Declip

logo final declip

Stop! Ini 7 Akibat Terlalu Sering Ganti Sabun Muka

Gambar Akibat Terlalu Sering Ganti Sabun Muka

Semua orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda sampai memilih pembersih wajah saja harus cocok-cocokan. Ada yang sering beralih dari satu produk ke produk lainnya. Berawal dari keingintahuan atau dari kandungan yang terkandung dalam sabun cuci muka yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya.

Jika kamu sering mengganti sabun cuci muka, apakah ada efek berbahaya yang terjadi? Tentu saja ada. Bukan berarti kamu mengganti sabun cuci muka secara terus menerus membuat kamu kulit lebih bersih dan berkilau. Bisa jadi dengan kamu sering mengganti sabun muka malah membuat kulit wajah jauh lebih sensitif bahkan bisa jadi iritasi.

Untuk kamu yang sekarang sering mengganti sabun muka, Minpow sarankan lebih waspada dan hilangkan kebiasaan sering gonta gantinya. Kenapa? Simak akibatnya berikut ini ya!

Akibat Terlalu Sering Ganti Sabun Muka

1. Iritasi

Iritasi kulit biasanya terjadi karena produk sabun cuci muka yang kamu gunakan mungkin tidak cocok. Biasanya gejala yang ditimbulkan adalah rasa gatal, kemerahan, bahkan jika makin parah adalah bengkak.

Efek ini ditimbulkan karena sabun muka biasanya memiliki bahan aktif yang justru beresiko jika kamu sering menggunakannya.

2. Produk tidak efektif di wajah

Mengganti sabun cuci muka terlalu sering juga membuat kandungan aktif di setiap sabun muka tidak akan berefek di wajahmu. Kamu tidak bisa mendapatkan hasil dari produk pembersih secara instan. Rata-rata untuk menghilangkan jerawat diperlukan waktu kurang lebih 3-4 bulan.

BACA JUGA:  Begini Contouring Sesuai Bentuk Wajah agar Hasilnya Bagus

3. Muncul jerawat

Jika kamu merasa tiba-tiba jerawat muncul ketika kamu mulai menggunakan sabun muka yang baru, berarti itu tandanya produknya tidak cocok dengan kulitmu. Minpow rekomendasikan kamu untuk menghentikan pemakaiannya. Setelah kulit netral dan normal tidak memiliki gejala lagi, baru kamu mencari produk baru yang lebih aman.

Pastikan kamu mencari produk yang memiliki kandungan sesuai dengan permasalahan kulitmu. Dengan kandungan yang cocok juga mampu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat dan juga mengurangi peradangan akibart jerawat.

4. Kulit terasa kencang seperti tertarik

Sabun muka yang tidak cocok dikulit juga memiliki efek yang kurang bagus. Biasanya kulit terasa kaku dan terlalu kencang seperti ditarik karena produk face wash yang terlalu banyak mengambil minyak yang sudah terkandung dalam kulit. Hal ini juga menyebabkan pH kulit kurang seimbang.

5. Kulit semakin kering

Ketika kulit wajah lebih kasar dan kering setelah kamu mengganti sabun wajah, hal itu menunjukkan bahwa kandungan dalam produk terlalu kuat sehingga hal ini membuat kulit dehidrasi.

Kulit kehilangan elastisitas dan lebih mudah gatal. Sehingga Minpow menyarankan kamu untuk menggunakan produk water-based sehingga kulit menjadi lebih lembut.

6. Kulit sangat berminyak

Selanjutnya adalah kondisi dimana kulit jauh lebih berminyak dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan kulit kurang cocok dengan produknya. Justru bisa memperparah kandungan minyak alami di wajah.

7. Kulit lebih sering terasa perih

Kondisi ini bisa terjadi jika sabun muka dengan bahan yang terlalu keras. Minpow sarankan jika kamu ingin mengganti produk sabun muka, lihat label “gentle cleanser” atau “sensitive skin friendly” untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Itu dia 7 akibat yang akan kamu alami jika kamu sering gonta-ganti sabun muka. Jangan dijadikan kebiasaan ya bestie! Minpow juga punya banyak rekomendasi skincare yang bisa kamu coba sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan kulit kamu. Langsung baca selengkapnya disini aja ya!

BACA JUGA:  Kenali! Hyaluronic Acid Tidak Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!