yang baik untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Bukan hanya meningkatkan perlindungan pada kulit, tapi juga meredakan gejalanya.

BACA JUGA:  6 Cara Memilih Masker Untuk Kulit Berminyak Yang Harus Kamu Pahami!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

9. Memilih produk sabun, detergen atau produk yang menyentuh kulit dengan benar

Hal yang paling sering terlupakan adalah pemilihan produk perawatan wajah seperti bebas pewangi dan hipoalergenik. Produk yang memang memiliki kontak dengan kulit harus kamu perhatikan ya!

10. Tidak menggosok kulit dengan keras

Jika kamu selesai mengeringkan tubuh, pastikan kamu menggosoknya dengan lembut. Karena menggosoknya dengan cukup keras, justru membuat kulit lebih rentan iritasi.

11. Melakukan tes alergi sebelum menggunakan produk baru

Hal yang penting adalah pastikan kamu melakukan tes alergi sebelum kamu menggunakan produk baru. Caranya adalah dengan menggunakan produk dibalik telinga. Jika terdapat daerah kemerahan pastikan kamu memberhentikan pemakaiannya.

Itu dia 11 cara merawat kulit sensitif dan mudah gatal yang kamu harus ketahui. Mudah bukan? Selain tips cara merawat kulit, Minpow ada hacks mengenai skincare lainnya yang bisa kamu coba disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!